Ads Top

Aneh, Inilah Iklan Masa Lalu Indonesia Paling Konyol


Foto : tanyakenapa.com

Iklan adalah media yang paling efektif untuk memperkenalkan suatu produk yang akan di pasarkan ke masyarakat. Bukan hanya pada masa sekarang saja iklan itu ada, namun jauh dimasa lalu, iklan juga telah dikenal oleh masyarakat, namun tentu saja dalam bentuk dan media yang lebih terbatas jumlahnya.


Seperti yang kita lihat pada gambar diatas, adalah sebuah gambar iklan yang terbit dimasa lalu. Walaupun tidak jelas kapan dan dimana iklan ini diterbitkan, namun dari gaya bahasa dan tampilan iklannya, dapat kita yakini bahwa iklan ini berasal dari masa ketika kita masih berstatus negara jajahan Belanda. Apalagi terdapat sebaris bahasa Belanda yang tertulis disana.


Tapi ya ampuun,ini produk apa ya ? Tak pernah terbayangkan di fikiran kita bahwa pernah ada produk yang seperti ini.


Iklannya berjudul Botol Cebok Untuk Buang Air Besar. Dengan iklan yang didominasi warna dasar kuning, terdapat gambar seorang wanita yang sepertinya sedang (maaf) buang air besar, dengan latar belakang air yang tercurah dari sebuah botol.


Namun yang paling aneh dan menggelikan, terdapat tulisan peringatan yang berbunyi Awas, berbahaja botol dimasukkan dalam (maaf) lobang pantat.


Sedangkan pada bagian berikutnya dituliskan bahwa komposisi produk ini terdiri dari air belanda dan ekstrak pandan. Selanjutnya dituliskan juga peringatan lainnya yaitu Awas bukan air minum. Cebok hanya dengan tangan kiri


Iklan ini kemudian di tutup dengan sebaris bahasa Belanda  yang berbunyi Na gebruik vingers aan de muur afvegen!, yang untuk ini tidak dipahami apa maksudnya.


Maka jika dilihat dari judul dan komposisi produk yang tertera diiklan berupa air dengan ekstrak pandan, maka dapat kita perkirakan bahwa produk ini adalah semacam produk untuk kebersihan badan, terutama pada saat buang air besar. Hal ini dapat kita maklumi bahwa pada zaman itu, tidak semua orang mempunyai fasilitas WC untuk buang hajat seperti yang kita miliki saat ini.


Pada akhirnya, apapun juga bentuk dan kegunaan produk ini, kita patut bersyukur dilahirkan pada zaman yang telah modern seperti saat ini, dengan fasilitas untuk hidup yang lebih layak dan lebih higienis, sehingga tidak memerlukan lagi produk-produk ajaib seperti ini.


Atau jangan-jangan anda masih berminat untuk mencoba menggunakanya.??


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.