Ads Top

Lakukan Kiat Ini Agar Gizi Sayuran Tak Hilang Ketika Dimasak


mamachronicles.typepad.com

Salah satu cara untuk menerapkan pola hidup sehat adalah dengan rajin mengkonsumsi sayuran. Ini karena sayuran merupakan sumber vitamin, mineral dan serat pangan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa vitamin yang banyak terdapat dalam sayuran adalah vitamin C dan B komplek. Beberapa sayuran juga merupakan sumber bagi vitamin A, D, dan vitamin E.


Namun cara yang tidak tepat dalam mengolah dan memasak sayuran dapat mengurangi kandungan gizi di dalamnya. Untuk menghindari hal tersebut, lakukan beberapa kiat berikut ini agar dapat meminimalkan kerusakan gizi pada sayuran yang dimasak :


1. Ketika mencuci sayuran sebaiknya dilakukan pada saat belum dipotong-potong, agar tidak banyak menghilangkan zat gizi.
2. Lebih baik memotong sayuran dengan ukuran yang agak besar.
3. Ketika memasak dengan air, usahakan hanya menggunakan sedikit air. Bila jenis masakan sayuran berkuah, makanlah sayur dengan kuahnya.
4. Memasukkan sayuran ke dalam panci sebaiknya dilakukan jika air telah mendidih untuk memperpendek kontak dengan panas.
5. Gunakan minyak nabati untuk sayuran yang dimasak dengan cara ditumis. Masukkan sayuran kedalam wajan yang telah panas dan tutup sebentar. Setelah keluar uap, wajan dibuka agar warna sayuran tidak berubah. Penumisan sangat baik dilakukan untuk melarutkan vitamin A, D, E dan K pada sayuran, sehingga lebih mudah diserap di dalam tubuh.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.