Ads Top

Tahukah Kamu Berapa Banyak Kandungan Urin di Kolam Umum


water-1018808_640


Seberapa banyak kandungan urin dalam kolam renang umum?


Pemikiran ini pastinya bikin kita jadi sedikit geli. Tapi setelah tahu faktanya, bisa jadi kamu nggak mau berenang di kolam umum lagi.


Satu tim peneliti di Kanada mencari cara untuk mendeteksi urin dalam dalam kolam renang.


Mereka pun menemukan solusinya dari zat pemanis buatan yang disebut acesulfame potassion atau ACE yang bisa ditemukan dalam banyak produk konsumsi.


Rupanya, tubuh manusia tidak menyerap pemanis ini, sehingga dia akan keluar melalui air kencing. Meskipun sudah bercampur dengan air, zat ini tetap bisa dideteksi, tidak peduli berapa suhu ataupun kadar pH air tersebut.


Para peneliti memonitor kandungan ACE pada dua kolam renang umum selama tiga minggu. Kolam yang satu berisi 110,000 galon air, sementara yang satunya lagi 220,000 galon.


Berdasarkan pengukuran ACE, peneliti memperkirakan bahwa lebih dari periode 3 minggu itu, orang-orang yang berenang di kolam umum mengeluarkan 7.92 galon air seni di kolam pertama, dan hampir 20 galon di kolam yang lebih besar!


Sebagai tambahan, tim itu menganalisa 250 sampel dari 31 kolam lain dan juga bak mandi air panas atau hot tub. Dari sana ditemukan kadar ACE hingga 570 kali lebih besar dari jumlah air seni yang ditemukan di air keran.


swimming-pool-1229130_640


Urin mengandung komponen bernitrogen seperti urea, amonia, asam amino dan creatine. Mineral-mineral ini dapat bereaksi dengan disinfektan dan bisa menyebabkan iritasi pada mata dan pernafasan.


Dan orang-orang seperti perenang profesional dan pekerja kolam telah melaporkan menderita penyakit asthma yang berkaitan dengan waktu yang lama dihabiskan di kolam.


Kita memang tidak bisa menguji kadar urin dalam kolam. Yang bisa kita lakukan adalah mengedukasi masyarakat tentang praktek kebersihan saat berenang.


Lindsay Blackstock, pemimpin penelitian ini berkata, Kami anjurkan semua pengguna kolam umum harus membersihkan semua sisa produk perawatan pribadi dalam shower yang tersedia sebelum memasuki kolam umum.


Sebagai tambahan, Lindsay juga menganjurkan agar kita memikirkan orang lain dan jangan malas keluar dari kolam untuk buang air di toilet.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.