Ads Top

Wow! Inilah 10 Gedung Paling Tinggi di Dunia


Saat kita mengunjungi sebuah kota modern khususnya kota-kota metropolitan yang ada di luar negeri, satu hal yang menjadi pengalaman yang menarik adalah naik ke atas ketinggian dan melihat indahnya pemandangan kota yang di hiasi jajaran skyline atau gedung-gedung yang tinggi yang tampak mempesona.


Banyak kota-kota kelas dunia yang berlomba untuk terus membangun gedung tinggi di dunia sebagai simbol kebanggaan kota, sekaligus bukti kemajuan kota tersebut. Maka tidak heran kalau sekarang ini banyak gedung tertinggi yang siap ataupun dalam proses konstruksi yang akan menjadi salah satu gedung tertinggi di dunia. Inilah Gedung-gedung tertinggi di dunia.


1. International Commerce Center


International Commerce Center

Gedung ini berada di Hongkong dengan ketinggian 484 Meter dan terdiri dari 108 lantai. Yang spesial dari gedung ini, 98 persent penghuni gedungnya merupakan lembaga keuangan terkemuka di dunia. ICC Tower ini adalah bagian dari proyek Union Square yang dibangun di atas Stasiun Kowloon, pembangunan ini dimiliki dan di kembangkan oleh MTR Corporation Limited dan Sun Hung Kai Properties. Nama gedung ini sebelumnya adalah Union Square Phase dan nama ICC secara resmi di umumkan pada tahun 2005.


2. Shanghai World Financial Tower


Shanghai World Financial Tower

Bangunan ini mempunyai ketinggian 494 Meter, fitur yang paling khas dari desain bangunan ini adalah Apartur Trapezeum di puncak. Desain asli yang di tetapkan apartur yang melingkar berdiameter 46 untuk mengurangi tekanan dari tekanan angin. Namun desain awal ini mulai menghadapi protes dari beberapa orang China termasuk wali kota Shanghai yang menganggap terlalu mirip dengan matahari terbit desain bendera Jepang. Federson kemudian mengusulkan bahwa jembatan di tempatkan di bagian bawah apartur untuk membuatnya kurang melingkar. Dan yang lebih unik, jika diperhatikan bangunan ini menyerupai raksasa pembuka botol.


3. Taipe 101


Taipe 101

Taipe 101 ini menjulang tinggi 509 Meter, gedung dengan 101 lantai ini terletak di Taipe, Taiwan. Gedung ini berfungsi sebagai kantor dan pusat perbelanjaan. Gedung ini berdiri kokoh sejak tahun 2004, bangunan ini juga termasuk dalam jajaran salah satu bangunan berkelanjutan di dunia dan juga meraih prestasi LEED Platinum untuk operasional dan pemeliharaan gedung pada tahun 2011.


Berbentuk bagaikan Pagoda dengan susunan 8 tumpuk dari dasarnya. Bangunan ini juga memiliki makna dari namanya yang berarti hari pertama dalam tahun baru yaitu 1 Januari, oleh karena itu gedung ikonik Taiwan ini selalu meramaikan malam pergantian tahun baru dengan atraksi lampu menara yang di matikan. Kemudian di hidupkan berurutan dari 8 tumpukannya pada saat 8 detik menuju pergantian tahun dan di lanjutkan dengan pesta kembang api.


4. CTF Finance Center


CTF Finance Center

Pencakar langit setinggi 530 meter ini adalah simbol perdagangan dan kebudayaan yang menjulang di Pudong, Shanghai. Dari segi desain dan arsitektur dengan bentuk prisma yang mewakili simbol kuno yaitu surga dan dunia. Bentuk lonjong masing-masing menara lampu mengefisiensi dengan menggunakan lantai dasar untuk kantor, kemudian di bagian tengahnya untuk hotel. Tak hanya itu fitur yang paling menonjol adalah menara paling atas, terdapat lubang sebesar 164 kaki yang berfungsi untuk mengurangi tekanan angin besar.


5. Lotte World Tower


Lotte World Tower

Menara ini menjadi gedung pencakar langit tertinggi di semenanjung Korea, di dalam gedung setinggi 555 Meter tersebut terdapat beberapa proyek seperti ruko, kantor, hingga hotel bintang tujuh. Lotte World Tower di operasikan sebagai sebuah komplek termasuk perkantoran, fasilitas residensial hotel bintang enam dan observatorium. Observatorium ini akan menjadi salah satu daya tarik untuk wisatawan asing.


6. Ping An Finance Center


Ping An Finance Center

Gedung ini merupakan gedung tertinggi kedua di China, yang di peruntukan untuk perkantoran yang terletak di Shenzhen, Provinsi Guangdong. Ketinggian gedung ini mencapai 600 Meter, di arsiteki oleh Kohn Pedersen Fox. Gedung ini memiliki 115 lantai dan 4 lantai bawah tanah, dengan jumlah lift sebanyak 80 unit.


7. Abraj Al Bait Clock Tower


Abraj Al Bait Clock Tower

Gedung milik kementrian agama Islam ini berada di jantung kota suci bagi umat muslim yaitu Makkah, Arab Saudi. Gedung ini merupakan proyek Raja Abdul Aziz, menjulang dengan total ketinggian 601 Meter. Pembangunan yang di maksudkan untuk memberikan akomodasi yang nyaman untuk jamaah yang datang setiap tahunnya saat musim haji. Komplek Abraj Al Bait dengan menara jam Ikonik ini menghabiskan waktu 10 tahun dalam pembangunannya, menara jam yang ikonik pun berdiri di dalam komplek Abraj Al Bait, memegang rekor jam terbesar dan tertinggi di dunia. Jam ini kental dengan nuansa Islami dengan tepatnya tulisan Allah maha besar di sisi atas dan al-quran di sisi timur dan barat. Dipuncak menara terdapat sebuah mozaik bulan sabit emas seberat 35 Kg.


8. Shanghai Tower


Shanghai Tower

Shanghai Tower Memiliki ketinggian total 623 Meter, Shanghai Tower ini memiliki 121 lantai dengan di lengkapi elevator kecepatan 18 meter per detik. Arsitekturnya juga unik dengan mewujudkan prototipe baru, untuk sebuah gedung tinggi dan memiliki filosofinya tersendiri. Untuk melengkung dan menyerupai spiral menyimbolkan bangsa China yang dinamis dan modern. Shanghai Tower menawarkan restoran, toko dan kantor. Gedung ini memiliki sky loby sebagai pusat sosialisasi bagi penghuni dan pengunjung, hebatnya lagi gedung ini juga menjadi gedung berkelanjutan di dunia.


9. Burj Khalifa


burj khalifa

Burj Khalifa memang saat ini masih di nobatkan sebagai gedung tertinggi di dunia, namun daftar gedung tertinggi masa depan kali ini nama Burj Khalifa harus tergeser oleh Kingdom Tower. Burj Khalifa memiliki ketinggian 829 meter, menembus cakrawala kota Dubai dan memiliki 162 lantai yang didalamnya terdiri dari kantor, mall, apartmen, hingga hotel bintang tujuh yang super mewah.


10. Kingdom Tower


Kingdom Tower

Kingdom Tower merupakan maha karya terbaru milik kerajaan Saudi, yang akan menjadi gedung tertinggi di dunia yang dibangun di kota Jeddah. Gedung ini taksir memiliki ketinggian hingga 1000 meter, yang saat ini sudah dalam tahap pembangunan dan akan selesai seutuhnya menjadi sebuah gedung tertinggi di tahun 2019 mendatang.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.