Hati-hati! Inilah 3 Penyakit yang Sering Menimpa Seorang Penulis!

Hati-hati! Inilah 3 Penyakit yang Sering Menimpa Seorang Penulis!

Jurnalis FinJ 21


Sepintas jika kita melihat menjadi seorang penulis sangatlah menyenangkan. Selain terkenal, seorang penulis biasanya juga akan mendapatkan penghasilan ataupun bayaran dari karya yang dihasilkan, seperti contohnya penulis artikel. Penulis artikel akan mendapatkan bayaran berdasarkan jumlah view yang didapat.


Namun menjadi seorang penulis tak semudah yang dibayangkan oleh orang-orang. Resiko menjadi seorang penulis sangatlah besar, terutama untuk masalah penyakit. Penulis merupakan seseorang yang paling rentan terhadap penyakit. Hal ini akan terjadi jika penulis lalai dalam menjaga kesehatannya. Padahal kesehatan merupakan satu hal yang paling dibutuhkan dalam hidup. Berikut adalah ketiga penyakit yang sering menimpa seorang penulis.


1. Pikiran Jenuh


Jurnalis FinJ 21-1


Terlalu banyak menulis tentunya dapat membuat pikiran menjadi jenuh. Penyakit ini sering menimpa para penulis pemula yang masih memiliki semangat menulis yang cukup tinggi. Namun hal ini sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Terlalu ambisi untuk menulis dalam jumlah yang sangat banyak dapat membuat pikiran menjadi jenuh.


Latihlah kemampuan menulis kamu sebelum kamu memutuskan untuk menulis dalam jumlah yang banyak. Hal ini dilakukan agar kemampuan menulis kamu bertambah dan pikiran kamu tidak jenuh ketika menulis nantinya. Jika pikiran sudah mulai jenuh, semangat dan keinginan menulis pun tentunya juga akan berkurang.


2. Kurang Percaya Diri


Jurnalis FinJ 21-2


Kurang percaya diri merupakan salah satu penyakit yang sering menimpa penulis. Hal ini disebabkan karena penulis lebih banyak menghabiskan waktunya di depan monitor. Alhasil, pergaulan di lingkungan masyarakat pun akan berkurang dan rasa kepercayaan diri akan terganggu.


Untuk mengatasi hal ini, kamu harus membagi waktu antara menulis dengan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Kamu tidak diharuskan untuk menulis full selama seharian. Buatlah jadwal-jadwal tertentu untuk kamu menulis. Kamu bisa menulis pada waktu-waktu luang yang kamu miliki. Hal ini dilakukan agar rasa kepercayaan diri kamu tidak akan berkurang bahkan terganggu nantinya.


3. Masuk Angin


Jurnalis FinJ 21-3


Dua kesalahan yang paling sering dilakukan oleh seorang penulis yaitu menunda waktu makan dan tidur terlalu larut malam. Hal ini tentunya dapat membuat kesehatan menurun. Jika kesehatan sudah mulai menurun, kemampuan menulis juga tentunya tidak akan stabil. Alhasil, penulis seperti ini akan sering terserang penyakit masuk angin.


Penulis yang cerdas tentunya dapat menyeimbangkan waktu makan dan tidur secara teratur. Karena penulis membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup agar kesehatan seorang penulis dapat terjaga dengan baik. Hal ini dilakukan agar penulis dapat menghasilkan karya yang berkualitas dengan kondisi kesehatan yang baik. Itulah 3 penyakit yang sering menimpa seorang penulis. Jadilah penulis yang cerdas agar terhindar dari ketiga penyakit di atas. Karena apapun ceritanya, kesehatan merupakan hal yang sangat diutamakan dalam hidup.


Semoga bermanfaat