Dampak Penggunaan Headset Secara Berlebihan

Dampak Penggunaan Headset Secara Berlebihan

Mendengarkan musik melalui Earphone/Headphone atau lebih sering disebut Headset merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tapi bukan berarti tidak menimbulkan efek samping bagi penggunanya, ternyata ada beberapa efek yang dapat dirasakan apabila pemakaiannya secara berlebihan.


pexels-photo-351073


Perbedaan antara Earphone dan Headphone


Meskipun fungsinya sama tapi ada sedikit perbedaan diantara keduanya. Earphone bentuknya lebih kecil dan dibuat pas untuk lubang telinga, sedangkan Headphone bentuknya lebih besar dan biasanya akan ikut menutupi daun telinga. Earphone lebih cepat berdampak dibanding Headphone, karena earphone sangat rapat di lubang telinga.


Berikut adalah beberapa dampak yang  dapat timbul


1. Kerusakan Permanen pada telinga. Ketika kamu tidak kuat lagi mendengarkan volume tinggi pada headset, bisa jadi itu tanda kerusakan pada telinga.


2. Budeg di Usia 20-an. Efeknya memang tidak langsung kelihatan, namun akan terasa diusia 20an.


3. Gelombang elektromagnetik dari headset disinyalir juga berdampak pada otak. Karena telah terbukti pada seekor tikus. Walau belum diketahui efek pastinya kepada otak manusia, namun kamu harus tetap waspada.


4. Ambang pendengaran menurun. Pengaruhnya tidak langsung dirasakan, tapi secara berangsur-angsur.


5. Pada beberapa kasus, banyak yang merasakan timbulnya benjolan-benjolan kecil mirip jerawat disekitar telinga.


Cara menghindari


1. Hindari menggunakan Headset pada tempat ramai, sebab akan membuatmu menaikkan volume ke ambang batas, sebab keramaian sekitar.


2. Lebih baik menggunakan Headphone dari pada Earphone, alasannya sudah jelas diatas.


3. Jangan menggunakan Headset pada saat tidur, karena secara tak sadar kamu akan terus mendengar musik sampai kamu terbangun. Bahkan di beberapa kasus, menggunakan Headset pada saat tidur dapat merenggut nyawa seseorang.


4. Batasi pengguanaan Headset. Lebih baik bila meninggalkan kebiasaan tersebut.


Semoga bermanfaat