Ads Top

Mau Jadi Petualang Baca Buku Ciamik Ini


Feature adalah salah satu model penulisan. Tulisan model feature menitikberatkan kepada sisi humanis dari sebuah kisah atau peristiwa. Feature adalah model tulisan dengan gaya bertutur. Atau banyak yang bilang feature adalah tulisan yang berkisah.


Gayanya mirip dengan dengan tulisan di novel atau cerpen. Jadi kalau kamu membaca feature seperti membaca cerpen atau novel. Tapi di dunia jurnalistik, meski feature tulisannya mirip mirip dengan novel, tetap tak boleh mengabaikan fakta. Feature bukan tulisan fiksi. Tapi tulisan yang terikat dengan fakta. Fakta yang jadi dasar dari tulisan feature.


Sumber foto: Jelajah.co

Ada banyak buku yang bisa dijadikan rujukan atau referensi bagi kamu yang ingin belajar menulis feature dengan baik. Lewat buku buku itu kita bisa belajar seperti apa feature yang menarik. Salah satunya adalah buku, Meraba Indonesia : Ekspedisi Gila Keliling Nusantara.


Bagi saya, buku, Meraba Indonesia : Ekspedisi Gila Keliling Nusantara, adalah salah satu buku feature terbaik. Buku ini ditulis oleh Ahmad Yunus, seorang jurnalis. Buku ini menceritakan tentang petualangan dua wartawan, Ahmad Yunus dan Farid Gaban saat melakukan petualanhan ke banyak wilayah di Indonesia. Tapi, perjalanan mereka bukan perjalanan biasa. Namun lebih mirip petualangan.


Banyak yang bisa dicatat dari buku yang ditulis dengan gaya bertutur itu. Kita tak hanya disuguhi cerita tentang betapa eksotisnya Indonesia. Tapi juga kita disdorkan banyak fakta miris yang terjadi di negeri ini. Lewat buku ini, kita bisa belajar tentang bagaimana menjalin sebuah kisah perjalanan yang bisa memikat pembaca.


Ternyata, kisah perjalanan bisa jadi cerita menarik, bahkan tak kalah tegang dengan kisah-kisah novel. Tentu, asal alur cerita yang ditulis, memang menggugah. Tulisan yang bisa membuat pembaca tak hanya berpikir tapi juga berimajinasi. Ahmad Yunus, si penulis berhasil memindahkan apa yang dia lihat, alami, dan rekam, dalam sebuah tulisan memikat. Tulisan yang tak berat, tapi benar-benar mampu menggambarkan sebuah realitas. Buku yang ciamik.


Buku ini, saya pikir cocok untuk mereka yang mau jadi wartawan. Buku ini juga layak jadi referensj bagi yang mau belajar menulis feature yang memikat pembaca. Dan tentunya buku yang ditulis Ahmad Yunus ini cocok dibaca para traveler atau petualang. Selain tentunya buku ini jadi bahan pengetahuan untuk meraba dan membaca Indonesia seperti yang tertulis di judul buku tersebut.


Indonesia, memang negeri yang eksotis. Negeri yang kaya akan alamnya yang indah. Kaya dengan ragam serta tradisinya. Tapi, di sisi lain, negeri ini juga banyak berisikan cerita miris, yang menyesakan dada. Sebuah kisah yang cukup lengkap menggambarkan bagaimana wajah Indonesia sebenarnya. Dan, Ahmad Yunus berhasil merekam itu dalam bukunya.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.