Jangan Abaikan, Ini Tips Jitu Rawat Gigi Sensitif

Jangan Abaikan, Ini Tips Jitu Rawat Gigi Sensitif

sumber: itsmiles.com

Setiap orang tentu memiliki masalah kesehatan terlebih untuk urusan gigi dan mulut. Misalnya saja, gigi berlubang, gusi bengkak, sariawan atau gigi sensitif.  Faktor pemicu utama, biasanya makanan atau minuman tertentu, kurangnya perawatan berkala, serta cara menyikat gigi yang salah. Salah satu masalah yang juga banyak ditemui di masyarakat adalah gigi sensitif di mana terjadi penipisan pada lapisan email sehingga lapisan tengah gigi yang disebut dengan dentin terbuka. Jika gigi yang terbuka ini terkena rangsang dari makanan atau minuman yang panas, dingin, manis, atau asam akan timbul rasa ngilu yang mengganggu. Dilansir Boldsky.com, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:


Pilih sikat gigi yang tepat


sumber: wonderlopolis.org

Pertama-tama, untuk gigi sensitif pilihlah sikat gigi yang tepat. Rekomendasi Asosiasi Dental Amerika untuk gigi sensitif adalah bulu-bulu sikat yang lembut. Pastikan  pula, kamu mengganti sikat gigi selama 3 bulan sekali untuk menghindari terjadinya penumpukan kuman dan bakteri.


Obat kumur


sumber: studiodentaire.com

Penggunaan obat kumur (mouthwash) dengan formula yang tepat juga dapat membantu merawat gigi sensitif. Namun, tetap waspada memilih jenis obat kumur, pastikan tidak mengandung alkohol, karena dapat semakin membuat kondisi gigi sensitif parah. Pemakaian obat kumur setelah menyikat gigi sebetulnya dapat mencegah kerusakan gigi dan mengusir bakteri yang mungkin masih tertinggal di lidah dan gusi yang sulit dijangkau sikat gigi.


Sikat lidah


sumber: electricteeth.co.uk

Tak hanya gigi yang berpotensi dihinggapi kumpulan bakteri, namun juga lidah. Ketika kamu selesai membersihkan gigi, jangan lupa sikat lembut bagian lidah. Selain akan mengusir bakteri, juga akan membuat napas lebih segar. Pastikan mengonsumsi makanan dan minuman yang aman bagi gigi dan menjaga kesehatan gigi dan mulut.


Semoga bermanfaat