Ads Top

Masih Anggap Malaysia Negara Sahabat Ini Kata Pemerintah RI


Sumber: www.richtopia.com

Perhelatan SEA Games 2017 kali ini menjadi bukti kalau negara tetangga terdekat Indonesia, yakni Malaysia tak lagi menunjukan rasa hormatnya terhadap bangsa ini. Berbagai ulah kontroversial dari negeri jiran tersebut mulai berujung pada kecaman warga NKRI.


Mula-mula pada awal pembukaan SEA Games pada Sabtu (19/8) kemarin, Malaysia memutarkan lagu rasa sayange. Ketahuilah, lagu rakyat asal Maluku ini adalah hak cipta Indonesia, namun belum lama ini, Malaysia mengklaim kalau lagu tersebut bagian dari budaya mereka.


Hal yang paling membuat geram adalah soal pemasangan bendera Indonesia terbalik di buku paduan SEA Games. Lambang negara ini menjadi putih merah. Tertulis INDONESIA pada bagian bawah bendera sebagai keterangan. Entah hanya kekeliruan atau sengaja dilakukan.


Sumber: www.bola.com

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tetap meminta pihak Kerajaan Malaysia memberikan klarifikasi atas hal ini. Meski permintaan maaf telah dilontarkan oleh Malaysia kepada Pemerintah RI dan bangsa Indonesia, namun ini tak bisa dianggap pembenaran.


Malaysia katanya negara sahabat, negara dekat, dan satu rumpun. Masa untuk hal yang prinsip bagi Indonesia tidak menjadi perhatiannya, kata Tjahjo menyoroti ulah tuan rumah SEA Games 2017.


Masalah seperti bendera kenegaraan, kata Tjahjo harusnya sudah melewati proses pengecekan serta pemeriksaan lebih lanjut. Maka itu, ia ingin meminta klarifikasi Malaysia atas kekeliruan ini. Publik khawatir ada faktor kesengajaan yang dinilai sebagai bentuk pelecehan bangsa.


Belum selesai masalah pemasangan bendera RI terbalik, kali ini berbagai media memberitakan soal dugaan kecurangan wasit asal Singapura dalam pertandingan cabang olahraga Sepak Takraw Putri, Indonesia melawan Malaysia. Skor sementara, Indonesia unggul 16 10 pada set kedua.


Sumber: www.bola.com

Tapi berkali-kali wasit bersikap curang, misal service grup putri Indonesia dianggap fault (pelanggaran) padahal sama sekali tidak terlihat adanya kesalahan dalam tayangan lambatnya yang terekam kamera. Kondisi ini memaksa para atlet tanah air protes dengan cara walk out (keluar).


Sangat jahat kalau kemenangan diraih dengan cara curang, ungkap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi saat memberikan semangat dan dukungan kepada para atlet Indonesia yang bersedih lantaran merasa dicurangi wasit asal Singapura ini.


Apakah betul Malaysia telah melecehkan Indonesia dengan berbagai modus tersebut?


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.