7 Perbedaan Otak Cowok dan Cewek. Dari Kemampuan Navigasi sampai Cara Menggunakan Perasaan!

loading...

1 Maret 2017

Secara fisik, baik cowok maupun cewek jelas terlihat perbedaannya. Tapi ternyata nggak sebatas itu saja. Ada banyak sekali hal yang mendasari cowok dan cewek memang ditakdirkan berbeda. Secara tanggung jawab sudah pasti berbeda, secara perasaan pun juga jelas terlihat bedanya. Tak bisa dimungkiri bahwa ada beberapa hal yang cowok lebih unggul daripada cewek, begitu juga sebaliknya. Cowok unggul di beberapa hal Seperti menyetir, kemampuan berbicara atau kemampuan membaca navigasi. Katanya, cowok memang lebih unggul dalam hal spasial daripada cewek.

Menurut penelitian, terdapat perbedaan struktur otak antara cowok dengan cewek yang terbentuk sejak dalam kandungan. Menurut Reuwen dan Anat Achiron, perbedaan struktur otak ini bahkan sudah terlihat ketika bayi berusia 26 minggu. Selain itu, Michael Guriaan dalam bukunya ‘What Could He Be Thinking?’ menjelaskan lebih rinci tentang perbedaan mendasar antar kedua jenis kelamin itu. Nah, kali ini Hipwee Boys akan mengulas soal kenapa cowok lebih unggul dibanding cewek dalam hal kemampuan spasial. Yuk, langsung disimak aja ulasannya!

1. Dibanding cewek, otak cowok memiliki desain yang memungkinkan mereka jago dalam urusan teknis

Lebih mahir kalau nyetir via jopasik.hu

Sebagai cowok, rasanya bangga banget kalau dipercaya sebagai navigator atau menyetir saat sedang bepergian. Nggak heran, soalnya berbagai kemampuan spasial seperti perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik, relatif lebih dikuasai. Inilah alasan mengapa cowok lebih baik dari cewek dalam hal mengemudi.

2. Karena sibuk dengan kemampuan spasialnya, cowok sudah nggak sempat lagi buat menggunakan banyak kata

Udah sibuk ngurusin kerjaan via www.hipwee.com

Korteks otak cowok lebih banyak tersedot untuk melakukan fungsi-fungsi spasial dan cenderung memberi sedikit porsi untuk memproduksi dan menggunakan kata-kata. Berbeda dengan cewek, sehingga kemampuan verbal pada cewek relatif lebih baik.

3. Menurut penilitian, cewek menggunakan sekitar 20.000 kata per hari, sedangkan cowok hanya 7000 kata saja!

Cewek lebih cerewet via cewekbanget.club

Kumpulan saraf yang menghubungkan otak kiri-kanan atau corpus collosum otak cowok memang lebih kecil dibanding otak cewek. Kalau cowok hanya menggunakan belahan otak kanan, cewek justru bisa memaksimalkan keduanya. Itulah kenapa cewek lebih banyak bicara ketimbang cowok. Dalam sebuah penelitian disebutkan, cewek menggunakan sekitar 20.000 kata per hari, sementara cowok hanya 7.000 kata saja! Jadi tahu, ‘kan kenapa cewekmu lebih cerewet daripada kamu. Ternyata memang ada penyebabnya.

4. Corpus collosum yang lebih kecil dibanding cewek membuat cowok umumnya hanya bisa fokus pada satu pekerjaan saja dalam satu waktu

Hanya bisa fokus pada satu pekerjaan via aribicara.com

Berbeda dengan cewek yang karena memaksimalkan kedua belahan otaknya sehingga bisa membuat cewek rata-rata lebih mampu mengerjakan banyak hal sekaligus dalam satu waktu. Sementara cowok umumnya bisa fokus hanya pada satu pekerjaan dalam satu waktu.

5. Cowok biasanya gampang naik pitam kalau ada ancaman yang melibatkan fisik. Beda dengan cewek yang lebih tenang. Eh, tenang atau takut ya?

Gampang naik pitam via www.hipwee.com

Hal ini bisa disebabkan karena tubuh cewek lebih banyak mengandung serotonin yang membuatnya bersikap tenang. Jadi, nggak heran kalau cewek memang lebih kalem ketika menanggapi ancaman yang melibatkan fisik. Tapi, hati-hati dengan cowok. Karena sekali mencoba bermain api, cowok biasanya akan lebih cepat naik pitam. Jadi tahu sekarang kenapa para cowok hobinya berantem.

6. Jadi cowok juga harus tahan buat dimarahin pacar ‘cuma’ karena lupa tanggal jadian atau ulang tahun. Bukannya dibuat-buat tapi memang benar-benar lupa!

Cowok memang pelupa via www.brilio.net

Bukan tanpa alasan, cowok memang ditakdirkan jadi kaum yang mudah lupa. Karena pusat memori (hippocampus) pada otak cewek lebih besar ketimbang cowok, sehingga relatif mudah lupa. Sementara cewek justru sebaliknya, bisa mengingat segala detail.

7. Tapi, cowok lebih tenang dalam mengahadapi masalah dan nggak gampang terbawa perasaan. Ternyata begini penjelasannya

Lebih kalem via www.brilio.net

Perbedaan paling mencolok adalah tentang bagaimana cowok dan cewek mengelola perasaan. Kalau cewek sudah pasti lebih sensitif dan mudah terbawa emosi. Bukannya nggak boleh sensitif apalagi sampai menangis, tapi cowok lebih lihai dalam mengatur emosi. Ternyata, amigdala (bagian otak yang mengatur emosi) pada cewek lebih cepat bekerja saat menerima rangsang emosional dibanding cowok.

Nah, jadi tahu ‘kan perbedaan antara cowok dan cewek itu nggak cuma ngasal, ternyata memang ada dasar ilmunya. Dari sini kamu seharusnya jadi makin mengerti tentang apa yang jadi watak dan kebiasaan cowok. Begitu juga sebaliknya, makin ngerti kenapa cewek itu lebih cerewet dan juga sensitif.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Comment dong...