Langka! 5 Senjata Tradisional Berseni Tinggi yang Hampir Tertelan Zaman

Langka! 5 Senjata Tradisional Berseni Tinggi yang Hampir Tertelan Zaman

images


1. Pisau belati


Tentunya kita bertanya-tanya senjata apa itu?  Senjata yang berasal dari papua yang hampir punah.  Pisau Belati terbuat dari tulang burung Kasuari lengkap dengan bulunya sebagai hiasan. Burung Kasuari tergolong hewan dilindungi sebab itu pembuatan senjata Pisau Belati terbatas.


Senjata khas Papua ini biasanya digunakan untuk berperang dan berburu untuk menyambung hidup meraka,  senjata Stadisional yang sangat langka dan sulit ditemui ditempat umum.  Bahkan para Wisatawan ketika mengunjungi Papua sangat ingin sekali memiliki Pisau Belati ini sebagai barang koleksi.


Mandau-1-1


2. Mandau


Senjata Tradisional khas Suku Dayak Kalimantan sangat Unik dan Sangat Artistik yang sangat mirip dengan Pedang namun Mandau sedikit ada Gerigi diujungnya.


Senjata yang sangat mendunia tak ayal sangat banyak yang ingin memilikinya sebab kelangkaan dan juga multifungsi. Tentunya kita ingat tentang kejadian beberapa tahun silam yaitu perang antar suku Dayak dan Madura,  mandau yang digunakan suku dayak untuk berperang dan juga berburu. Semoga kejadian perang antar suku tidak terjadi lagi Di Indonesia agar negara kita semakin baik.


piso surit3. Piso Surit


Senjata tradisional berasal dari Sumatra Utara pada era 1900-an ini sangat langka kita jumpai di masa sekarang. Biasanya digunakan oleh para perampok untuk memulai aksinya mendapatkan mangsa, bentuk yang kecil dan sangat tajam serta mudah dibawa membuat Pisau Surit adalah salah satu keuntungan bagi para perampok daerah Sumatra bagian utara memilih senjata ini.


2-Kujang<


4. Kujang


Orang Sunda tentu sangat tidak asing dengan senjata tradisional yang satu ini. Bentuk yang sangat unik dan berseni tinggi, dulu Kujang mempunyai berbagai macam kegunaan dari bertarung, sebagai pegangan untuk menjaga diri dan masih banyak kegunaan dari Kujang. Akan tetapi di jaman sekarang senjata tradisional ini sangat langka, yang dulunya mempunyai berbagai fungsi sekarang hanya sebatas untuk barang Antik yang dikoleksi.


parangsalawaku


5. Parang Salawaku


Senjata tradisional yang terakhir kali ini berasal dari Maluku yang tentunya hampir punah ditelan Zaman dan kalah dengan senjata modern saat ini. Terdapat tatto indah menyelimuti wadah Parang Salawaku, senjata yang digunakan berperang oleh orang Maluku serta tak jarang digunakan untuk tindak Kriminal. Kelangkaan Parang Salawaku membuat para kolektor benda langka barani merogoh kantong demi mendapatkan Senjata Tradisional ini.


Itulah berbagai macam Senjata Tradisioanal yang Asli dari Indonesia yang langka serta harus dijaga keberadaannya agar tidak punah, senjata apa lagi di daerah sahabat nulis yang menurut kalian langka dan perlu dilestarikan?


Semoga bermanfaat