Ads Top

Kebahagiaan dan Kesedihan yang Dialami Ibu Hamil

Kebahagiaan dan Kesedihan yang Dialami Ibu Hamil
Hay bu ibu. Mahmud, macan, dan apalagi ya sebutannya? Mahmud artinya mamah muda, macan katanya sih mama cantik. Bener nggak sih?

Langsung aja, lewat artikel ini aku mau share pengalamanku hamil anak pertama nih. Sedikit informasi kalau aku baru aja nikah, eh nggak lama setelah itu langsung hamiludin aja. Rasanya sedih sedih senang begityu cyin. Campur aduk deh pokoknya. Nah, langsung aja yuk tengok pengalamanku!

1. Hamil anak pertama, rasanya nggak percaya

Awalnya sih aku ngerasa masuk angin, seperti badan gampang capek, pokoknya sering lesu. Kemudian jadwal menstruasi ternyata nggak kunjung keluar juga. Setelah beli tespack ternyata garis 2. Aku sih nggak percaya ya, sampai aku ulangi tespacknya 3 kali. Dan hasilnya garis 2 semua, okee fiks berarti aku beneran hamil.

Akhirnya aku cerita ke suami, ibu, dan ibu mertua pastinya. Setelah cerita ke mereka, banyak pantangan buat bumil, nggak boleh ngelakuin ini itu pokoknya. Ah ribet padahal awalnya nggak kenapa-kenapa juga. Apalagi aku orang Jawa. Percaya nggak percaya sih, katanya kalau lihat sesuatu yang aneh harus ngucap 'amit-amit jabang bayi'. Harus berdoa kalau ngapa-ngapain, pokoknya awalnya nggak sering baper malah jadi baper karena sok sokan di manja gitu.

2. Sering mual dan muntah

Makan yang amis muntah, makan kekenyangan muntah, makan nggak enak muntah, yang lebih parah lagi sikat gigi pagi itu muntah. Aaaaaaaaaah sedihhh.. sakit gitu.. tapi sih katanya nggak semua orang di kehamilannya begitu ya. Katanya sih ada yang hamil tapi nggak pernah muntah, katanya pas hamil malah doyan makan juga ada. Seru sih, hamil itu lucu gitu kadang nyidam ini itu dan ada aja yang nggak boleh dimakan.

3. Pantangan keras ibu hamil

Pantangan buat ibu yang sedang hamil muda yaitu makan makanan yang terbuat dari daging mentah atau yang dimasak kurang matang. Hal ini karena daging mentah mengandung toksoplasmosis dan bakteri E Coliyang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin ibu hamil. Biasanya bakteri toksoplasmosis terdapat pada sayuran yang kurang bersih dicuci. Hindari memakan salad yang belum atau tidak dicuci dengan bersih terlebih dahulu. Bakteri toksoplasma juga banyak terdapat pada kotoran kucing. Maka dari itu sebaiknya ibu hamil menghindari untuk bermain-main dengan kucing.

Pada masa sekarang ini banyak sekali lautan dan samudera yang sudah tercemar oleh logam berat merkuri. Oleh karena itu sangat disarankan bagi ibu hamil untuk menghindari konsumsi ikan-ikan yang berukuran besar, seperti ikan tuna, hiu dan sea bass. Oleh lembaga kesehatan di Amerika (FDA), sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan-ikan besar seperti yang di atas hanya sebanyak maksimal 12 ons per minggu

Sebaiknya hindari mengkonsumsi kopi, karena mengandung kafein. Karena zat kafein dapat menyebabkan meningkatkan detak jantuk pada janin, berat badan bayi rendah, mengurangi kemampuan untuk menyerap zat besi dan menyebabkan keguguran.

Seorang ibu hamil sangat dilarang untuk mengkonsumsi daging ayam mentah dan telur yang dimasak kurang matang (setengah matang). Hal ini disebabkan karena daging ayam mentah dan juga telur setengah matang terdapat bakteri salmonella yang dapat menyebabkan penyakit diare berat pada ibu hamil. Perlu juga untuk memperhatikan piring serta alat-alat masak yang sudah terkontaminasi oleh daging ayam mentah atau telur setengah matang, agar dapat dicuci dengan sabun sampai steril.

Minuman yang mengandung alkohol sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena dapat mengakibatkan bayi lahir dengan cacat. Paul D.Connor dari Universitas Washington, AS, tahun 2005 meriset ibu hamil yang biasa minum alkohol sejak trimester pertama. Saat bayi lahir, di usia 8 bulan, 18 bulan, 3 tahun, 6 tahun dan 10 tahun, kecerdasannya diukur. Kemampuan kognitif mereka lebih rendah di banding anak-anak seusianya. Jennifer A.Willdrof dari Pittsburgh School of Medicine, AS, tahun 2006 membuktikan anak-anak yang lahir dari ibu yang biasa minum alkohol, tingkat kecerdasannya 2-7 poin lebih rendah dibanding anak-anak sebayanya. Tahun 1986 seorang dokter asal Perancis, P.Lemoine menemukan hubungan kelainan yang diderita 127 balita selama hamil, disebut Fetal Alkohol Syndrome (FAS).

Terdapat beberapa produk keju yang merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena mengandung bakteri Listeria seperti, keju lunak (brie dan camembert), blueveined cheese, keju dari susu kambing (dan domba), dan susu yang tidak di pasteurisasi. Bakteri Listeria adalah suatu jenis bakteri yang dapat menembus plasenta dan menginfeksi janin. Bakteri Listeria dapat menyebabkan keracunan dalam darah, kelahiran yang prematur dan keguguran pada janin. Sebaiknya ibu hamil dapat menghindari makanan ini sampai janin lahir dengan selamat.

Ibu yang sedang mengandung dilarang keras untuk merokok, karena rokok mengandung racun nicotine yang dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah (kurang). Selain itu, nicotine beserta zat berbahaya lain yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan terjadinya mutasi gen pada janin. Hal ini dapat berakibat pada bayi yang dilahirkan menjadi cacat.

4. Kebahagiaan jadi ibu hamil

Bahaagiaaaanyaaa adalahsuami jadi lebih care sama kita karena hamil, jadi lebih sering loh bantu-bantu pekerjaan rumah kalau pada pulang kerja gitu. Suami setidaknya mau bantu nyapu atau minimal angkatin ember kalau aku habis nyuci baju. Padahal dulu nggak mau bantu, sama-sama pulang kerja ya dia tiduran, sedangkan aku yang beberes rumah. Pokoknya seru deh, apalagi lihat tumbuh kembang perutku yang semakin tambah buncit setiap minggunya. Kebahagiaan yang nggak bisa lagi diungkapin pakai kata-kata. Yang jelas bahagia pakai banget.

5. Saling mendoakan yang terbaik buat ibu hamil

Semoga kalian semua yang udah menikah segera dapat amanah yah. Yang lagi hamil juga semoga sehat selalu dan lancar sampai persalinan ya, saling mendoakan yang terbaik.

Sedih dan bahagia bercampur aduk saat kita hamil. Tapi percayalah ini sangat menyenangkan dan membahagiakan.

Semoga Bermanfaat
Powered by Blogger.