Ads Top

Hanya Serang Wanita, Waspadai Ragam Kanker Mematikan Ini



Kanker adalah penyakit yang menjadi momok menakutkan hingga saat ini. Dunia pengobatan memang lebih maju, namun tetap tak bisa menjadi jaminan penyakit ini bisa disembuhkan. Diantara sekian banyak jenis kanker, ada kanker yang hanya berpotensi menyerang wanita dan cukup berbahaya. Kanker apa sajakah itu? Yuk, kita simak di sini;


Kanker Payudara


Kanker payudara terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang abnormal yang tidak terkendali, artinya sel yang seharusnya mati malah tidak mati dan bahkan sel-sel baru terus tumbuh. Penyebab dari kanker payudara ini diantaranya: Faktor usia, riwayat keluarga, terkena radiasi pada bagian dada, pengaruh penggunaan hormon, kepadatan pada payudara, obesitas, mengkonsumsi alkohol, merokok, dan lainnya. Gejala yang bisa ditemui berupa keluar cairan dari puting susu, payudara membengkak dan menebal, adanya benjolan di bawah lengan, ruam pada kulit payudara, areola bersisik memerah dan bengkak.


Kanker Serviks


Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan kanker ganas yang menyerang wanita dan bisa menjadi pembunuh wanita nomor satu. Gejala yang diberikan oleh kanker serviks ini berupa kurus, pucat, mengalami keputihan yang disertai dengan darah dan bau yang terus menerus, Nyeri dan sesak pada perut bagian bawah, bengkak pada tungkai kaki, mengalami pendarahan saat berhubungan seksual. Faktor penyebabnya bisa karena berhubungan seksual di usia dini, gunta-ganti pasangan, sering melahirkan, terinfeksi penyakit HPV, merokok, mengkonsumsi alkohol, dan tidak menjaga kebersihan organ intim wanitanya.


Kanker Ovarium


Kanker ovarium atau kanker indung telur juga merupakan jenis kanker mematikan yang menyerang wanita dan menjadi penyebab kematian tertinggi wanita. Kanker ini menyerang ovarium (organ reproduksi wanita). Dan kanker ini sulit dideteksi dan baru disadari setelah memasuki stadium lanjut. Gejalanya berupa nyeri di perut, perut membesar, hilangnya nafsu makan dan sering merasa kenyang, perut kembung, pendarahan pada vagina, penurunan berat badan, sering muntah-muntah, dan sering merasa kelelahan serta pusing. Penyebabnya bisa karena penggunaan pil KB, sering mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi, merokok, kurang berolahraga, polusi, terpapar virus dan lainnya.


Kanker Endometrium


Kanker Endometrium atau kanker rahim ini menyerang rahim wanita dan bisa juga disebut pembunuh wanita nomor satu. Gejalanya yang sulit dideteksi yang mengakibatkan berlanjut pada stadium lanjut. Penelitian menyatakan bahwa ketidakseimbangan hormon menjadi penyebab kanker ini. Gejala umum yang dirasakan berupa sakit pada panggul, pendarahan pada wanita menopause, sakit saat berhubungan seksual, sakit saat buang air kecil, dan sering merasa kelelahan. Wanita dengan riwayat penyakit diabetes melitus, hipertensi dan obesitas lebih rentan terserang kanker rahim. Dan juga wanita yang belum pernah hamil dan pernah dikuret bisa juga terserang kanker rahim.


Kanker Kulit


Kanker kulit juga termasuk ke dalam jenis kanker yang berbahaya untuk wanita. Kanker kulit bisa terjadi karena adanya virus-virus penyebab kanker, materi genetis. Kandungan kimia yang berbahaya dalam kulit juga sinar matahari merupakan faktor penyebab dari luar tubuh. Wanita lebih rentan dengan kanker kulit karena make-up atau produk skin care yang mengandung bahan kimia berbahaya. Kanker ini bisa dihindari dengan menjaga kesehatan tubuh.


Kanker Vagina


Kanker vagina ini menyerang wanita yang memasuki masa menopause. Tapi tidak menutup kemungkinan wanita yang ada pada fase reproduksi juga bisa terserang kanker jenis ini. Penyebabnya karena tidak menjaga kebersihan alat reproduksi, kebiasaan merokok, mengidap kanker leher rahim, bergunta-ganti pasangan. Gejalanya ada benjolan pada vagina, sekresi cairan encer, dari vagina, rektum terasa nyeri saat berkemih, pendarahan pada vagina. Untuk menanganinya dengan kemoterapi, radioterapi, eksenterasi atau pengangkatan leher rahim, vagina, rahim dan kandung kemih.


Kanker Vulva


Jenis kanker yang terakhir adalah kanker vulva yakni tumor ganas dalam vulva. Vulva sendiri merupakan bagian luar dari sistem reproduksi wanita yang meliputi labia, lubang vagina, lubang uretra, dan klirotis. Hampir 3-4% kanker pada sitem reproduksi wanita yang merupakan kanker vulva dan biasa terjadi setelah menopause. Gejalanya berupa benjolan dan penebalan kulit di bagian vulva dan terkadang disertai dengan gatal-gatal. luka terbuka pada lubang vagina. Penyakit ini juga bisa dicegah dengan vaksinasi HPV, tidak melakukan seks bebas, tidak melakukan seks di usia muda, tidak merokok.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.