Miris, Inilah 5 Jenis Kelainan Kulit yang Belum Banyak Orang Tahu

Miris, Inilah 5 Jenis Kelainan Kulit yang Belum Banyak Orang Tahu

Ichythyosis berasal dari kataYunani kuno , ichthys yang berarti ikan. Ichthyosis adalah kelainan genetik pada kulit yang memiliki ciri kulit kering, menebal, bersisik bahkan ada beberapa jenis yang retak dan menyerupai sisik ikan.



Gambar: huffingtonpost.co.uk


Ada beberapa jenis kelainan pada kulit ini, yang dapat dibedakan melalu bentuk/ penampilan dan penyebab genetik. Berikut ini beberapa jenis Ichthyosis atau kelainan genetik pada kulit.


Lamellar ichthyosis



Gambar: prezi.com


 adalah kelainan kulit yang langka diwariskan. Bayi yang dilahirkan akan terlihat lapisan luar seperti lilin mengkilap pada kulit. Dengan bertambahnya usia penderita, luasnya cenderung terkonsentrasi di sekitar sendi di daerah seperti pangkal paha, ketiak, bagian  dalam siku dan leher.


Ichthyosis hystrix


 
Gambar: ijpd.in


adalah adalah gangguan kulit yang langka yang ditandai dengan nampaknya  seperti sisik berduri. Penyakit ini ditandai dengan adanya duri yang menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan alat kelamin, telapak tangan dan telapak kaki.


Ichthyosis bulosa


 
Gambar: lacasamorett.com


adalah gangguan kulit yang langka. Pada penyakit ini gejalanya yang terlihat umumnya lebih ringan. Kulit tampak merah seperti terbakar matahari. Setelah beberapa minggu pertama kemerahan menghilang dan digantikan oleh kulit kering, kulit mengelupas dari kaki, tangan dan di sekitar pusar tapi pada daerah lain kulit akan tampak normal. Kulit akan rapuh dan rentan terhadap terik matahari. penampilannya bergerigi pada lutut, pergelangan tangan dan siku. Bau akan tercium sediki amis.


Ichthyosis Vulgaris



Gambar: kaltim.tribunnews.com


Ichthyosis vulgaris adalah gangguan kulit yang menyebabkan kulit kering dan bersisik. Ini bentuk yang paling umum dalam ichthyosis. Biasanya merupakan penyakit bawaan. Gejalanya tidak timbul pada saat lahir dan umumnya berkembang antara 3 bulan dan 5 tahun. Gejala akan meningkat tergantung usia penderita dan terkadang bertambah parah dalam umur yang lebih tua.
Kondisi ini tidak mengancam jiwa penderita. Orang yang menderita kasus ringan memiliki gejala adanya sisik pada kaki dan tangan beruspa sisik kasar.


Ichthyosis Harlequin



Gambar: globalgenes.com


adalah bentuk yang paling parah, Pada penyakit ini, kulit memiliki lapisan yang tebal, berbentuk seperti berlian dan kecenderung kemerahan. Selain itu, mata, telinga, penis mungkin akan tampak  tidak normal. Karena sangat bersisik maka ini membatasi gerakan anak. Kulit yang pecah-pecah akan melipat dan ini sangat memudahkan bakteri untuk masuk sehingga resiko terjadinya infeksi yang serius.


yuk, jangan lupa di Like dan Share sebagai bentuk dukungan kita kepada para penderita penyakit kulit tersebut.


Semoga bermanfaat