Ryohoji Kuil yang Menggabungkan Unsur Agama dengan Anime

Ryohoji Kuil yang Menggabungkan Unsur Agama dengan Anime

1


Jepang selama ini dipandang sebagai negara maju yang tetap bisa mempertahankan kehidupan budaya mereka. Namun, akhir-akhir ini tampaknya pandangan itu perlu direvisi kembali. Mungkin akibat kemajuan teknologi dan kesibukan yang tanpa henti, banyak anak muda Jepang merasa malas untuk pergi ke kuil atau vihara (temple). Untuk mengatasi hal tersebut, sebuah kuil di Tokyo bernama Ryohoji di distrik Hachioji yang dibangun pada abad 16, telah menggabungkan unsur agama Budha dengan anime yang sangat digemari para Otaku (penggila anime dan teknologi).


2


Tak tanggung-tanggung, para biksu di kuil itu mulai menggunakan gadis-gadis moe karakter anime yang seksi dan imut untuk mempromosikan kuil tersebut. Mereka meletakkan tanda baru di bagian pintu masuk dengan gambar gadis moe menjelaskan mengenai denah kuil. Kuil tersebut lalu menjadi destinasi wisata utama bagi otaku sehingga dikenal sebagai moe-dera (kuil moe). Para biksu bahkan membuat situs internet yang sangat bernuansa anime, untuk menarik para generasi muda datang sekadar berdoa atau mempelajari budaya. Bahkan setiap akhir pekan, kuil tersebut membuka kafe di tenda-tenda yang dikelola oleh gadis-gadis imut (moe). Selama bertugas, para kawaii kanojo tersebut mengenakan seragam maid yang sering muncul dalam anime. Sejak itu, jumlah pengunjung meningkat drastis-terutama para remaja lelaki tentunya.


Biksu Kepala kuil Ryohoji, Biarawan Shoko Nakazato, mengatakan bahwa, perubahan ini berdampak positif. Saya berasal dari generasi yang tumbuh menyaksikan anime di televisi dan membaca manga. Meskipun saya tidak hobi membaca manga atau menonton anime, saya tidak pernah menentang budaya pop ini. Dengan memanfaatkan keduanya, saya ingin memberitahu orang bahwa, kuil adalah tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi, katanya dengan yakin.


Merchandise


Sebagai pelengkap, orang-orang cerdas dari Ryohoji memunculkan figur moe resmi dari Benzaiten. Benzaiten (Baiten) merupakan Dewi Buddha Jepang yang aslinya merupakan Dewi Hindu bernama Sarasvati. Figur setinggi 21 cm itu merupakan sebuah model dengan skala 1/8. Figurin ini bisa dibeli melalui situs resmi Ryohoji secara terbatas dengan harga 12.960 yen (US$119). Perlu diketahui, ini bukan gebrakan unik pertama dari kuil anime itu. Mereka juga meluncurkan game smartphone bertema Buddha beberapa waktu silam. Sebuah kreativitas yang patut dikagumi!


Semoga bermanfaat