Ads Top

Wow! Italia Rugi 16 Triliyun karena tak Lolos Piala Dunia 2018


Kesedihan Pemain Italia Setelah Gagal Ke Piala Dunia 2018. Sumber : Bola.com

Senin 14 November 2017 menjadi hari yang kelam bagi dunia persepakbolaan Italia, karena tim nasional sepak bola mereka gagal lolos ke Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia. Italia gagal lolos ke Piala Dunia setelah kalah agregat 0 1 dari Swedia. Ini merupakan kali pertama sejak Piala Dunia 1958 Italia tidak lolos ke putaran final turnamen sepak bola terbesar di dunia.


Hasil ini selain menimbulkan dampak yang buruk bagi pemain tentu Italia akan kehilangan pemasukan dari keikutsertaan di Piala Dunia 2018 di Rusia. Seperti dikutip dari Kompas.com, dana sekitar 10 juta euro atau setara 158 milyar rupiah batal masuk ke kas FIGC ( Federasi Sepak Bola Italia ) dari sektor kerjasama sponsor, merchandise dan berbagai bonus.


Kerugian yang paling mencolok ialah hangusnya potensi mengeruk kucuran dana dari prize money alias uang hadiah keikutsertaan di Piala Dunia 2018. Menurut data yang dikutip dari Bolasport.com yang dirilis dari situs FIFA, setiap peserta putaran final Piala Dunia akan mendapat kompensasi dana persiapan sebesar 1,5 juta dolar.


Sementara itu, tim peringkat 17-32 alias mereka yang tidak lolos ke fase gugur akan mengantongi masing-masing 8 juta dollar AS. Adapun sang juara turnamen kebagian prize money 38 juta dollar AS atau setara Rp 514,8 miliar. Estimasi dana yang melayang itu belum menghitung peluang pemasukan raksasa dari sektor hak siar pertandingan Piala Dunia 2018.


Kegagalan ini juga memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung terhadap perekonomian Italia. Menurut Franco Carraro Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC) era 2001 2006, seperti dikutip dari detik.com Italia merugi hingga 1 millyar Euro dari iklan dan pendapatan dari hak siar televisi. Bahkan bisa lebih besar, termasuk karena melewatkan penjualan paket perjalanan ke Rusia oleh agen travel, ditambah perputaran perusahaan judi serta bar dan restoran di seluruh negara selama pertandingan.


Sungguh kegagalan yang sangat menyedihkan. semoga Italia dapat segera bangkit dan berbenah.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.