Ads Top

Khusus Usia 40 Tahun Ke Atas! Hanya Lakukan 3 Olahraga Ini Agar Tak Berisiko


025726300_1497843963-093661800_1491222348-iStock_000010700894_small


Olahraga merupakan suatu aktifitas penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan olahraga dapat meningkatkan kapasitas fisik yang berguna dalam menunjang aktifitas fisik kita sehari-hari. Idealnya, dalam seminggu kita melakukan olahraga sebanyak 3 kali atau minimal selama 20 menit setiap hari.


Disamping kaitannya dengan upaya meningkatkan kapasitas fisik, olahraga juga berperan penting dalam pembakaran kalori di dalam tubuh. Hal ini berhubungan dengan makanan yang kita konsumsi setiap hari yang mengandung kalori dalam jumlah tertentu sehingga memerlukan pembakaran setiap harinya.


Berbagai jenis olahraga dapat kita jumpai setiap hari. Mulai dari olahraga permainan seperti sepak bola, futsal, badminton, voli dan lain sebagainya. Namun disamping itu ada juga olahraga yang sifatnya bukan permainan diantaranya adalah joging, renang, bersepeda dan yang lainnya.


Berkaitan dengan usia seseorang terutama diatas usia 40 tahun, tidak sepenuhnya semua jenis olahraga itu aman dan menyehatkan. Fungsi organ yang semakin menurun pada usia tertentu seperti jantung menjadi salah satu alasannya. Pada usia muda, olahraga permainan masih terbilang aman untuk rutin dilakukan. Namun menjelang usia lanjut harus lebih pandai dalam memilih jenis olahraga yang aman.


Berikut ini terdapat 3 jenis olahraga yang aman untuk Usia diatas 40 tahun.


1. Renang


Renang merupakan olahraga paling aman. Olahraga aerob ini mampu menghasilkan energi yang banyak bagi tubuh kita. Selain itu, olahraga air ini terbilang aman dari risiko serangan jantung.


2. Joging


Joging atau lari-lari kecil merupakan olahraga paling murah dan fleksibe dapat dilakukan dimanapun. Selain menghasilkan energi yang banyak, olahraga ini juga dapat membakar kalori dalam tubuh dengan efektif.


3. Bersepeda


Bersepeda merupakan olahraga yang sedang populer akhir-akhir ini. Manfaatkan olahraga ini diantaranya memperkuat otot betis yang dapat membantu mengembalikan darah ke jantung sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.