4 Alasan Ada Orang Fotogenik dan Nggak. Buat yang Penasaran, Silakan Baca

loading...

8 Maret 2017

Orang yang fotogenik, mau difoto pakai gaya apa saja pasti hasilnya cantik dan tampan. Sedang yang tidak fotogenik, mau diambil gambarnya 100 kali dengan berbagai gaya yang berbeda, hasilnya pun tak sememuaskan aslinya. Kadang merasa wajahnya kurang simetris, ekspresinya kurang natural, dan lain sebagainya.

Mungkin ini juga alasan kenapa banyak blind date yang berakhir kecewa. Pasalnya orang yang di foto dan aslinya kadang terlihat berbeda. Jadi, sebenarnya fotogenik itu nyata atau sugesti saja sih? Kok bisa ada orang yang aslinya cantik dan tampan di dunia nyata tapi pas di foto hasilnya biasa saja? Ternyata oh ternyata, fotogenik itu ada penjelasannya lho. Ya, selain foto zaman sekarang bisa diedit dengan mudahnya, ternyata inilah yang membuat orang yang fotogenik dan enggak.

1. Menjadi cantik di dunia nyata dan cantik di foto itu dua hal yang berbeda. Foto 2 dimensi tak selalu bisa menangkap keseluruhan persona manusia

Fotogenik via www.pinterest.com

Seringkali kecantikan asli nggak bisa diterjemahkan secara sempurna oleh kamera. Ada banyak faktor yang membuat hal ini terjadi, misalnya kemampuan fotografi, sikap tubuh di depan kamera, hingga genesnya sendiri. Di dunia nyata, kamu bisa bersikap natural. Dan ketika satu ekspresi atau gestur dinilai kurang pas, kamu bisa menggantinya setiap saat. Sementara di foto, kamera merekam setiap detil wajah. Mengabadikan banyak hal dalam satu klik. Padahal saat itu mungkin kamu membungkuk, matanya terpejam sebelah, posisinya kurang pas sehingga wajahnya terlihat kurang simetris, dan hal-hal lainnya.

2. Sudut pandang kamera juga menentukan. Kalau ingin cantik maksimal, harus paham konsep dasar fotografi

Angle kamera juga menentukan via collegefession.com

Masa iya sih mau selfie saja harus belajar fotografi dulu? Eits jangan salah. Meskipun sesederhana selfie, tentu kamu mau hasil yang sempurna ‘kan? Nah, trik kamera adalah salah satu kuncinya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa angle kamera bisa membuat seseorang terlihat lebih cantik atau tampan. Itupun harus disesuaikan gendernya juga. Kamera yang mengambil angle sedikit ke bawah cocok untuk perempuan, karena akan menonjolkan sisi feminitasnya. Sementara angle kamera yang lurus ke depan dan close up, cocok untuk pria karena bisa memaksimalkan maskulinitas.

3. Cantik atau tampan alami di dunia nyata belum tentu bekerja di dunia kamera. Makeup lumayan jadi penentu juga

The power of makeup via www.idigitaltimes.com

Apakah kamu termasuk orang yang anti-makeup dan memuja kecantikan alami tanpa polesan macam-macam? Di dunia nyata, kecantikan alami memang juaranya. Tapi dalam foto, konsepnya berbeda. Makeup bisa menciptakan penampilan yang cerah dan sehat. Dua hal itu sangat erat kaitannya dengan pesona lho. Orang yang terlihat sehat biasanya punya kulit yang segar, pipi merona, dan mata yang bersinar. Inilah yang akan terekam kamera sehingga menciptakan gambar yang menarik. Hmm, mungkin lensa kamera belum terlalu sensitif merekam kecantikan alami manusia ya.

4. Di depan kamera, tanpa sadar gerak-gerik kita diatur sedemikian rupa. Inilah yang justru mengurangi kecantikannya

Awkward di depan kamera via www.ajpuckettphoto.com

Fotogenik dan tidak fotogentik bukanlah hoax semata. Faktanya memang ada orang yang biasa saja di dunia nyata, tapi tampil penuh percaya diri di depan kamera. Dengan senyum natural dan gerak-gerik yang lepas dan tidak dibuat-buat akan menghasilkan gambar yang indah juga. Sementara itu ada juga orang yang super cantik dan tampan di dunia nyata, tapi langsung jiper saat berhadapan dengan kamera. Gesturnya awkward dan ekspresinya sangat kentara dibuat-buat. Inilah yang justru menghasilkan gambar yang kurang memuaskan.

Tapi apa pun itu, selembar foto tentu tak bisa menentukan kecantikan dan ketampanan seseorang. Karena kecantikan pun banyak definisinya. Kecantikan dalam foto bisa diakali dengan berbagai tips supaya kamu jadi fotogenik. Yang lebih urgen tentu bagaimana memahami diri sendiri sehingga bisa menutupi kekurangan dengan memaksimalkan kelebihan. Dari situ, kecantikanmu yang lain bisa memancar sendiri. Lagipula, kalau soal foto sih tak perlu dikhawatirkan. Toh kamu bisa pilih salah satu dari aplikasi edit yang sudah menjamur di pasaran. Tinggal klik-klik-klik, wajahmu bisa serupawan yang kamu inginkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Comment dong...