Jangan Percaya 3 Mitos Diabetes yang Menyesatkan Ini

Jangan Percaya 3 Mitos Diabetes yang Menyesatkan Ini

diabetes_istock_000034390542_xxxlarge


Biasanya seseorang yang divonis menderita diabetes akan mengurangi makanan yang susah untuk ditelan. Misalnya, roti dan biji-bijian. Tak jarang pula dari mereka yang termakan oleh mitos yang belum tentu benar. Sebagai contoh, orang yang terkena diabetes disebabkan oleh banyaknya makan makanan manis sehingga terjadi komplikasi.


Untuk meluruskan mitos yang belum tentu benar, berikut ini tiga mitos salah tentang diabetes yang dilansir dari steptohealth.com:


1. Memperbanyak Pengunaan Insulin


Insulin


Tidak semua penderita diabetes harus menggunakan insulin. Hanya penderita diabetes tipe 1 saja yang menggunakan Insulin, sementara penderita tipe 2 tidak harus. Karena untuk mengurangi kadar gula dalam darah serta meningkatkan insulin dalam tubuh penderita diabetes tipe 2 cukup dengan mengkonsumsi obat saja.


2. Tidak Boleh Makan Makanan yang Mengandung Karbohidrat


Makan Karbohidrat


Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat menang tidak baik. Tapi bukan berarti tidak boleh mengkonsumsinya. Kamu masih bisa mengkonsumsi karbohidrat, tapi dalam kapasitas yang kecil. Akan lebih baik jika kamu bertanya kepada ahli gizi untuk menentukan jumlah karbohidrat yang dapat kamu konsumsi.


3. Terlalu Banyak Konsumsi Gula Menyebabkan Diabetes


Sugar


Mitos ketiga ini paling menyesatkan. Banyak peneliti yang membuktikan jika diabetes tidak disebabkan karena terlalu banyaknya mengkonsumsi gula. Namun, diabetes disebabkan karena bercampurnya kadar karbohidrat dan gula dalam tubuh yang berlebihan.


Nah, itu dia mitos tentang diabetes yang salah. Agar terhindar dari penyakit ini biasakan untuk hidup sehat.


Semoga bermanfaat