Ads Top

Inilah 5 Negara yang Melarang Penggunaan Sosial Media


Media sosial untuk saat ini bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan primer. Setiap hari orang selalu menyempatkan untuk bersosialiasi lewat sosial media. Semakin hari pengguna media sosial di Indonesia terus bertambah. Ini didukung dengan banyaknya smartphone murah yang  bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.


Membludaknya pengguna sosial media di Indonesia menjadikan Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial untuk perkembangan sosial media. Ini bisa terlihat dari masuknya Indonesia sebagai pengguna sosial media terbesar di dunia.


Kabar terbaru dan cukup mengejutkan bagi netizen saat ini salah satu sosial media yakni telegram diblokir oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang disinyalir jadi salah satu jalan untuk menyebarkan paham radikalisme. Dengan tutup akses telegram, tidak memungkiri  media sosial lain di blokir jika disinyalir bisa membahayakan keamanan negara.


Seperti dilansir dari berbagai sumber, 5 negara yang memblokir Facebook, Twitter, dan Youtube.



  • Pakistan


pakistanPakistan memblokir akses ke situs web Facebook pada 2010. Langkah ini ditempuh negara tersebut setelah menemukan konten yang dinilai negatif, yakni kompetisi online global untuk membuat karikatur Nabi Muhammad.


Tak hanya Facebook, Pakistan juga melarang masyarakatnya menggunakan Twitter dan Youtube. Keputusan ini diambil berdasarkan kemungkinan serangan maya pada jaringan komputer komisi pemilihan di Pakistan.



  • China


ChinaNegeri Tirai Bambu juga melarang masyarakatnya menggunakan jejaring sosial Facebook, Youtube, dan Twitter. Sebagai gantinya, China merekomendasikan media sosial rancangannya sendiri seperti Weibo (Twitter versi China) dan Renren yang disebut mirip Facebook, untuk masyarakatnya yang ingin berselancar di media sosial.



  • Korea Utara


North Korean leader Kim Jong-un waves during a military parade to commemorate the 60th anniversary of the signing of a truce in the 1950-1953 Korean War, at Kim Il Sung Square in Pyongyang July 27, 2013 in this photo released by North Korea's Korean Central News Agency (KCNA) on July 28, 2013. REUTERS/KCNA (NORTH KOREA - Tags: POLITICS ANNIVERSARY) ATTENTION EDITORS - THIS PICTURE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. REUTERS IS UNABLE TO INDEPENDENTLY VERIFY THE AUTHENTICITY, CONTENT, LOCATION OR DATE OF THIS IMAGE. FOR EDITORIAL USE ONLY. NOT FOR SALE FOR MARKETING OR ADVERTISING CAMPAIGNS. NO THIRD PARTY SALES. NOT FOR USE BY REUTERS THIRD PARTY DISTRIBUTORS. THIS PICTURE IS DISTRIBUTED EXACTLY AS RECEIVED BY REUTERS, AS A SERVICE TO CLIENTS


Korea Utara menjadi negara yang cukup disegani, pasalnya negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini dikenal otoriter dan amat mengedepankan keamanannya. Korut memilih untuk melarang masyarakatnya menggunakan jejaring sosial seperti Facebook.


Tak hanya itu, negara ini juga membatasi penggunaan internet. Sejumlah mahasiswa pascasarjana dan profesor di Universitas Sains dan Teknologi Pyongyang bahkan tak pernah menggunkaan fasilitas internetnya untuk membuka Facebook meski memiliki akses khusus internet.



  • Vietnam


VietnamSalah satu negara di Asia Tenggara ini melarang penggunaan Facebook pada 2009. Meski pemerintah setempat membantah dengan sengaja memblokir akses ke jejaring sosial tersebut, masyarakat di Vietnam juga melarang penduduknya untuk berbagi kabar di jejaring sosial lain.



  • Bangladesh


BangladeshSenada dengan Pakistan, Bangladesh memprotes konten yang negatif yang memuat foto karikatur Nabi Muhammad di jejaring sosial Facebook. Atas hal itu, Bangladesh memblokir akses ke media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.