Ads Top

Ternyata Inilah Alasan Penggunaan Warna Biru pada Kursi Pesawat


Bagaimana pengalaman kamu saat pertama kali naik pesawat, tentu mendebarkan karena tegang, begitulah menurut kebanyakan mereka, saat pengalaman pertama naik pesawat. Alasan mereka bermacam macam, ada karena gugup, berada di tempat duduk yang sempit, bersama orang orang tak dikenal diruang yang terbatas, belum lagi aturan aturan maskapai yang menambah kekhawatiran mereka.


telegraph.co.uk

Demi memperbaiki pelayanan, pihak maskapai selalu melakukan perbaikan demi perbaikan, agar penumpang merasa nyaman dan aman, termasuk pada pemilihan warna kursinya.


Pernahkan kamu perhatikan kursi pesawat, terutama pada pemilihan warnanya yang selalu umumnya menggunakan warna biru, ternyata tidak sembarangan pihak maskapai menggunakan warna biru, ada serangkaian teori ilmiah yang didukung dengan beragam penelitian mengenai warna biru ini.


Fakta ilmiahnya warna biru tua mampu merangsang tubuh menghasilkan zat yang berfungsi menenangkan saat memandangnya, serta menghadirkan rasa nyaman, dan tentram menatapnya, supaya diharapkan tercipta suasana santai dan tenang didalam pesawat, juga mencegah kemungkinan rasa marah akibat stres penumpang.


Seperti diungkap oleh para pakar di situs Color Psychology warna biru identik dengan suasana damai dan tentram, sperti saat memandang langit yang biru, atau lautan yang tenang


Selain itu warna biru terbukti, merileksasi pernafasan dan degupan jantung, sehingga seringkali digunakan untuk kegiatan rileksasi dan meditasi, warna biru juga secara psikologi menimbulkan kepercayaan diri, atau sesuatu yang menimbulkan kepercayaan.


Untuk alasan itulah sebuah maskapai penerbangan dengan tugas mengangkut penumpang dan tanggung jawab besar atas keselamatan mereka, tentu menginginkan penumpang mempercayai maskapai mereka.


Penelitian yang lain juga menunjukkan bahwa warna biru lebih menyegarkan, dipercaya menghadirkan kesan sejuk atau dingin.


Itulah alasan dari pihak maskapai yang mempercayai bahwa penggunaan kursi warna biru membuat penumpang lebih tenang, sempat beberapa maskapai memcoba mengganti kursi pesawat dengan warna merah, kemudian dilepas karena dirasa warna merah memicu emosi negatif bahkan kemarahan penumpang.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.