6 Tips Biar Buket Bunga Kamu Nggak Gampang Layu. Kesegarannya Tahan Lama

loading...

14 Maret 2017

Sebagai cewek yang sudah punya pasangan, dapat buket bunga bukan hal yang wow lagi. Karena pada momen-momen tertentu biasanya pacarmu bakal memberikan. Entah saat anniversary kalian atau ketika kamu lagi ulang tahun. Nah, setelah menerimanya, mungkin kamu bakal letakkan begitu saja deh di kamar.

Tapi, sebelum layu kamu akan foto-foto dulu untuk pamer di akun media sosial. Hehehe.

Tapi, pernah nggak sih kamu ingin buket bungamu segar dan lebih tahan lama? Kalau biasanya cuma 2 atau 3 hari, kamu ingin mempertahankannya hingga 3-7 hari ke depan. Lagipula nggak ada salahnya juga menyenangi hati pasangan karena bunga pemberiannya kamu rawat dengan baik. Maka dari itu, simak 6 caranya berikut ini yuk.

1. Simpan buket bunga dalam suhu normal. Jangan simpan di dalam kulkas, karena ketika dikeluarkan justru membuatnya semakin layu

jangan simpan dalam kulkas via thegraciousposse.com

Kamu mungkin berpikir menyimpan buket bunga di dalam kulkas yang bersuhu dingin akan membuat kesegarannya awet. Padahal, buket bunga nggak selamanya kamu simpan terus-menerus di dalam kulkas. Cara ini tentu kurang baik lantaran suhu di dalam kulkas dengan di luar – seperti diletakkan di meja kamar tentu berbeda. Oleh sebab itu, buket bunga kamu jadi cepat layu karena berada di tempat yang suhunya tak sama.

2. Hindari meletakkan buket bunga di tempat yang terkena cahaya matahari dan menyemprotnya dengan air secara langsung. Karena kesegarannya jadi nggak tahan lama

nanti cepat layu via gde-fon.com

Terkena sinar matahari langsung sebenarnya baik bagi tanaman. Tapi, ada beberapa jenis bunga yang tak bisa langsung terkena cahaya ini. Untuk itu, sebaiknya kamu coba cari tempat meletakkan buket bunga yang nggak tersentuh sinar matahari secara langsung. Begitupun ketika kamu ingin menyemprotkan dengan air – yakni disarankan untuk tidak secara langsung. Jika dipaksakan, maka buket bunga kamu cepat layu.

3. Rutin potong tangkai bunga 1cm setiap hari supaya nggak kebanyakan air terserap

potong tangkainya via pinestateflowers.com

Jika bagian vas bunga diisi dengan air, maka tangkai bunga paling bawah akan menyerapnya. Makin lama disimpan, maka air yang terserap tambah banyak. Untuk mengatasinya, kamu bisa memotong sekitar 0,5-1cm tangkai bawah setiap hari supaya tak terlalu banyak air yang terserap. Karena terlalu banyak air yang terserap akan menyebabkan kondisi bunga cepat layu. Ketika mengisi airnya pun kamu perlu mengukurnya dengan baik, yakni cukup setinggi 2cm diukur dari tangkai paling bawah. Lalu, kamu harus rutin ganti air 1-2 hari sekali ya biar kesegarannya terjaga.

4. Cara lainnya kamu bisa melapisi kapas di bagian ujung batangnya. Lalu, balut kembali dengan plastik

setelahnya baru dibalut lagi dengan plastik via www.appleyardflowers.com

Kamu bisa menyimpan buket bunga tahan lama dengan melapisi kapas di bagian ujung batangnya. Jika sudah, kamu perlu balut lagi dengan plastik yang dilakukan secara rutin setiap hari. Tapi, ketika mau ganti kapas kamu harus potong dulu bagian batangnya sedikit saja. Caranya sama seperti sebelumnya, yaitu sekitar 0,5-1cm saja.

5. Perhatikan daun, duri, dan batang. Jika berubah warna berarti kamu petik atau potong ya

perhatikan batang, daun, dan durinya via www.hgtv.com

Jika ada daun atau duri, maka kamu juga perlu memotongnya. Jadi, kamu harus memperhatikan sekali seperti apa kondisi buket bunga kamu. Setelah sudah memotong bagian-bagian bunga yang berduri atau daun, maka silahkan simpan dalam vas yang sudah terisi air bersih. Kamu nggak boleh lupa mengganti air dalam vas setiap hari. Kalau nanti ada daun yang warnanya berubah atau layu, kamu bisa langsung memetiknya. Begitupun dengan ujung batangnya yang warnanya berubah.

6. Kamu bisa mengisi air vas dengan larutan yang berasal dari berbagai bahan masakan. Baik juga, lho untuk perawatan buket bunga kamu

isi airnya bisa dengan larutan bahan makanan via www.save-on-crafts.com

Selain mengisi dengan air bersih biasa, kamu dapat memasukkan air hangat yang didalamnya terdapat kandungan bahan-bahan makanan. Beberapa di antaranya gula sebanyak 2 sdm jika airnya 1 liter, ini berguna jika buket bunga kamu belum terlalu mekar. Bukan hanya itu, kamu juga bisa membuat larutan dari cuka atau vinegar berukuran sama seperti gula. Fungsi cuka sendiri bagus untuk menghambat pertumbuhan bakteri di dalam air yang bikin batang bunga kamu jadi busuk. Kalau kamu nggak mau pakai cuka, kamu bisa menggunakan jeruk lemon ya dan caranya pun sama.

Kini kamu nggak perlu khawatir lagi buket bunga dari pacar cepat layu. Karena dengan 6 cara tadi kesegaran buket bunga pemberian kekasih hati bisa tahan lama. Seperti cinta kalian yang awet juga. Ciyee!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Comment dong...