Posts

Showing posts from February, 2018

Yuk, Pilih Tema Pernikahan yang Kamu Inginkan!

Image
Dalam mempersiapkan pernikahan, tema yang diusung dalam dekorasinya juga perlu diperhatikan. Menentukan tema pernikahan bisa ada beberapa faktor seperti hal yang disukai calon mempelai atau adat.
Adapun ini adalah beberapa tema pernikahan yang dapat jadi referensi di hari bahagiamu nanti 

1. Tema Adat

Tema pernikahan ini masih sering dipilih sebagai tema pernikahan. Indonesia memiliki ribuan adat dan suku yang tersebar di penjuru wilayah. Biasanya peristiwa sakral seperti pernikahan ini juga masih menggunakan adat sesuai tempat dimana sang mempelai dilahirkan. Namun tema pernikahan adat ini tidaklah sekuno jaman dahulu. Sekarang tema adat sudah makin berkembang modern.

2. Tema Shabby Chic

Beberapa tahun belakangan tema dekorasi Shabby Chic menjadi pilihan beberapa calon mempelai. Dekorasi yang kental dengan warna-warna pastel membuat dekorasi acara pernikahan menjadi cantik. Penggunaan properti yang lucu-lucu khas eropa, membuat suasana cozy dalam pernikahanmu akan terasa.

3. Warna Fa…

Wujudkan Menikah Gratis di KUA dengan 4 Langkah Ini, Nggak Perlu Bayar 600 Ribu ke Penghulu Lagi

Image
Menikah merupakan siklus hidup setiap orang yang membahagiakan, namun juga membutuhkan pengeluaran yang nggak sedikit. Calon mempelai harus mempersiapkan beberapa biaya mulai dari mahar, kebutuhan pesta pernikahan, hingga membayar penghulu. Namun, tahukah kamu bahwa menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) itu gratis alias nggak perlu merogoh kocek lagi untuk biaya menikahnya.

Aturan nikah gratis di KUA terdapat dalam Peraturan Pemerintah No 48 tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2004 tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Departemen Agama.

Nah, menikah gratis ini hanya berlaku jika akad nikahnya dilakukan di kantor KUA kecamatan setempat. Ini berarti, harus sesuai dengan jam kerja KUA. Kalau di luar kantor KUA, maka kamu harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, yakni sebesar 600 ribu rupiah. Hmm, lumayan ya?

Jika kamu tertarik untuk menikah di KUA dengan biaya 0 rupiah, berikut tata cara yang harus kamu pertimbangka…

Why did I Fall In Love With You..

Image
Entah bagaimana mulanya hingga akhirnya aku jatuh cinta padamu. Cerita kita bukan cerita yang sudah aku tuliskan sebagai skenario perasaan ini. Semuanya mengalir dan terjadi begitu saja. Tanpa pernah aku sadari, perasaan itu bertumbuh meski aku tahu sering badai mencoba merubuhkannya. Tapi biar aku mencoba mengingat bagaimana awal dan  ceritakan bagaimana

1. Langit Malam, Bintang, Bulan serta Mentari. Masih ingat??

Yang menyatukan pembicaran kita bukan tentang bola, bukan tentang film, bukan tentang aktris atau aktor, bukan tentang pelajaran. Tapi tentang mereka yang berkuasa di atas sana. Tentang betapa menakjubkannya mereka ketika sedang berpijar. Tentang kesukaan kita yang mirip. Tentang cara kita memandang mereka, cara kita menikmati mereka dan kehangatan yang mereka berikan tak dapat terungkap kata-kata. Saat itu kita menghabiskan waktu untuk membicarakan mereka, tanpa memikirkan sekitar kita. Masih ingat?

2. Gunung Batu dan Mentarinya. Awal yang tak begitu menyenangkan!

Sete…

What, Sampai Sekarang Kamu Masih Jomblo Kenapa Karena Alasan Ini Ya

Image
Entah kenapa, jaman sekarang jomblo itu booming banget. Apalagi semenjak ada Sosmed. Seolah-olah Jomblo adalah bahan terempuk untuk dijadikan lelucon. gak cuma di dunia nyata, di dunia maya mereka jjuga selalu jadi bahan tertawaan. Emang apa salahnya sih jomblo? Kan gak punya pacar gak mati juga.

Mereka yang menghina kamu kaum jomblo baik disengaja ataupun enggak, baik becanda ataupun serius pasti gak pernah sadar, kalau kamu punya alasan tersendiri kenapa sampe sekarang kamu masih aja sendiri alias ngejomblo. padahal ini nih alasan kamu:

1. Kamu Emang Belum Mau Pacaran/membina Hubungan

Bukan jomblo sih tpi single. Ini bisa disebut komitmen. Komitmen sama diri sendiri, karna ada beberapa hal yg lebih penting untuk diprioritaskan. Pendidikan misalnya, kamu takut kalo kamu punya pacar, kamu gak bisa bagi waktu. Terus kamu juga masih mau memantaskan diri, mulai dari kuliah yg bener, meniti karier sampe sukses dan mapan, mendewasakan diri secara agama dan psikologis, biar dapat pacar y…

Untukmu, yang Sedang Berusaha Mengikhlaskan Hati

Image
Perkara cinta ibarat dua sisi mata uang. Karena dia, kamu bisa jadi yang paling berbahagia, pun merasa paling menderita di dunia.

Cinta pada pasangan yang tepat menjadikan hidupmu lengkap, sedangkan pilihan yang salah membuatmu hilang arah. Namun, bukankah urusan cinta selalu jadi misteri atau teka-teki? Mana pasangan yang tepat dan mana pilihan yang salah bisa terjawab setelah kita tuntas menjalani?

Kamu beruntung jika saat ini punya pasangan yang melengkapi seseorang yang membuatmu berhenti mencari. Tapi, apa yang terjadi jika cintamu tak lagi ada di sisi? Hubungan kalian ternyata harus berakhir dan dia yang kamu cintai akhirnya memilih pergi?

Di artikel kali ini Hipwee ingin sejenak mengajakmu menikmati sendiri. Merenungi pelajaran cinta yang sebenarnya paling berharga. Ketika benar-benar mencintai selalu sepaket dengan keikhlasan untuk tidak bersama lagi

Pasti Tak Ringan Rasanya. Harus Mengikhlaskan Hubungan yang Kau Kira Bisa Berakhir Dengan Bahagia

Cinta tak pernah datang d…

Komunikasi Lebih Baik daripada Seks

Image
Jika kita masih lajang, tinggalkan ketergantungan terhadap pornografi dan free seks karena tutur kata lebih indah ketimbang hubungan seks, mengapa? Berikut alasannya:

Ide ini pertama kali saya dengar dari seorang tetangga yang baru married. Ia mengatakan Komunikasi sehari-hari yang ia lakukan dengan pasangan lebih membahagiakan dari pada hubungan diatas ranjang. Saya menanggapinya dingin namun akhir-akhir ini saya mulai mengerti banyak tentang fenomena ini.

Seks itu diawal-awal buat ketagihan, tidak kenal sikon (situasi dan kondisi) : gak dilakukan hati gelisah. Sedangkan komunikasi itu bebas ikatan, ada waktu untuk diam dan menyendiri, ada waktu untuk cuap-cuap dan bersosialisasi, semuanya tergantung situasi dan kondisi.

Seks itu enaknya cuma beberapa menit sedangkan komunikasi nyamannya bisa berlama-lama bahkan sampai berjam-jam, tergantung waktu yang kita sediakan untuk melakukannya.

Seks itu begitu-gitu aja, kalau gak dari depan dari belakang, kalau gak dari kiri dari kanan. Sedan…

Komitmen Itu Belum Tentu Cinta, Tapi Cinta Itu Sudah Pasti Komitmen.

Image
Cinta memang belum tentu berhasil tanpa adanya komitmen antara masing-masing individu yang terlibat di hubungan tersebut. Tapi, komitmen belum tentu berarti cinta. Cukup banyak yang salah kaprah antara cinta dengan komitmen, mereka bilang, Kalau dia sudah komitmen dengan saya, sudah pasti dia cinta.

Oh, ya?

1. Komitmen = Nyaman ?

Bayangkan komitmen itu seperti kontrak kerja, apakah semua buruh atau pekerja senang atau nyaman dengan pekerjaannya? Padahal motivasi utamanya adalah uang bukan pekerjaan itu sendiri. Kadang seseorang menyerah untuk mencari kenyamanan dan cinta yang sesungguhnya, hanya dengan alasan tekanan sosial dan desakan keluarga. Tidak ada yang benar-benar mengerti apa arti cinta yang sesungguhnya jika keadaan seperti ini menghantam. Karena tujuan murni yang ditentukan dari awal sudah berubah hanya untuk menyenangkan beberapa pihak.

2. Jika Komitmen Mengekang Kreatifitas, Itu Bukan Cinta.

Tidak ada satupun orang yang mau dikekang, entah itu pada saat dia bermain, …

Kisah Nyata Tentang Tantangan Tersulit Dalam Pernikahan, Namun Semuanya Tetap Menyenangkan

Image
Seringkali bila kita mendengar kata pernikahan, gambaran yang pertama kali muncul dalam pikiran kita adalah sakralnya upacara nikah dan megahnya resepsi pernikahan. Kita seringkali terlena dengan indahnya pesta pernikahan, sibuk membandingkan pesta mana yang lebih baik, gaun pengantin mana yang lebih cantik, dan lain-lain. Kita lupa bahwa pernikahan yang sesungguhnya sama sekali bukan tentang gambaran pesta pernikahan.

Bunga-bunga yang cantik, pelaminan yang istimewa dan hidangan yang melimpah melingkupi kedua mempelai yang tampil mempesona dalam balutan jas dan gaun bak pangeran dan putri. Kemegahan pesta pernikahan mengaburkan kesadaran kita akan realita kehidupan pernikahan. Menyatukan dua pribadi yang berasal dari latar belakang dan karakter yang berbeda untuk selama-lamanya sampai akhir hayat bukanlah perkara sepele. Ada banyak variabel seperti status sosial, status pendidikan, latar belakang keluarga, budaya, agama, karakter, dll yang menjadikan penyatuan dua pribadi ini menjadi…

Kisah Nyata Putus Cinta Karena Jarak; Menyedihkan Sekaligus Penuh Hikmah

Image
Kutulis ini setelah kita putus. Ya, saat ini aku hanya ingin memberitahukan kisah kita dulu, sebelum akhirnya jarak mengakhiri hubungan kita.

Aku mengenalmu saat kita kuliah di universitas yang sama. Aku yang jutek dan terlihat pendiam di mata orang yang baru mengenalku, berhasil membuatmu penasaran.

Kamu menegurku, hanya kamu yang berani melakukan itu secara langsung. Kemudian tak sengaja kita mengobrol di kelas, selama mungkin hampir 3 jam nonstop. Tidak bergerak dari posisi kita masing-masing saking serunya obrolan kita. Padahal yang kita obrolkan cuma cerita masa lalu yang kita tertawakan bersama. Kamu bercerita tentang orang yang sedang kamu sukai. Aku mendukungmu karena aku merasa menemukan sahabat laki-laki yang kucari sejak dulu.

Tapi entah kenapa kita semakin dekat, berkomunikasi lebih intens dari biasanya. Sampai akhirnya kita jadian. Ya, jadian. Kamu yang pernah diselingkuhi oleh mantanmu membuatmu menjadi seorang yang curigaan. Awalnya aku mencoba mengerti dan berusaha …

KISAH KEPADA PARA PENCANDU ONANI

Image
Aku salah satu mantan pencandu onani. Awal mula aku melakukan itu saat SMP kelas 3. Aku iseng melihat video porno (CD bokep) yang waktu itu tak sengaja ada di kamarternyata itu milik adikku yang masih SD, kacau sekali ia, pikirku waktu itu. Aku pun penasaran untuk menontonnya. Lama-lama pikiranku tak beres. Penuh dengan khayalan. Apa sebenarnya yang mereka rasakan dalam adegan video itu. Waktu itu, aku memang sangat polos. Aku belum mengerti masalah seks. Mengapa orang bisa hamil, apakah dengan ciuman perempuan bisa hamil? Ah, pertanyaan bodoh itu menghantui pikiranku.

Karena keisengan itu, lamat-lamat aku merasa candu. Dan, bagaimana sih rasanya mengeluarkan sperma. Apakah aku ini sudah akil-balig. Aku pun coba-coba onani di kamartentu saja pintu kamar ditutup. Karena, meskipun masih polos, aku tahu perbuatan demikian termasuk perbuatan yang buruk. Kali pertama iseng-iseng onani, ternyata tak ada apa-apa yang keluar dari penis saya. Tetapi, ada kenikmatan tiada tara. Kok, enak ya. Pa…

Kisah Cinta Denada dan Ihsan Tarore Memilih Jodoh Itu Sesuatu yang Serius, Tak Perlu Terburu Waktu

Image
Hubungan Ihsan Tarore dan Denada semakin dekat saja. Selain berduet, mereka juga menjalin kisah kasih yang sepertinya akan segera masuk ke tahap yang lebih serius. Denada mengungkap seperti apa posisi Ihsan dalam hidupnya dan anaknya yang bernama Shakira.

Kita sangat menikmati dan mensyukuri rezeki yang Allah kasih. Rezeki bukan hanya berupa materi, tapi bisa juga dengan orang-orang yang dihadirkan Allah untuk kita. Yang menyamankan dan membahagiakan kita. Dan begitulah Ihsan posisinya di hidup kami.

Pernyataan ini jadi sangat mengharukan ketika kita menengok masa lalu Denada yang harus bercerai dan menjadi orangtua tunggal bagi anaknya. Kehadiran Ihsan yang bisa memberikan rasa nyaman dan kebahagiaan setelah sakit yang begitu mendera tentunya jadi sangat istimewa. Kamu pun bisa belajar banyak hal dari kisah cinta mereka yang tidak hanya mengumbar kemesraan semata, tapi mengutamakan kenyamanan juga.

Yang orang tahu mereka bertemu belum lama ini di sebuah acara TV, tapi rasa kagum Dena…

Kiat-Kiat Menjaga Hubungan yang Mesra dengan Pasanganmu

Image
Pernah nggak sih berpikir kenapa cerita dongeng seringkali berakhir hanya dengan dan mereka hidup bahagia selama-lamanya? Mungkin karena konsep bahagia selamanya itu butuh kerja keras, yang nggak sesuai dengan cerita ala negeri dongeng.

Kebanyakan orang tampaknya lebih terobsesi pada proses jatuh cinta, tanpa menyadari bahwa tetap mencintai seseorang itu sama pentingnya. Banyak hubungan yang seringkali menjadi dingin karena pasangan yang terlibat di dalamnya tak rela bekerja keras. Hubunganmu tak perlu menemui ujung tak mengenakkan seperti ini. Dalam artikel ini, Hipwee akan berbagi saran yang dapat membantu menjaga agar hubunganmu dan pasangan tetap mesra.

1. Semakin berumurnya hubunganmu, semakin sering kamu harus mengingat apa yang membuatmu jatuh cinta dulu

Jangan pernah berhenti untuk selalu mengingatkan dirimu tentang kualitas-kualitas pasangan yang pada awalnya membuatmu jatuh cinta kepada dia. Termasuk alasan-alasan yang akhirnya membuatmu yakin untuk ingin membangun komitm…

Kiat Menikah Muda A la Natasha Rizky, Berbekal Pengalamannya Menjadi Istri Sejak Usia Dini

Image
Selain wisuda, pernikahan merupakan salah satu momen paling sakral dalam hidup seseorang. Nggak hanya soal melepas lajang, menikah berbicara soal kesiapan diri untuk menjalani kehidupan baru bernama rumah tangga yang penuh tantangan dan kejutan. Banyak yang mengatakan bahwa usia muda merupakan usia terbaik untuk menikah, baik dari sisi kesehatan maupun psikologis. Namun anggapan lain juga mengatakan bahwa untuk bisa ke tahap pernikahan, dibutuhkan kedewasaan dan sisi finansial yang matang.

Ketika banyak orang meragukan untuk menikah muda, Natasha Rizky, selebriti yang juga adalah salah satu dari sekian banyak wanita yang berani mengambil keputusan untuk menikah muda. Berhasil membangun rumah tangga dan jadi ibu yang baik di usianya yang masih belia, istri dari presenter Deddy Mahendra Desta membagikan resepnya buat para pasangan yang punya rencana untuk menikah muda. Katanya, jangan takut, jalani saja!

Sebelum memutuskan untuk menikah muda, berdamailah dengan segala macam konsekuens…

Ketika Waktu Mengajarimu Setia

Image
Relung kecewa kian menggerogoti waktu yang semakin jauh meninggalkan kenangan tentang kau, akukita. Aku bisa apa? Bahkan tak lagi bisa ku lihat bayangan kenangan berdiri disana, di pintu bathinku yang selalu saja tentangmu kala setiapku memejamkan mata. Masih, ah aku tetap saja masih percaya bahwa kau tetap berada disana, penantian semu yang tak ku tahu apa itu namanya.

Dengarlah, aku hanya ingin mengatakan bahwa aku masih cinta. Iya, aku mencintai diri kamu dulu, hingga sekakarang. Apa? Ini sebuah kebodohan? Meski aku tahu kau sudah tak lagi memikirkan aku, bahkan kau sudah berdua. Aku masih sanggup untuk pura-pura tegar untuk cinta ini. Aku masih mampu untuk menahan diri dan rasa ini untuk sebuah kenyataan.

Dosenku mengatakan bahwa: Tidak ada cinta yang rasional, terkadang ia cenderung bodoh! (Prof. Robert M. Z. LawangSosiolog Indonesia).

Bahwa benar adanya, aku benar-benar terlihat bodoh sekarang, dan itu karena cinta. Percayalah tidak ada keterlanjuran untuk sebuah cinta, semua…

Ketika Ucapan "I Love U" Terasa Basi

Image
Ucapan "I Love U" adalah ungkapan perasaan cinta yang sering diucapkan. Namun saat Anda mengucapkannya kemudian pasangan Anda mengatakan "ah basi", kemudian suasana romantis terasa hambar.

Jangan biarkan kondisi ini terjadi lagi, ucapan kata cinta memang sebuah hal yang penting. Namun bila hanya dari kata-kata apalah artinya.

Bila Anda ingin membuat pasangan Anda merasa lebih percaya perasaan Anda dan merasa begitu bahagia maka ungkapkan rasa cinta Anda dengan cara yang lain, seperti ulasan dibawah ini.

Berikut cara mengungkapkan kata "I Love U" selain dari ucapan:

1. Selipkan kartu dibantalnya

Tuliskan pesan "I Love U" di sebuah kartu dan selipkan dibawah bantalnya. Namun pastikan dia akan melihat ke bawah bantalnya, sebelum dia tidur. Sehingga Anda bisa berpura-pura seolah mencari sesuatu di tempat tidur dan memintanya untuk membantu mencarinya.

2. Tuliskan di kue

Anda bisa memesan kue kesukaan pasangan Anda dan mintalah untuk menuliskan kata-…

Ketika Sebenarnya Cinta Tapi Gengsi. Ini Serius Soal Hati, Aku Harus Bagaimana Lagi

Image
Orang yang jatuh cinta tanpa bicara, hanya menyerahkan hatinya di antara doa-doa yang mengudara, mungkin ia orang paling kaya di dunia. Dia menyimpan diamnya, yang menurut pepatah diam adalah emas. Dengan begitu, pastilah tidak lagi terhitung emas yang dimilikinya sebanyak apa.

Kian lama, seiring tambah dewasanya manusia, ia akan sadar, menyimpan rindu pada seseorang yang tidak pernah tahu bagaimana hatinya. Untuk siapa perasaannya, sama tersiksanya dengan menimbun lemak dalam tubuh. Sesak.

Anak kecil bisa tanpa berpikir, kemudian mendadak menyatakan perasaannya. Seiring bergantinya tahun dalam usia seseorang, untuk jatuh cinta saja perlu melibatkan logika, pemikiran yang mungkin sepanjang rel kereta api. Tapi cinta selalu tidak pernah bisa dimengerti akal pikir.

Semenjak sorot matamu dan bola mataku tidak lagi bertemu, sesaat kemudian terasa biasa, sangat biasa. Sekadar serupa kehilangan sesuatu yang kurang penting. Ku pikir, siklus kehidupan memang demikian, terjadi pertemuan, se…

Ketika Saya Menjadi Orang yang Jatuh Cinta Diam-Diam

Image
Ada dua tipe orang yang sedang jatuh cinta. Pertama, orang yang dengan terang-terangan menunjukkan perasaannya di depan orang yang dia suka. Kedua adalah orang yang bahkan menatap mata orang yang dia suka aja nggak sanggup. Ya, orang yang jatuh cinta diam-diam.

Di antara dua tipe tadi, kamu tipe yang mana? Pertama atau Kedua?

Well, kalau saya sendiri adalah tipe orang kedua.That's right! Saya adalah tipe orang yang jatuh cinta diam-diam. Saya menyimpan rasa itu untuk saya sendiri. Saya nggak tahu apakah kalau seperti ini saya bisa dikatakan egois, tapi pada kenyataannya saya adalah orang yang seperti itu.

Saya lebih memilih merasakan rasa itu sendiri daripada harus menunjukkan rasa itu ke orang yang saya suka. Saya bahkan nggak akan sanggup menatap mata orang yang saya suka dengan begitu bebas. Saya lebih suka mengamati orang yang saya suka dari jauh. Saya akan merasa cukup hanya dengan apa yang saya lakukan seperti itu.

Mungkin untuk sebagian orang khusunya perempuan, apalagi di …

Ketika Sahabat Menjadi Cinta, yang Tersisa Hanyalah Penyesalan

Image
Aku masih ingat pertemuan pertama kita, kamu menggandeng tangan ibumu, bersembunyi di balik daster sambil menunjuk-nunjuk ke arahku. Rambutmu yang basah tersisir rapi, gigi serimu lucu seperti kelinci, dan ada butiran nasi yang menempel di dekat mulutmu. Lalu kamu tersenyum sambil melambaikan tangan mengikuti apa yang dilakukan oleh ibumu, manis sekali. Lambaian selamat datang, karena hari itu aku resmi menjadi tetangga juga teman baikmu.

Adalah masa kecil yang indah karena memiliki seorang teman sepertimu.

Kami suka memanjat pohon jambu air milik tetangga sebelah, duduk-duduk santai di batang pohonnya sambil menikmati buah kecil berwarna merah yang menyegarkan tenggorokan, kemudian melemparkan bijinya kemana saja. Setelah puas menikmati jambu air, kamu akan melompat turun lalu menyuruhku menjadi kiper.

Ya, kamu senang sekali bermain bola. Kamu akan menendang bola dengan arah yang asal-asalan, pipi chubby dan perut buncitmu bergerak mengikuti irama berlarimu, lucu sekali.

Adalah kenya…

Ketika Pacarmu Mengajak Berhubungan Seks, namun Kamu Tak Inginkan. Berani Menolak, Girls

Image
Pacaran merupakan proses dimana kamu mengenal pasanganmu lebih dalam lagi untuk mencari kecocokan menuju kehidupan berkeluarga. Tapi dalam prosesnya, apa yang terjadi bisa  jauh dari tujuan yang sebenarnya. Mungkin suatu waktu pacarmu mengajak berhubungan seks sebelum waktunya. Tak main-main, dia mungkin juga membawa-bawa kalimat "Kalau kamu benar-benar cinta..."

Mungkin kamu termasuk orang yang memilih tak melakukannya hingga hari pernikahan tiba. Tapi kamu bingung bagaimana cara kamu menolak secara halus tanpa menyakiti perasaannya. Namun sebenarnya, ada banyak cara untuk melakukannya dan tetap mempertahankan prinsip yang kamu punya.

1. Tak boleh ada paksaan. Komunikasikan dengannya apa yang kamu mau dalam sebuah hubungan

Cara ini bisa jadi jalan pertama kamu untuk mengkomunikasikan mengenai pacaran yang sehat yang akan kalian jalani. Kalian bisa bikin kesepakatan mengenai batasan-batasan selama pacaran agar nyaman menjalaninya. Apalagi bertukar pikiran soal perilaku seksu…

Ketika Pacar Bertanya Tentang Mantan, Harus Gimana

Image
Beranjak usia, pengalaman hidup kita pun bertambah, tidak terkecuali dengan pengalaman soal percintaan. Buat kamu yang beruntung, kamu mungkin tidak perlu menghadapi perpisahan untuk bertemu jodoh. Namun, sebagian besar dari kita pasti sudah mengalami momen putus atau pisah dengan orang yang pernah kita sayang. Sedih? ya pasti sedih, tapi hidup harus lanjut lagi. 

Setelah bersyukur dapat pacar baru, entah karena penasaran, atau sekedar iseng, eh si dia yang sekarang tiba tiba bertanya tentang mantan kamu dan kisah cinta yang pernah kamu jalin sebelumnya, Duh! Apa yang kamu harus lakukan ketika menghadapi momen kayak gini?

1. Banyak Kisah Mantan yang Berhubungan dengan Rasa Sakit

Ingat, Ketika hubungan yang dibangun berakhir, ada pukulan emosional dan psikologis yang membuat kita trauma dan pengen jauh-jauh dari cerita tentang kisah tentang mantan. Walaupun kita yakin sudah move-on, namun bagian dari emosi kita selalu ingat dengan pengalaman traumatis yang pernah dialami. Oleh sebab…

Ketika LDR dengan Ibu, Jauh Lebih Menumpuk Rindu Dibanding dengan Pacar dan Mantan

Image
Apa yang lebih sejenak dalam hidup ini,

selain petang dan lintasan tentang kerinduan,

rindu kenangan dengan mantan,

rindu dengan jarak yang memisahkan diri dengan pacar sendiri,

atau rindu akan kasih sayang Ibu di setiap lingkaran hari,

Ketika sepasang mata yang kau miliki terbuka di pagi hari, hanya dapat melihat segenggam telepon berlayar dan setumpuk tanggung jawab pekerjaan. Siapa sangka bahwa mendewasa tak lantas membuatmu bahagia seperti ekspetasimu ketika masih penuh ingus dan luka.

Ketika musim hujan hadir, bisa jadi rintikan air menjadi suara kesepian yang ribut dan bergemuruh di dalam dada. Terlebih bagi kamu yang kini sedang bergerilya dalam perantauan. Rindu menghujam tanpa permisi di setiap pagi, seakan tak tahu kapan akan hujan. Hingga jarak dan waktu membiarkan dirimu setengah mati menjinakkan rindu sendirian. Terjebak dalam kubangan jarak dan waktu.

Pahamilah, walaupun kesendirian dan kemandirian memberimu kebebasan dalam menjalani kehidupan baik di perantauan m…