Rambut Mudah Rontok di Usia Muda Ternyata Ini Penyebabnya

Rambut Mudah Rontok di Usia Muda Ternyata Ini Penyebabnya

penyebab rambut rontok


image: webmd.com


Secara tak terasa terkadang pertumbuhan rambut kerap sekali mengalami masalah. Bahkan tidak hanya orang tua saja yang mengalami kerontokan rambut hingga sampai terkikis habis, dan terjadilah kebotakan. Akan tetapi kaum muda pun juga memungkinkan untuk mengalami kerontokan rambut semacam ini, baik laki-laki maupun perempuan.
Namun perlu Anda perhatikan, bahwa ada juga beberapa faktor yang menjadi penyebab rambut di kepala mengalami gangguan, dan mudah sekali rontok. Terjadinya kerontokan rambut ini memang sudah melampaui batas wajar, serta cukup mengganggu kesehatan rambut itu sendiri.


Berikut penyebab rambut mudah mengalami kerontokan di usia muda :


1. Efek Samping dari Obat-obatan
Penyebab rambut mudah sekali rontok juga bisa dipengaruhi oleh efek samping akan obat-obatan tertentu. Permasalahan semacam ini sering kali ditemukan pada jenis obat resep alergi, yang memicu kerusakan protein pada rambut, atau kerap dikenal dengan istilah keratin rambut. Maka dari itu, bilamana anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, kemudian rambut mulai mengalami masalah, segeralah untuk menanyakannya ke dokter agar mendapat keterangan secara gamblang.


2. Tingkat Stres Tinggi
Berdasarkan pakar Anti-aging, telah banyak dituturkan bahwa salah satu penyebab kerontokan pada rambut, kerap kali dikarenakan oleh tingkat stres tinggi pada diri seseorang. Sehingga untuk menangani persoalan semacam ini, setidaknya memiliki treatment khusus untuk mengurangi tingkat stres secara efektif. Seperti menjadikan diri untuk lebih tenang dalam menghadapi masalah, meluangkan waktu untuk merefresh diri, dan lainnya.


3. Makanan Tertentu yang Dikonsumsi
Pada Umumnya, banyaknya jenis makanan yang hanya meningkatkan kadar hormon estrogen juga sangat memengaruhi akan keseimbangan kesehatan rambut. Untuk menanggulangi hal itu, setidaknya bisa mengubah pola makan sehat. Seperti mengonsumsi ragam makanan mengandung vitamin B6 dan E, untuk merangsang mikro sirkulasi rambut anda. Selain itu, memperbanyak olahraga juga patut diterapkan untuk menyehatkan sistem metabolisme tubuh.


4. Gaya Hidup Dan Lingkungan
Kesehatan rambut yang terganggu dapat dipengaruhi oleh keberadaan lingkungan yang tak sehat pula. Semisal ketika kondisi cuaca panas, ditambah lagi dengan kondisi lingkungan kotor. Maka sebaiknya anda menggunakan penutup rambut kepala, agar tidak sampai terpapar sinar matahari secara langsung. Di sisi lain, menerapkan gaya hidup sehat akan menjadikan rambut tetap terawat dengan baik.


Semoga bermanfaat