4 Alasan Bahwa Khadijah Istri Nabi Masih Relevan Sebagai Idola Cewek Sukses Masa Kini. Pelajari Yuk!

loading...

21 Maret 2017

Katanya, perempuan zaman sekarang dibilang sukses kalau bisa mandiri, punya usaha sendiri, nggak manja, kuat, tangguh dan punya jati diri. Tapi di balik itu semua, fitrah seorang perempuan adalah tetap berlemah lembut, kuat tapi ada kalanya sensitif dengan banyak hal di sekitarnya, dan bukan apa-apa tanpa dukungan laki-laki.

Menilik semua tanda perempuan sukses di atas sepertinya menjadi hal yang bisa dikatakan bukan sesuatu yang mudah. Mengingat untuk mendapatkan semuanya butuh perjuangan yang keras, pendidikan yang baik serta kaya akan pengalaman agar hidup menjadi lebih bernilai serta makin tegar dengan tempaan banyak hal yang tak terduga.

Adalah Khadijah binti Khuwailid, istri pertama Nabi Muhammad SAW. Kisahnya yang terjadi 1500 lebih dulu nyatanya justru menjadi cerminan perempuan sukses masa kini. Apa saja sih yang menjadikan Khadijah disebut sebagai gambaran perempuan sukses?

1. Dia adalah enterprenuer woman yang sukses, kaya raya dan terhormat

Khadijah seorang pengusaha sukses

Khadijah lahir dari keluarga kaya raya dan terhormat yang berasal dari suku Quraisy. Setelah ayahnya meninggal, ia mengambil alih bisnis keluarganya dan berhasil membangun kerajaan bisnisnya dengan sangat pesat meliputi berbagai negara seperti Mekah, Syiria dan Yaman. Salah kalau kamu merasa kesuksesan yang diperoleh Khadijah hanya karena faktor keberuntungan akan garis keturunan keluarganya yang kaya raya.

Karena ia hanya menjual barang yang berkualitas tinggi, dikenal adil dan tak mau mengorbankan harga diri dan integritasnya dalam berdagang hanya untuk sekadar mendapatkan untung. Khadijah juga hanya mempekerjakan mereka yang bisa memenuhi standar kualifikasi yang sudah ditentukannya. Nyatanya, jika Khadijah tidak berperangai baik dan lihai dalam berbisnis, tentu usahanya tersebut tidak akan berkembang pesat.

2. Sebagai perempuan, Khadijah dengan berani meminta Nabi Muhammad untuk menikahinya

Khadijah yang meminta via www.vemale.com

Khadijah adalah seorang janda. Sebelum menjadi istri Nabi Muhammad, ia pernah menikah 2 kali. Hal inilah yang membuat Khadijah menjadi pemilih dalam menentukan pasangan hidup. Sebagai perempuan yang tak hanya kaya namun juga berparas cantik, sudah banyak laki-laki yang ingin meminangnya. Tapi, sebanyak itu pula Khadijah menolak lamaran para laki-laki tersebut.

Mendengar kisah tentang Muhammad, Khadijah merasa jatuh hati karena sikap dan keteladanannya. Menurut berbagai sumber, Muhammad SAW sempat menjualkan barang dagangan Khadijah dengan sangat jujur. Ia pulang membawa keuntungan yang berlipat ganda. Melihat akan hal ini, Khadijah merasa kagum pada Muhammad SAW. Beberapa waktu kemudian, Khadijah meminta sahabatnya yakni Nafisah binti Maniyyah untuk meminangkan Muhammad SAW untuknya. Bagi Khadijah, sosok Muhammad SAW yang jujur adalah sosok yang begitu baik dan mulia.

3. Tak hanya sukses berbisnis, Khadijah juga menjadi teladan yang baik sebagai istri pertama Nabi Muhammad

Teladan yang baik via aboutislam.net

Rasulullah SAW bersabda :”Khadijah beriman kepadaku ketika orang- orang mengingkari. Dia membenarkan aku ketika orang-orang mendustakan. Dan dia memberikan hartanya kepadaku ketika orang-orang tidak memberiku apa- apa. Allah mengaruniai aku anak darinya dan mengharamkan bagiku anak dari selain dia.” [HR. Imam Ahmad dalam “Musnad”-nya, 6/118]

Khadijah adalah seorang Ummul Mu’minin; sebaik-baik istri dan teladan yang baik bagi mereka yang mengikuti teladannya. Khadijah menjadi istri Muhammad saat beliau belum diangkat menjadi Rasul. Bayangkan, menemani perjuangan Muhammad di awal-awal memeluk Islam bukanlah hal yang mudah. Mulai dari perang, hijrah hingga dakwah secara sembunyi-sembunyi. Semua Khadijah lakoni sebagai istri yang mendampingi suami. Keadaannya yang kaya raya tak membuatnya menjadi lupa diri bahkan manja. Ia selalu ada di samping Muhammad.

Jadi, menjadi perempuan mandiri yang tangguh memang perlu, tapi menurunkan ego dan menjadi lemah lembut di hadapan suami sangatlah penting. Hal ini yang Khadijah lakukan selama setengah abad menjadi istri Muhammad. Tak pandang kekayaan yang sudah diraihnya, apapun ia lakukan sebagai bentuk dukungan kepada suami.

4. Khadijah juga dikenal sebagai perempuan yang sangat dermawan

Hartanya untuk berjuang di jalan Islam via gumilang.me

Dengan kekayaannya yang berlimpah, Khadijah juga dikenal sebagai sosok yang sangat dermawan. Ia memberikan penghasilannya kepada orang miskin dan anak yatim, untuk para janda dan orang sakit. Tak hanya itu, hartanya juga ia sumbangkan untuk berperang di jalan islam.

Khadijah adalah salah satu perempuan paling luar biasa dalam sejarah dan terus menginspirasi banyak orang sampai hari ini. Tak hanya kisah cintanya, tapi juga perjuangannya dalam menjaga Muhammad, keuletannya dalam berbisnis, kesalehannya, kesederhanannya dan keberaniannya yang ia tunjukkan pada dunia bahwa ia mampu melakukan segalanya sebagai perempuan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Comment dong...