Ads Top

Siapa Sebenarnya Paman Sam Namanya Sering Dikaitkan dengan Amerika


https://www.youtube.com/user/nowUknowTube

Istilah Paman Sam sering digunakan sebagai sebutan lain untuk Amerika Serikat. Memang tidak ada pendiri ataupun pemimpin negara itu yang cocok dipanggil demikian. Sebenarnya siapa Paman Sam? Dan bagaimana namanya bisa disamaartikan dengan Amerika Serikat?


Paman Sam mulai sering dijadikan ikon sejak masa Perang Dunia oleh sekelompok serdadu perang. Ia adalah seorang penyuplai makanan tentara Amerika bernama Samuel Wilson. Dalam tong daging yang biasa dikirimnya dicap dengan tulisan US atau singkatan dari United States. Namun lucunya oleh beberapa tentara sering diplesetkan menjadi Uncle Sam (Paman Sam).


Kebiasaan itu akhirnya menjadikan Samuel Wilson sebagai ikon Amerika yang mendunia. Sampai saat ini istilah Paman Sam sering dipakai di berbagai negara dengan sebutan yang menyesuaikan bahasa, meskipun sebagian tidak mengenal siapa Samuel Wilson.


Paman Sam si Pengusaha Batu Bata


Dikutip dari findagrave.com, Samuel Wilson lahir di sebuah perkampungan kecil di West Cambridge bernama Monotomy. Saat berusia 22 tahun, bersama dengan kakaknya Ebenizeer ia pindah ke Troy, New York untuk mencari peruntungan.


https://priceonomics.com

Sam dan kakaknya membeli properti di kawasan Ida Mounth (sekarang Prospect Park). Kondisi geografis yang kaya akan tanah liat membuka peluang usaha yang menjanjikan. Di Troy mereka memutuskan menjadi produsen batu bata.


Awal karir sebagai penjagal daging


Pada 1793 Samuel Wilson menyewa lahan yang terletak di antara Adams dan Jefferson Street. Mereka menjadikan itu sebagai tempat untuk berbisnis daging, disamping profesi Sam sebagai pegawai kota pada 1808. Ia terlibat kontrak sebagai penyuplai daging untuk tentara sejak 1812.


Paman Sam dalam Gambaran Kartunis


https://www.zazzle.com

Oleh kartunis Thomas Nast, Paman Sam digambarkan sebagai sosok dengan topi bermotif bendera Amerika Serikat dan pakaian merah biru putih. Hingga pada 1917 sebuah poster diciptakan James Montgomery Flagg sebagai pengumuman perekrutan tentara untuk Perang Dunia II dengan menjadikan Paman Sam versi Thomas Nast sebagai ikon.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.