Ads Top

Bahayanya Sering Menahan Pipis, Bisa Timbulkan Penyakit Mengerikan Ini


Tanda Penunjuk Tiolet (Foto: photocase.com)

Banyak orang yang tak sadar bahwa kebiasaan- kebiasaan kecil bisa berdampak besar bagi kehidupannya. Padahal dari kebiasaan itulah yang membentuk karakter seseorang dalam hidupnya. Tak hanya itu, kebiasaan juga bisa mempengaruhi fisik bahkan jika itu kebiasaan buruk maka bisa menjadi penyakit. Salah satunya yang sering dilakukan adalah menahan pipis.


Sejumlah penelitian kesehatan menyebutkan bahwa menahan pipis terlalu lama dan sering bisa menggangu sistem pencernaan dan kinerja ginjal.


1. Infeksi Ginjal


Air seni yang seharusnya segera dibuang jika tertahan lama di kandung kemih maka bakteri pada air seni bisa menyebar kembali ke ginjal dan menyebabkan infeksi.


Gambaran kondisi kandung kemih

2. Infeksi Kandung Kemih


Daya tampung kandung kemih tidaklah terlalu besar. Seyogianya air seni yang harusnya terbuang harus segera dikeluarkan untuk memberi ruang air seni baru yang baru disaring oleh ginjal. Jika air seni menumpuk dalam kantung kemih maka akan menggangu kinerja organ tersebut. Bakteri di dalam air seni juga bisa menyebabkan infeksi pada kandung kemih.


3. Nyeri Kandung Kemih


Infeksi pada organ pembuangan yang teralalu lama dibiarkan bisa timbulkan nyeri perut.


4. Batu Ginjal


Keseringan menahan pipis juga ternyata bisa jadi pemicu terjadinya batu ginjal.


5. Gagal Ginjal


Bakteri yang terlalu lama menumpuk pada ginjal bisa merusak sel- sel ginjal hingga mengakibatkan terganggunya kinerja pada ginjal.


Ginjal memang berfungsi menyaring racun tubuh. Namun jika kelebihan beban kerja, kinerja ginjal bisa terganggu dengan timbulnya infeksi. Terlalu sering dibiarkan maka penyakit yang lain pun bisa bermunculan, seperti gangguan pencernaan, batu ginjal, bahkan gagal ginjal. Mulailah hidup sehat dengan menghindari kebiasaan- kebiasaan buruk. Meski kecil, tapi bisa berdampak besar untuk kehidupan.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.