Ads Top

Inilah Nasihat Rasulullah Dalam Memilih Calon Istri


wedding


Dalam kehidupan rumah tangga, istri merupakan jantung bagi rumah. Memilih istri yang tepat, tentu akan membawa kepada biduk rumah tangga yang tentram dan bahagia. Belum lagi, mereka juga akan menjadi seorang ibu yang mendidik generasi-generasi penerus. Ditangan merekalah terbentuk karakter-karakter anak yang cerdas dan memiliki akhlak yang baik.


Karena itulah, memilih istri tidak bisa sembarangan. Memang benar, ada berbagai pesona dalam diri wanita yang dapat menggugah laki-laki. Ada laki-laki yang menikahi wanita karena kecantikannya, harta, dan kedudukan keluarga wanita tersebut di masyarakat. Namun Rasulullah sudah memberi banyak nasehat yang dapat kita jadikan pedoman ketika memilih calon istri :


Ibnu Majah meriwayatkan dari Abdullah bin Umar, ia berkata, Rasulullah bersabda,


Janganlah kamu menikahi wanita karena kecantikannya. Sebab boleh jadi kecantikannya itu justru membuatnya menjadi binasa. Janganlah kamu menikahi wanita karena hartanya. Sebab boleh jadi hartanya itu akan membuatnya durhaka. Tetapi nikahilah wanita karena agamanya. Seorang budak wanita yang telinganya berlubang lagi berkulit hitam namun taat beragama, justru lebih baik.


Selain itu, Ibnu Majah meriwayatkan dari Abu Umamah, dari Rasulullah, bahwa beliau bersabda :


Tidak ada kebaikan yang dapat diambil manfaatnya oleh seorang mukmin setelah bertakwa kepada Allah daripada istri yang saliha. Apabila disuruh, ia menaatinya. Apabila dipandang, ia menyenangkannya. Jika suaminya memberi bagian, ia menerimanya dan jika suami tidak disampingnya, ia menjaga diri dan harta suaminya.


Rasulullah juga menganjurkan menikahi wanita mudah melahirkan dan memiliki sifat penuh kasih sayang. Seperti yang dapat disimak dari Abu Dawud meriwayatkan dari Muaqqil bin Yasar, Rasulullah telah bersabda :


Nikahilah wanita yang penuh kasih sayang dan banyak anaknya. Sesungguhnya aku senang kepadamu karena banyaknya umat.


Karena itu, penting untuk memilih wanita yang baik agama dan akhlaknya agar dapat menjadi istri serta ibu yang baik.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.