8 Aktivitas Ini Bisa Mengubah Masa-Masa Skripsi yang ‘Ehem’ Menjadi Semakin Berwarna

loading...

14 Maret 2017

Kebanyakan orang merasa bimbang ketika memasuki masa skripsi. Tak mengherankan jika banyak mahasiswa mendadak menjadi pengangguran yang menjengkelkan. Apapun yang dilihat dan didengar seperti petir yang menyambar di siang bolong. Hidup jadi tidak tenang. Ketawa-ketiwi dan menye-menye tak seindah masa kuliah sebelumnya. Nah, untuk kalian yang termasuk tipe mahasiswa seperti ini, berikut tips menghabiskan waktu dijamin menyenangkan dan membuat ketagihan.

1. Habiskan waktu untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan hobi

Kalau kalian memiliki hobi di bidang tulis-menulis, carilah kegiatan/ event tentang kepenulisan yang dapat membuat waste time menjadi usefull time. Apapun hobi yang kalian miliki, perdalamlah dan lakukan selagi memiliki waktu luang.

2. Ikutilah student exchange event selagi masih berstatus mahasiswa.

Kegiatan pertukaran mahasiswa atau student-exchange-event seringkali menjadi incaran para mahasiswa, tak khayal para mahasiswa di Indonesia. Biasanya, acara ini merupakan hasil kerjasama antar negara. Untuk mendapat tiket ini tidaklah mudah. Setiap applicant harus memiliki trik jitu untuk lolos dalam ajang ini. Bagaikan sebuah kompetisi, siapa yang memiliki bekal dan skill bagus, maka dialah yang beruntung.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadi salah satu student di student exchange event, salah satunya dengan mengikuti kegiatan sosialisasi event tersebut. Selain mendapat bekal dan tips dari para alumni, kalian juga akan semakin termotivasi mewujudkan impian tersebut.

3. Buatlah acara piknik atau liburan bareng keluarga, teman atau pacarmu

Kalau kalian sedang merasa penat dan tak berdaya, ajaklah teman-teman kalian menghabiskan waktu bersama dengan piknik. Selain dapat me-refresh pikiran, kegiatan ini juga dapat menghemat biaya pengeluaran untuk bersenang-senang. Perlu bukti? Lakukan sendiri!

4. Camping beberapa hari? Why not!

Berkemah santai dapat dijadikan alternatif liburan menarik bagi kalian yang gala saat nyekripsweet. Kalian dapat mengajak pasangan dan juga teman-teman dekat untuk menikmati alam nan hijau di pegunungan. Tidak perlu mahal untuk liburan, kebersamaan bersama teman-teman dapat menjadi penawar pikiran dan hati yang sedang gundah-tak karuan.

5. Atau, lepas segale penatmu dengan mendaki gunung

Mendaki gunung lewati lembah… begitulah lirik lagu kartun Ninja Hatori . Nah, bagi kalian yang suka dengan perjalanan jauh atau berjalan di track yang tak menentu tinggi rendahnya, mendaki gunung dapat dijadikan pilihan menarik untuk mengobati kekosongan saat mengerjakan skripsweet. Ajaklah teman-teman yang ramai dan menyenangkan agar perjalanan kalian lebih berwarna.

6. Salurkan ide kreatifmu dengan membuat kerajinan tangan

Kalau kalian tipe orang yang kreatif dan suka membuat sesuatu yang unik, cobalah salurkan bakat kalian untuk membuat kerajinan tangan. Hasil kerajinan tangan dapat dijadikan hiasan di kamar atau dapat dijual sebagai tambahan uang saku. Pandai-pandailah mencari peluang usaha dengan ide kreatifmu!

7. Membuka outlet jajanan atau makanan ringan. Menarik nih!

Berwirausaha adalah tips bagus bagi kamu yang suka berbisnis. Walaupun status masih menjadi mahasiswa, cobalah untuk explore kemampuan bisnis kalian di bidang yang disukai. Jangan takut pada kegagalan (baca: kerugian). Sembari mengakhiri masa-masa menjadi seorang mahasiswa, gunakan kesempatan emas menjadi enterpreneur sejati. Bisa jadi usaha ini adalah jalan kalian menjemput rezeki.

8. Menjadi tentor belajar atau guru privat buat sementara waktu juga bisa menjadi kegiatan yang seru

Menjadi seorang tentor belajar/ guru privat juga tak kalah yahud kalau kalian suka di bidang pembelajaran. Kegiatan semacam ini sangat direkomendasikan bagi para mahasiswa prodi pendidikan. Selain bisa menularkan ilmu, kalian bisa belajar menjadi guru yang berkualitas.

So, jangan pusing-pusing lagi, ya!

Comment dong...