Ads Top

Mau Bikin Telur Mata Sapi Sempurna Ternyata Ada Triknya Lho, Ini Dia!


Hello food lovers, jumpa lagi dengan Cesar disini. Kali ini, gue mau bagiin tips masak telor ceplok nih. Nah, ada yang suka masak telur mata sapi atau yang lebih dikenal sebagai telor ceplok enggak?


Terkadang, pas kita mau masak telor ceplok, kan sering tuh kita alami kuning telornya bergeser enggak tepat di tengah. Bahkan, terkadang pas mau digeser sedikit aja kuning telornya sampe pecah atau enggak bulet sempurna! Beuhh ngeselin banget kan pastinya.


Nah, ternyata, ada lho tips memasak telor ceplok agar kuning telornya pas di tengah dan enggak pecah pastinya. Apa sih tipsnya? Yuk, mari ikuti pembahasan gue tentang bagaimana tips memasak telur cipok, eh salah, telur ceplok maksud gue, hehehe dengan cara yang baik dan benar agar bagian kuningnya terletak pas di tengah dan yang melihatnya pun dijamin langsung ngiler pengen makan.


Telur mata sapi (ceplok). Sumber foto: tribunnews.com/lifestyle

Sekedar info aja nih guys, telur ceplok merupakan jenis masakan telur yang digoreng langsung tanpa diadoni (busyeett diadoni, lu kata kue kali, hahaha) dulu di dalam minyak atau di dalam rebusan air. Umumnya, kita menggunakan wajan cekung kan untuk memasak telur ceplok. Bukan seperti saat kita memasak fried egg alias telur ceploknya orang Barat (red: telor dadar kalo menurut bahasa gue mah) yang dimasak dengan menggunakan wajan datar.


Nah ternyata, dengan menggunakan wajan cekung inilah yang bisa membuat telur goreng buatan kita bisa bulat sempurna hasilnya. Terlebih lagi, minyak dan air yang digunakan untuk mematangkan telur ceplok harus cukup, setidaknya bisa menutupi telur walau tidak banyak. Kenapa harus begitu? ternyata ada tujuannya lho guys. Itu agar telur bisa matang sempurna dengan media penghantar panas (minyak dan air) yang pas jumlahnya.


Terlebih lagi nih ya guys, dengan penggunaan minyak dan air yang cukup dapat membuat telur yang kita masak juga jadi tidak mudah menempel ke panci ataupun wajan. Lalu, bagaimana cara memasaknya? Nah, untuk membuat telur ceplok biasa, kamu pasti sudah tau kan caranya.


Yup, pertama-tama, tentu saja panaskan minyak di api sedang hingga betulan panas. Ingat ya, panasin minyak, bukannya panasin motor ataupun mobil, apalagi panasin orang yang gampang marah, bisa gawat entar, hahaha Lalu, pecahkan telur (red: yaiyalah, masa biji orang mau elu pecahin, hehehe) langsung di atas minyak, bukannya diatas orang yang lagi tidur, bisa bangun entar, hehe


Nah, tahap selanjutnya, biarkan telur itu hingga terlihat bagian pinggir mengering dan balik telurnya. Ingat, balik telurnya, bukannya malah elu yang balik ke rumah! Itulah cara masak telur cipok (red: aduh, salah nulis melulu yak gue, gini nih akibat jomblo akut, maunya nyipok orang melulu, hehehe) telur ceplok maksud gue, dengan cara yang biasa.


Lalu, bagaimana caranya memasak telur ceplok agar kuning telurnya tetap di tengah. Berikut ini langkah-langkahnya. Nah, kalau mau masakanmu berhasil, perhatikan baik-baik semua langkah-langkahnya!


Pertama-tama, kita harus perhatikan jumlah minyak terlebih dahulu (red: inget, jumlah minyak bukannya jumlah mantan). Jangan terlalu banyak, namun juga jangan kekurangan. Apalagi, enggak pake minyak sama sekali, bisa gosong entar, hehe Nah, setelah minyak panas, pecahkan telur perlahan tepat di atas minyak panas agar kuning telur letaknya pas di tengah.


Cara memasak telur mata sapi (ceplok). Sumber foto: tribunnews.com/lifestyle

Seperti biasa, biarkan telur itu hingga bagian pinggirnya menjadi cokelat. Lalu, angkat telur tanpa harus dibalik. Soalnya, kalau kamu balik telurnya, kuning telurnya justru bisa pecah.


Nah, jika kamu ingin membuat telur ceplok rebus alias poached egg kalo bahasa kerennya, beginilah caranya. Pertama, tuang dahulu telur di dalam sendok sayur. Lalu, celupkan telur itu di air mendidih yang sudah diberi cuka. Sekali lagi ingat, celupin telornya, bukan jari loe, bisa melepuh entar, hehehe


Nah, agar hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan, gunakanlah telur yang baru dan masih segar. Telur yang segar rupanya memiliki tekstur telur yang masih kental sehingga tidak akan melebar ke pinggir-pinggir nantinya kalau di masak. Hasilnya, kuning telur akan paten letaknya, pas di tengah-tengah.


Nah, itulah cara mudah mengolah telur ceplok dengan tepat agar kuning telurnya pas di tengah. Telur ceplok seperti ini sebenernya juga udah enak disajikan begitu saja atau bersama kecap. Beuuhh mantaps.


Jika kuningnya matang sempurna, kita juga bisa mengolahnya dalam bumbu balado, gulai, semur, atau sup jika telurnya adalah telur ceplok rebus. Wao bikin laper kan? Nah, selamat mencoba ya guys, see you on the next article. Sayonara!


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.