Banyak Kejadian Berbahaya Mengintai Penumpang Angkutan Umum. Cari Aman dengan Jalani 6 Trik Ini

0

Video perampokan yang berujung penyanderaan terhadap seorang ibu dan anak balitanya di Jakarta di sebuah angkot menjadi viral karena kejadian ini tertangkap tangan oleh banyak orang. Pelaku yang terlihat ketakutan karena kerumunan banyak massa menjadi makin beringas dan mengancam akan membunuh korbannya jika ada yang mengambil tindakan. Sungguh mengerikan! Kasus ini bukan kali pertama terjadi. Tindak kejahatan di dalam angkutan umum memang jadi hal yang patut diwaspadai karena sangat rentan dan bisa dialami siapapun.

Padahal, pemerintah sendiri menggemborkan agar masyarakat lebih memilih angkutan umum daripada kendaraan pribadi untuk mengurangi kemacetan. Tapi kalau tindak kriminal seperti ini kerap terjadi, rasanya naik angkutan umum jadi harus pikir-pikir dulu. Meski begitu, masih banyak yang memilih moda transportasi ini untuk keseharian mereka, mungkin juga termasuk kamu di antaranya. Hipwee memberikan tips jitu agar kamu tetap aman dan nyaman saat akan menaiki angkutan umum. Daripada mengalami hal yang tidak diinginkan, lebih baik kita waspada, bukan?

1. Hindari memakai perhiasan berlebihan saat akan naik angkutan umum. Selain itu, berpenampilanlah sewajarnya

Jangan berpenampialn mencolok via www.boombastis.com

Memakai perhiasan memang menjadi hakmu. Tapi, saat akan menggunakan angkutan umum, hindari memakainya secara berlebihan. Kasus perampokan di Jakarta beberapa waktu lalu disinyalir karena perampok tertarik dengan perhiasan yang dipakai korban. Selain itu, berpenampilan yang sewajarnya saja. Jangan pakai pakaian yang mencolok dan juga ketat, apalagi rok mini. Banyak juga tindakan kejahatan seksual yang terjadi di angkutan umum. Ingat, kejahatan bukan hanya karena ada niat, tapi juga kesempatan. Waspadalah!

2. Jangan terlalu banyak bawa barang. Selain merepotkan, ini jadi celah perampok karena kamu jadi mudah lengah

Jangan terlalu bawa banyak barang via www.boombastis.com

Tangan kanan dan kiri penuh tas kresek, masih ditambah dengan ransel yang isinya laptop. Bawaanmu yang banyak ini bikin ribet sendiri di angkutan umum. Perampok bisa memanfaatkan situasi ini karena kamu tentu akan fokus dengan barang bawaanmu yang banyak itu. Saat lengah, bisa saja kamu tak sadar bahwa mungkin dompetmu sudah diambil dan hilang begitu saja.

3. Jangan terlalu sibuk dengan gadget. Apa yang kamu pegang, itulah yang perampok incar

Jangan sibuk main gadget via heisulaiman.blogspot.co.id

Perampok memang ada dimana-mana, tanpa kita sadari. Bisa jadi dia ada persis di sebelah kita saat sedang naik angkutan umum. Jadi, please, jangan sibuk sendiri dengan gadget. Apa yang kamu pegang, itulah yang para perampok incar.

4. Usahakan ada barengannya. Jadi kalau bisa jangan sendirian

Jangan sendirian via ernybinsa.blogspot.co.id

Apalagi malam hari, kalau bisa jangan sendirian deh! Yang sendirian itu biasanya jadi sasaran empuk para pelaku kejahatan. Jadi, usahakan ada barengannya. Itung-itung di jalan jadi ada teman ngobrol juga, ‘kan?

5. Paling susah emang nahan kantuk. Tapi, tindak kejahatan juga bisa terjadi saat kamu tertidur di angkutan umum

Jangan ketiduran via www.kaskus.co.id

Pulang kerja, macet, capek dan ngantuk. Perpaduan yang pas untuk bisa tertidur barang sebentar di angkutan umum. Tapi, kamu harus benar-benar waspada karena pelaku kejahatan bisa melancarkan aksinya saat ada penumpang yang tertidur. Jadi, meskipun susah, demi menjaga keamanan, usahakan jangan sampai tetidur ya!

6. Hindari menerima makanan atau minuman dari orang yang tak dikenal. Kita nggak pernah tahu apa kandungan yang ada di dalamnya

Jangan menerima makanan/minuman orang lain via netz.id

Bisa jadi ada kandungan biusnya yang bikin kita tak sadarkan diri. Dari situ, jelas para pelaku dengan mudah bisa mengambil barang-barang yang mereka incar seperti dompet atau telepon genggam. Yang paling parah kalau sampai terjadi tindak kejahatan seksual. Kejam!

Bagaimanapun juga, kita nggak bisa memprediksi kapan sebuah tindakan kriminal akan terjadi. Tapi, kita bisa mencegahnya dengan tidak memancing para pelaku agar kita dihindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

loading...

Comment dong...