Ads Top

Wow Keren! Inilah Pesawat Buatan Anak Bangsa Setelah 22 Tahun Penantian!


Gayatri N-219


Mempunyai pesawat buatan bangsa sendiri sepertinya masih menjadi mimpi semata buat bangsa Indonesia. Biasanya untuk kebutuhan pesawat, mesti impor dari lura negeri. Tetapi ada berita keren banget dari PT Dirgantara Indonesia, dimana mereka berhasil membuat pesawat buatan mereka sendiri alias 100% dibuat oleh putra-putri bangsa Indonesia.


Adalah Esther Gayatri Saleh seorang pilot perempuan yang berhasil menerbangkan pesawat diberi nama pesawat N219 itu. Gayatri dan teman-teman sangat terharu bisa membuat dan menerbangkan pesawat yang merupakan hasil keringat mereka sendiri. Butuh waktu kurang lebih 22 tahun menunggu setelah tahun 1995 yang lalu pada masa pemerintahan Presiden Soeharto diadakan uji coba pesawat terbang buatan dalam negeri. Pada waktu itu pesawat yang diuji coba bernama Gatot kaca N250.


N-219 telah diuji coba di landasan pacu Bandara Husein Sastranegara, Bandung.


Merupakan kebanggaan tersendiri buat bangsa Indonesia bisa mempunyai pesawat sendiri. Dan N-219 ini adalah cikal bakal untuk memotivasi lahirnya karya pesawat yang lain yang lebih keren lagi. Pesawat N-219 ini adalah pesawat komersil turboprop (baling-baling) bermesin ganda. Dirancang dapat menampung maksimal 19 penumpang.


Waah, keren kan? Ditunggu karya selanjutnya ya!


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.