Ads Top

Yuk Liburan ke 6 Wisata Religi di Yogyakarta Ini


1. Klenteng Gondomanan


rl1


Salah satu peninggalan Tionghoa di Jogja adalah Klenteng Bhudda Prabha atau yang lebih dikenal dengan Klenteng Gondomanan. Bagi kamu etnis Tionghoa atau beragama Buddha, kamu bisa menjalani doa dan mengikuti sejumlah kegiatan agama. Berlokasi di daerah Gondomanan tepatnya Jalan Brigjen Katamso Nomor 3, Kota Yogyakarta.


2. Masjid Pathok Nagoro


rl2


Masjid Pathok Nagoro merupakan masjid kagungan dalem di wilayah nagaragung yang berfungsi selain sebagai tempat religius juga sebagai tempat pertahanan rakyat. Selain di Kota, Keraton Yogyakarta memiliki Masjid-masjid Pathok Nagoro lain diantaranya Masjid Dongkelan, Masjid Wonokromo, Masjid Babadan, Masjid Mlangi, dan Masjid Plosokuning. Masjid-masjid ini masih mempertahankan bangunan klasiknya sehingga sangat menarik jika ditelusuri sejarahnya.


3. Masjid Gedhe Kauman


rl3


Masjid Gedhe Kauman mempunyai sejarah yang panjang dalam berdiri dan berkembangnya Keraton Ngayogyakarta. Saat bulan Ramadhan masjid ini selalu mengadakan kajian khusus Ramadhan yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Kalian bisa melihat kemegahan masjid yang didirikan pada masa pemerintahan sultan Hamengkubuwono I


4. Sendang Sono


rl4


Sendang berarti mata air. Sendang Sono merupakan tempat wisata rohani umat Katolik yang terkenal di Yogyakarta. Berdasarkan sejarah, pada tahun 1904 Romo Van Lith datang dan membaptis 173 warga Kalibawang Kulonprogo dengan air sendang. Maka sejak saat itulah tempat ini dijadikan tempat ziarah umat Katolik. Disana kamu bisa beribadah serta menikmati keindahan Sendang Sono.


5. Pura Vaikuntha Vyomantara


rl5


Pura ini berada di kompleks AAU di daerah Janti, Yogyakarta. Tidak hanya untuk warga AAU, pura ini bisa digunakan untuk masyarakat umum yang akan beribadah disini. Buat kamu yang ingin merasakan Jogja dengan aroma Bali, bisa berkunjung ke pura ini


6. Goa Maria Tritis


rl6


Merupakan salah satu tempat wisata rohani Katolik di Yogyakarta yang cukup unik karena berada didalam goa alami yang lengkap dengan stalaktit dan stalagmit. Goa Maria Tritis ini terletak di Paliyan, Gunungkidul. Disinipun kamu bisa mendengarkan suara cicit kelelawar dan tetesan air goa.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.