Mitos Minum Air Dingin Ini Ternyata Tidak Benar

Mitos Minum Air Dingin Ini Ternyata Tidak Benar

Pernakah Anda sehari saja tidak meminum air putih? Rasanya tidak pernah. Karena memang, bagi kita, air putih telah menjadi minuman wajib sehari-hari. Bahkan, ada ujar-ujaran (mitos) bahwa kita bisa hidup meski tidak makan tiga hari, tetapi tidak bisa bertahan bila tidak minum air sehari saja.


Meski begitu, ternyata ada beberapa mitos yang berkaitan dengan kebiasaan mengonsumsi air putih ini. Utamanya mengonsumsi air dingin. Dan ironisnya, menurut pakar gizi, beberapa mitos itut ternyata tidak seluruhnya benar. Apa saja mitos itu?


Habis Olahraga Jangan Minum Air Dingin


Pernakah Anda mendengar mitos ini, bahwa jangan meminum air dingin sehabis berolahraga karena bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Menurut ahli gizi, minum air dingin setelah berolahraga sebenarnya tidak dilarang.


Ada Beberapa Mitos Minum Air Dingin/Foto: blog.cmsyn.lt

Meski begitu, air dingin yang dikonsumsi sehbais berolahraga ternyata bisa membuat tubuh sedikit terkejut. Sebab, setelah berolahraga, biasanya semua saluran dan pembuluh darah terbuka. Minum air dingin bisa memicu shock sedikit. Tetapi tidak ada larangannya.


Minum Air Dingin Bikin Perut Buncit


Ini juga mitos yang banyak beredar di masyarakat. Anda mungkin pernah mendengar mitos ini atau bahkan meyakini nya bahwa mengonsumsi air dingin akan membikin perut jadi buncit. Benarkah?


Ternyata ahli gizi mengungkapkan bahwa air dingin tidak berpengaruh terhadap perut buncit. Sebab, ketika air dingin tersebut masuk ke lambung, air akan bercampur dengan makanan dan cairan lainnya menjadi asam lambung. Kecuali bila jenis minuman nya adalah yang manis-manis semisal es teh manis, itu lain cerita.


Jadi, kesimpulannya, tidak perlu takut meminum air putih, meskipun dingin. Asal tidak berlebihan. Dan yang jelas, air adalah kebutuhan pokok bagi tubuh manusia. Dengan meminum air putih yang cukup, akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.


Semoga bermanfaat