Patung Kartini Ini Dikecam Karena Pakai Tulisan China

Patung Kartini Ini Dikecam Karena Pakai Tulisan China

Rendahnya minat baca serta mencari informasi dari berbagai sumber membuat masyarakat kita gampang sekali terhasut berita bohong. Bahkan mereka ikut membagikan berita-berita bohong tersebut ke orang lain untuk terprovokasi. Dan baru-baru ini hal tersebut terjadi pada sebuah patung RA Kartini yang terletak di Monas, Jakarta Pusat.


detik.com

Dilansir dari keepo.me, seorang warganet mengunggah foto tersebut dengan caption yang cukup provokatif, yakni mengatakan bahwa patung ini memiliki tulisan China dibawahnya. Ia mengatakan bahwa tulisan tersebut adalah gaya penindasan baru. Bahkan dia mengatakan bahwa hal tersebut sengaja dilakukan agar ideologi komunisme bisa masuk ke Indonesia. berikut beberapa komentar netizen atas postingan provokatif tersebut.


detik.com

Ags Riyanto: Aku sebagai orang jawa RA kartini pahlawan dari jawa menggunakan bahasa jawa lebih ,klo kaya merasa dikesampingkan,owi lebih mementingkan asing dan asing


Ali Gunawan: Sampai segitu mah mereka mendikte kita..,bangkit Indonesiaku? Aksara Jawa lebih pantas


Namun tahukah anda, ternyata tulisan tersebut bukan merupakan tulisan China, melainkan tulisan Jepang, tepatnya huruf Kanji. Kepala Kantor Pengelola Kawasan Monas, Sabdo Kristianto mengatakan bahwa patung itu adalah pemberian dari pemerintah Jepang. Patung tersebut diserahkan oleh Dubes Jepang untuk Indonesia pada tahun 2005 silam.


detik.com

Aksara Jepang yang ditulis dibawah patung tersebut juga tak aneh-aneh. Arti aksara Jepang tersebut adalah Dipersembahkan Sebagai Lambang Persahabatan Antara Bangsa Indonesia dan Jepang. Salah seorang netizen yang tahu kebenaran dari aksara tersebut pun berkomentar.


Tonni OS Saragih: Hahaha.. Beginilah kalau bego dipelihara dan ditumbuh kembangkan Silahkan piknik jalan ke makam Sunan Ampel.. Disana dipergunakan 5 bahasa.. Satu diantaranya bahasa cina dan ada aksara cina juga sebagai petunjuk.


Semoga bermanfaat