Ads Top

Penyakit Myiasis Belatung Hidup di Tubuh Manusia


belatung-pada-tubuh2


Banyak orang menganggap bahwa Belatung adalah salah satu binatang paling menjijikkan di dunia. Belatung dapat berkembang dan hidup pada bangkai hewan, makanan dan benda lainnya yang sudah membusuk. Pada umumnya, binatang yang berwarna putih dan kuning ini tumbuh dengan memakan sel di mana binatang tersebut hidup.


Myiasis adalah penyakit infeksi yang menyerang tubuh manusia. penyakit ini cukup mengerikan karena dapat merusak sekaligus memakan jaringan sel pada tubuh. Kerusakan pada tubuh manusia tersebut diakibatkan oleh keberadaan larva lalat atau sering juga disebut belatung dipter sub ordo cyclorrapha yang disebarkan oleh lalat berjenis fleshflies, blowflies dan botflies. Seperti yang kita ketahui, lalat termasuk binatang yang banyak menyebarkan berbagai jenis penyakit. Lalat dapat bertelur hingga 150 buah dalam rentang waktu 4 hari.


belatung-pada-tubuh


Penyebaran penyakit myiasis dapat muncul melalui berbagai cara seperti:
Luka Pada Tubuh
Lalat yang hinggap di luka pada tubuh manusia akan bertelur, apabila luka tersebut dalam kondisi kotor dan lembap maka telur tersebut akan menetas sehingga menjadi larva atau belatung.
Makanan & Minuman
Makanan yang telah dihinggapi lalat tidak layak untuk dimakan karena bisa saja lalat telah bertelur pada makanan atau minuman tersebut.
Nyamuk
Nyamuk yang sebelumnya pernah di serang oleh lalat biasanya juga dapat menjadi penyebab munculnya penyakit myasis. Ketika lalat menyerang, ia akan meletakkan telur di tubuh nyamuk dan ketika nyamuk menghisap darah maka telur tersebut dapat berpindah ke tubuh manusia.


bisul-pada-kulit-manusia


Dalam jangka panjang, larva atau belatung tersebut tidak hanya memakan sel mati namun juga sel hidup pada tubuh manusia. Itulah mengapa pada beberapa kasus, belatung dapat merusak organ tubuh manusia bahkan menyebabkan kematian.


Pengobatan bagi mereka yang terkena penyakit myasis biasanya ditangani oleh dokter. Namun untuk menjaga agar terhindar dari penyakit ini maka penting bagi kita untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Jambu biji, jambu air, nangka dan belimbing adalah jenis buah yang dapat menyimpan larva telur lalat oleh karena itu pastikan bahwa buah-buahan tersebut bersih sebelum dikonsumsi.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.