7 Tips Traveling Pertama Kali ke Luar Negeri Buat Pemula. Kalau Nggak Sekarang, Kapan Mau Coba?

loading...

28 Februari 2017

Zaman sekarang, traveling ke luar negeri bukan hal yang sulit. Semua kemudahan sudah bisa kamu dapatkan, mulai dari tiket murah sampai informasi detail perjalanan di sana. Sayang banget kalau di era media sosial seperti sekarang kamu belum pernah ke luar negeri. Nggak punya duit? Bahkan ke luar negeri kurang dari sejuta aja bisa. Nggak ada waktu, 2-3 hari aja cukup kok. Sehari aja malah bisa. Hayo mau alasan apalagi?

Tentu traveling ke luar negeri nggak semudah jika kamu liburan di dalam negeri. Masalah bahasa dan budaya, juga tentang keamanan, mungkin jadi pertimbanganmu belum ke luar negeri. Nah, tenang aja, Hipwee Travel bakal kasih kamu 7 tips buat pemula biar petualangan kamu di luar negeri sana lancar dan berkesan. Dijamin deh pasti ketagihan. Hehehe.

1. Pertama tentu kamu harus persiapkan dokumen kamu dengan lengkap ya. Minimal tetap bawa KTP, Paspor maupun Visa jika negaranya tidak bebas Visa…

bikin paspor via img.jalan2kejepang.com

Satu hal yang paling penting adalah membawa dokumen pribadi yang meliputi KTP, paspor dan visa. Bawa KTP ini buat jaga-jaga aja sih, bukti kalau kamu orang Indonesia. Juga buat check-in pesawat domestik. Kemudian paspor yang perlu kamu buat terlebih dahulu di Kantor Imigrasi di kota kamu (kota-kota besar). Butuh panduannya? Nih Hipwee kasih panduan bikin paspor buat kamu.

Buatlah paspor setidaknya 3 bulan sebelum keberangkatan, biar nggak terburu-buru waktu berangkat. Soalnya kadang paspor juga digunakan buat booking tiket pesawat juga. Kalau sudah punya paspor, buatlah visa jika negara yang kamu tuju tidak bebas visa. Pembuatan visa memang cukup rumit, mulai dari formulir online, kadang juga melampirkan buku tabungan, sampai biayanya yang tidak murah. Untuk itu mending pergi ke negara yang bebas visa (negara ASEAN maupun Jepang dll), atau yang menerapkan Visa On Arrival (VOA) yang bisa diurus di imigrasi bandara negara tujuan.

2. Pastikan dapat tiket promo ke luar negeri dan jangan mepet waktunya. Dengan begitu kamu bisa bersiap jauh-jauh hari…

tiket promo via www.shutterstock.com

Biar sensasinya lebih terasa, ada baiknya kamu cari tiket promo pesawat yang bakal mengantarmu ke luar negeri sana. Selain lebih hemat anggaran, kamu juga lebih bangga lho bisa dapat tiket murah. Tiket promo biasanya tersedia jauh-jauh hari, entah 6 bulan atau malah setahun sebelumnya. Jadi kamu bisa punya waktu persiapan lebih lama buat ke sana.

3. Buatlah detail perjalanan dari itinerary orang lain di internet. Kamu bisa ambil contoh dari travel blogger ataupun web travel kaya Hipwee Travel, hehe…

Zaman Mbah Google masih kesulitan cari informasi? Duh nggak gaul banget deh. Biar perjalananmu lancar dan aman nantinya, kamu sebaiknya bikin itinerary perjalanan kamu nanti. Misal, mau ke mana aja, bakalan menginap di hotel apa, sampai jalur bus dan kereta harus kamu tulis dalam itinerary kamu. Jangan lupa dicatet pula tempat kuliner dan juga nyari oleh-oleh. Caranya, searching google aja dengan keyword, panduan backpacker bla bla bla. Kaya artikel ini nih, panduan ke Singapura.

4. Uang bisa jadi faktor paling penting. Tukarkan uang rupiahmu di dalam negeri, karena di luar negeri jarang yang mau menerima uang rupiah. ‘Kan sedih 🙁

Desain uang baru via economy.okezone.com

Buat kamu yang mau pergi ke luar negeri, duit memang hal yang paling penting. Kalau kamu mau ke Malaysia atau Singapura, sebisa mungkin kamu tukarkan uang kamu di money changer lokal. Jangan kamu tukar di bandara ya, mahal. Ada juga mata uang yang tidak ada di sini, semisal Rupee Nepal. Lebih baik kamu bawa dolar ke sana. Lebih aman sih, daripada bawa rupiah yang tidak berharga di luar sana.

5. Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi di luar negeri. Belajarlah bahasa Inggris meskipun nggak perlu jago-jago amat!

First traveling via www.huffingtonpost.com

Buat kamu yang pertama kali ke luar negeri, mending ke Malaysia saja. Bahasanya hampir sama, seharusnya tidak akan ada kesulitan dalam berkomunikasi. Namun jika kamu ke negara lain, bahasa Inggris itu wajib. Nggak perlu jago-jago amat, apalagi IELTS 7.5 atau TOEFL 600, nggak usah. Cukup paham apa yang orang bilang dan kamu bisa menjawabnya, cukup deh. Tapi ya jangan ‘Yes‘ dan ‘No‘ doang ya. Hehehe.

6. Pesanlah akomodasi dari Indonesia, biar kamu nggak kesulitan mengurus di sana. Lebih murah pula…

Booking hotel pake aplikasi via galleryhip.com

Sebisa mungkin, pesanlah penginapan dari Indonesia. Jadi, detail perjalanan sebaiknya sudah dibuat dan direncanakan dengan baik. Kenapa pesan dari sini? Karena lebih murah lho, ‘kan pakai uang rupiah. Di sana, terkadang kamu nggak punya koneksi internet. Makanya daripada susah booking penginapan di sana, mending udah jelas dari sebelum berangkat. Bawa uang mepet pun nggak masalah.

7. Bawa bekal makanan yang cukup, karena terkadang sulit menemukan makanan halal di luar negeri. Abon, mie instan, maupun saos kecap akan sejenak mengingatkanmu dengan kampung halaman…

abon ikan tongkol via www.youtube.com

Kalau kamu perginya cuma ke ‘Malaysia’ nggak usah khawatir sih, makanan halal terhampar di mana-mana. Tapi kalau kamu perginya ke Thailand, China atau Hongkong, bekal makanan dari Indonesia patut kamu bawa. Selain makanannya yang kurang pas di lidah, sulit juga menemukan makanan halal di negara-negara itu. Abon, saos kecap, kering tempe, atau peyek bakal bikin makanan luar negeri serasa kuliner di kampung halaman. Hehehe.

Mungkin itu dulu ya 7 tips sederhana buat kamu traveler pemula yang mau traveling ke luar negeri. Kalau nggak sekarang, kapan lagi? Yuk ah nggak usah takut. Liburan ke luar negeri bukan lagi mimpi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

2 Comments

  1. DongengTravel April 5, 2017
  2. DongengTravel April 5, 2017

Comment dong...