Bandara Hang Nadim, Bandara dengan Runway Terpanjang di Indonesia

Bandara Hang Nadim, Bandara dengan Runway Terpanjang di Indonesia

Bandara Hang Nadim

Bandar Udara Internasional Hang Nadim adalah bandara yang terletak di Kota Batam, provinsi Kepulauan Riau. Bandara Hang Nadim diresmikan dan mulai beroperasi pada 1 Februari 1984 dan melayani penerbangan Internasional pada 5 Januari 1990 hingga sekarang. Nama Hang Nadim sendiri diambil dari nama seorang Laksmana termahsyur di Kesultanan Malaka yaitu Laksmana Hang Nadim.


Bandara Hang Nadim Merupakan Bandara dengan Runway atau Landasan Pacu terpanjang Di Indonesia. Landasan pacu Bandara Hang Nadim memiliki panjang 4.025 meter mengalahkan bandara Soekarno-Hatta (3.660 m).Bahkan saking panjangnya landasan tersebut, Bandara Hang Nadim Dinobatkan sebagai Bandara dengan Runway terpanjang kedua di Asia mengalahkan bandara Changi Singapura dan Bandara Narita di Jepang (4000 m).


Foto Udara Bandara Hang Nadim @M Radzi desa/ Airliners.net

Bandara Hang Nadim Merupakan salah satu Pintu gerbang Internasional Di Indonesia Bagian Barat, Berbatasan langsung dengan Negara Singapura dan Malaysia. Bandara Hang Nadim dibuat pada masa kepemimpinan BJ Habibie Sebagai ketua Otorita Batam, merupakan salah satu Megaproyek di Batam Selain jembatan Barelang. Awalnya Bandara ini di anggap proyek yang gila karena saat itu penduduk kota Batam hanya sekitar 6000 jiwa. Namun, setelah mulai beroperasi, bandara Hang Nadim menjadi salah satu Bandara tersibuk di Indonesia.


Saat ini Bandara Hang Nadim memiliki daya tampung penumpang sebanyak 3.300.000 per tahun dan kapasitas apron dapat menampung 18 pesawat Boing-767. Rencananya fasilitas ini akan ditingkatkan lagi dan sedang dalam masa pembahasan oleh pemerintah.


Semoga bermanfaat