Dianjurkan untuk Hindari 7 Makanan Ini Ketika Hamil, Demi Calon Buah Hati Juga ‘Kan?

loading...

1 hour ago By Dwita Apriliani

Bisa dibilang hamil adalah salah satu momen berharga yang dialami setiap wanita. Saat itulah kamu akan mulai merasakan step by step perjalanan sebagai calon ibu. Ya, kamu yang dulu masih bergantung dengan orangtua, kini akan bertambah peran untuk menjadi seperti mereka. Untuk itu, terdapat banyak hal yang kamu persiapkan dari sekarang.

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan yaitu asupan makan saat hamil. Kamu nggak boleh sembarangan mengonsumsi karena harus mengutamakan sehat atau tidaknya makanan itu. Oleh karena itu, simak daftar berikut ini yuk untuk mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya kamu hindari saat mengandung.

1. Kelezatan seafood memang tak tertandingi. Tapi, jika kamu sedang hamil harus ikhlas untuk tidak mengonsumsi ikan tuna, sushi, dan sashimi ya

sushi via www.rasushi.com

Ketika kamu lagi mau makan enak, biasanya seafood adalah makanan yang ingin segera disantap. Kelezatan makanan laut ini mau dibakar, goreng, atau masih mentah pun tetap bisa dinikmati. Sayangnya, saat hamil kamu harus ikhlas untuk tidak mengonsumsi beberapa jenis seafood seperti ikan tuna, tongkol, kakap putih todak, bluefish, striped bass, marlin, hiu, dan lainnya. Hal ini karena ikan-ikan tersebut mengandung merkuri tinggi. Jika kamu tetap mengonsumsinya, maka sistem saraf janin dapat kena efeknya.

Meski begitu, kamu masih bisa mengonsumsi makanan laut yang bermerkuri rendah, seperti lele, sarden, ikan nila, udang, dan salmon. Namun, jangan terlalu sering dan haus dibatasi juga takarannya ya. Olahan mentah seperti sushi dan sashimi juga sebaiknya dihindari karena ibu hamil dianjurkan makan makanan yang matang.

2. Ibu hamil disarankan selalu mengonsumsi makanan matang. Jadi, makanan setengah matang seperti sate harus kamu tahan ya nggak makan dulu

Apakah kamu penggemar sate? Jika ya, kamu harus bersabar menunggu beberapa bulan untuk tidak mengonsumsinya. Karena ibu hamil harus makan makanan yang matang, sedangkan sate adalah salah satu jenis kuliner setengah matang. Daging yang tidak diolah dengan matang ini dapat memunculkan penyakit yang disebabkan bakteri listeria dan toksoplasma, hingga membuatmu keracunan makanan. Kehamilanmu pun bisa berujung pada keguguran dan bayi lahir dengan cacat. Hal ini berlaku juga bagi telur yang tidak matang.

3. Jangan terlalu sering mengonsumsi buah nanas jika tidak mau keguguran

konsumsi secukupnya via www.tipsehat.info

Bromelain pada buah nanas dianggap bisa melunakkan leher rahim dan memicu kontraksi. Oleh karena itu, kalau kamu terlalu sering mengonsumsinya besar kemungkinan akan keguguran. Untuk itu, kamu konsumsi secukupnya saja tidak berlebihan. Bahkan, untuk mengantisipasinya kamu harus konsultasi dulu ke dokter supaya tahu apakah kondisi kehamilanmu yang seperti itu tak apa-apa jika mengonsumsi nanas.

4. Pilihlah susu UHT – yang sudah melalui proses pasteurisasi agar bakteri jahatnya menghilang

nggak boleh susu mentah via www.livestrong.com

Tidak hanya telur, makanan laut, dan daging saja yang harus kamu perhatikan matang atau tidak. Karena minuman sehat seperti susu pun harus kamu pilih yang matang juga. Jadi, seperti mengonsumsi susu mentah yang langsung dari sapi sama sekali tidak disarankan. Jika memang suka susu mentah, maka sebaiknya direbus dahulu.

Susu mentah berarti tidak melalui proses pasteurisasi, maka bakteri-bakteri jahatnya masih ada. Bakteri listeria yang masih ada pada susu bisa menyebabkan keguguran atau penyakit lainnya.

5. Minuman atau makanan yang mengandung kafein juga kurang baik. Hindari yuk demi kehamilanmu ini

kurangi kafein via www.womansday.com

Mungkin sudah jadi rahasia umum kalau kafein harus dihindari oleh ibu-ibu hamil. Namun, kamu harus ingat kalau kafein tidak hanya terdapat pada kopi saja, tapi juga pada minuman lainnya. Apa saja itu? Teh dan minuman berenergi pun ada. Untuk makanan juga ada yakni terdapat pada cokelat, bahkan obat flu. Kalau kamu mau tetap mengonsumsinya, maka kamu harus memerhatikan takaran kafeinnya ya. Jangan terlalu sering mengonsumsi agar tak banyak yang diasup tubuh. Jika tidak, maka kamu bisa keguguran atau bayi kamu terlahir dengan berat badan di bawah normal.

6. Tahan dulu memakan hati ayam ataupun hewan lain, kandungan di dalamnya bisa membuat kehamilanmu dalam bahaya

hati hewan bisa berbahaya via www.tokomesin.com

Hati hewan juga nggak kalah lezat dengan makanan lainnya. Menghindarinya pun nggak gampang, apalagi kalau kamu pecinta hati hewan. Hati hewan yang memang kaya vitamin A ini sebaiknya jangan berlebihan dikonsumsinya karena bisa menyebabkan cacat feotal dan keguguran. Oleh karena itu, sebaiknya kamu hindari ya.

7. Suka buah lengkeng? Suhu badanmu bisa berubah seketika dengan mengonsumsi berlebihan buah ini, lho

buah lengkeng via www.kebunpedia.com

Vagina kamu bisa bermasalah ketika mengonsumsi buah lengkeng secara berlebih. Hal ini karena lengkeng mampu meningkatkan panas tubuh. Kalau kamu tidak bias menahan makan lengkeng secara terus-menerus, maka akibatnya kandunganmu bisa keguguran.

Dengan mengetahui 7 makanan tadi, kamu jadi paham apa saja yang harus dikonsumsi dan yang tidak ketika sedang hamil. Kamu jadi bisa berlatih dari sekarang agar mulai terbiasa tidak berlebihan mengonsumsinya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Comment dong...