Ads Top

26 Lagu Ini Membuatmu Kembali Ke Masa Remaja yang Tanpa Beban

26 Lagu Ini Membuatmu Kembali Ke Masa Remaja yang Tanpa Beban
Sekali lagi, lagu lawas mampu menjembatani masa sekarang dengan masa lalu. Kamu bisa merasa kembali ke masa kanak-kanak atau remaja hanya dengan mendengarkan kidung lawas yang benar-benar memorable dan mengena di hati.

Beragam memori mulai dari sedih, bahagia, galau, terharu seketika merebak dan bercampur menjadi satu ketika kamu mendengarkan tembang lawas favoritmu. Kamu gak perlu repot-repot juga mencari album foto lama, baca artikel Hipwee dan berdendang bersama sudah cukup untuk menjelajah masa lalu kok.

26 lagu yang Hipwee ulas di sini akan membuatmu teringat, betapa uniknya masa remajamu. Betapa tanpa bebannya saat-saat itu..

1. Kubuka album biru, penuh debu dan usang..

Siapa sih yang gak inget sama penggalan lirik di atas? Lagu Bunda yang dinyanyikan Melly Goeslaw ini benar-benar mengena di hati. Dulu lagu ini populer banget di tahun 1997, bahkan sampai sekarang pun tembang lawas ini masih sering diputar sebagai backsound di tiap ada acara refleksi diri di sekolah atau kampus.

Banyak dari kamu yang mulai terhanyut dan menangis sesenggukan saat mendengarkan lagu ini. Tembang ini juga sempat dinyanyikan di acara pernikahan live selebriti yang kemaren itu lho. Coba deh sekarang nyanyiin lagi dan resapi liriknya dalem-dalem. Sehabis dengerin lagu ini, telpon ibumu dan katakan kalo kamu sayang sama beliau ya :)

2. Badai pasti berlalu. Badaaai pasti berlalu. Badaaai pasti berlaluuu~

Walaupun refrain lagu ini cuma 3 kata dan diulang berkali-kali, kamu gak pernah bosen dengerinnya. Bahkan, mungkin banyak dari kamu yang menggunakan lagu Badai Pasti Berlalunya Ari Lasso ini sebagai penguat diri saat sedang dilanda masalah, berantem sama pacar, banyaknya tugas dari dosen, atau mungkin saat nunggak bayar uang kos. Tanpa sadar kamu juga menjadikan penggalan lirik lagu ini sebagai kata penyemangat atau demi mensugesti diri.

Temen : Woi, lu udah nunggak kos berapa bulan? Diamuk bu kos gak?

Kamu : 3 bulan bro..ah gpp..badai pasti berlalu *buru-buru cari kerja part time*

3. Sahabat Sejati, S07 Lagu wajib dalam urusan pertemanan

Sahabat sejatiku, hilangkah dari ingatanmu, di hari kita saling berbagi?

Dengan kotak sejuta mimpi, aku datang menghampirimu kuperlihatkan semua hartaku.

Baca potongan lirik di atas rasanya udah mau karaoke gak sih? Pengen nyanyi!

Ini adalah jalur suara atau soundtrack wajib buat video tahunan SMP atau SMA. Bahkan mungkin banyak dari kamu yang memutar musik ini saat sedang reuni bersama para sahabat lawas. Kangen banget sama mereka tapi gak pernah bisa ketemu? Coba deh buat mini video dengan menggunakan aplikasi kekinian, masukkan foto jadul kalian serta gunakan lagu sheila on 7 ini sebagai backsoundnya, kemudian unggah di media social (kalo kamu gak malu sama model rambut jadulmu atau gayamu yang super alay). Dijamin para sahabatmu yang telah menghilang rela meluangkan sedikit waktunya demi bisa kumpul bareng.

4.  Kutrima suratmu `Tlah kubaca dan aku mengerti

Semua kata rindumu
Semakin membuatku `tak berdaya
Menahan rasa ingin jumpa
Percayalah padaku akupun rindu kamu
Ku akan pulang
Melepas semua kerinduan
Yang terpendam..

Bagi kamu yang lahir di era 80-an dan menjadi remaja pada tahun 90an nama dan lagu-lagu Dewa tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Lagu kangen ini salah satu contohnya. Duuh, setiap dengar lagu ini itu rasanya nyeees banget deh di hati. Apalagi buat kamu yang LDR-an, dan di masa itu biaya komunikasi masih mahal.

Walaupun udah terhitung lawas tapi lagu ini masih sering diputar hingga detik ini. Sekarang kamu lagi kangen sama pacar tapi gak bisa ketemu? Udah dengerin lagu ini aja, biar makin nelangsa.

5. Terlalu manis, untuk dilupakaaan. Kenangan yang indah bersamamu, tinggallah mimpi , lagu wajib gegonjrengan sama teman

Terlalu manis untuk dilupakan
Walau kita memang tak saling cinta
Takkan terjadi

Perpaduan suara harmonika dan petikan gitar di lagu Terlalu Manis dari Slank ini memang memorable banget. Lagu Terlalu Manis dibuat dalam dua versi, Suka-suka dan Jualan. Tapi yang menjadi hits adalah yang versi Suka-suka. Lagu ini juga sering dinyanyiin sambil gitaran waktu kemah di sekolah, pas acara api unggun. Lagi galau dan keinget mantan? Coba aja deh nyanyiin lagu ini, dijamin kamu bakal makin galau dan sedih. fufufu~

6. Begitu Indah, Padi

Terang saja aku menantinya
Terang saja aku mendambanya
Terang saja aku merindunya
Karena dia karena dia begitu indah

Mungkin video klipnya Padi Begitu Indah udah keliatan keren abis pas jamannya ya. Semi-semi film The Matrix gitu niatnya..

7. Ada Band Feat Gita Gutawa: Yang Terbaik Untukmu

Tuhan tolonglah sampaikan
Sejuta sayangku untuknya
Ku terus berjanji
Tak kan khianati pintanya
Ayah dengarlah betapa sesungguhnya
Ku mencintaimu
Kan ku buktikan ku mampu penuhi maumu

Selain lagu dari Ebiet G Ade, lagu dari Ada Band feat. Gita Gutawa ini mampu menggambarkan jasa ayah bagi kehidupanmu. Lagu ini juga bisa mewakili perasaamu kepada beliau. Yang gak akan terlupakan dari video klip lagu ini? Tentu muka Gita Gutawa yang masih chubby dan polos. Eh, btw Ada Band apa kabarnya ya sekarang?

8. Hymne saat galau-galau soal mantan: Selamat tinggal sayaaang. Bila umurku panjang, kelak ku kan datang tuk buktikan. SATU BALAS KAN KAU JELANG!

Liriknya sadis ya? Ini nih salah satu lagu andalan buat kamu yang masih merasa sakit hati sama mas atau mbak mantan. Walaupun agak pusing liat video klipnya karena kameranya muter-muter, tapi suara mbak Kikan Coklat emang paling TOP. Hayo ngaku, siapa yang dulu pernah nyanyiin lagu ini kenceng-kenceng di depan foto mantan?

9. Peterpan wajib banget masuk di list ini dengan lagu mereka: Ada apa denganmu..

Kutanya malam,dapatkah kau lihatnya perbedaan
Yang tak terungkapkan, tapi mengapa kau tak berubah
Ada apa denganmu

Grup musik Peterpan yang dulu mulai populer tahun 2000 ini memang karya-karyanya gak pernah mati. Bahkan lagunya banyak yang menjadi hits. Kaum hawa pun tiba-tiba pada latah mengidolakan sang vokalis berambut semi gondrong padahal sekarang model rambut kaya gitu dianggep alay. Kaum adam juga gak mau ketinggalan dengan cara ngapalin lirik dan kunci chordnya biar bisa mainin lagu-lagunya sambil gitaran waktu kemah di sekolah. Maksudnya biar bisa mbribik adik tingkat gitu. Kamu pasti termasuk salah satunya kan? Ciee~

10. Yogyakarta, Kla Project bukti bahwa Jogja memang diramu oleh pulang, angkringan, dan rindu <3

Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu~

Lagu monumental dari Kla Project ini booming di tahun 1991. Bahkan, sampai sekarang lagu ini masih kerap diputar. Resapi liriknya dalem-dalem deh, dijamin hati kalian langsung anget, ato mungkin sedetik kemudian mata kalian ikutan basah? Pasti kalian yang pernah tinggal di Jogja langsung kangen sama suasana kota pelajar. Kangen nongkrong di angkringan, jalan-jalan di Malioboro, main di taman sari, pacaran di Parangtritis, makan gudeg, atau mungkin foto-foto alay di tugu? Memang Jogja selalu di hati, seperti lagu ini.

11. Band akustik klasik pada masanya. Ten 2 Five, I will fly into your arms~

(pada masa itu)

Kangen pacar: dengerin I Will Fly

LDR: tiap hari muter I Will Fly

Cinta tak berbalas: soundtrack-nya juga I Will Fly 

Grup musik yang beraliran pop sedikit jazz ini memulai debutnya tahun 2004. Album pertama mereka yang bertajuk I Will Fly sukses meledak di pasaran. Bahkan grup band ini mampu meraih Golden Award pada September 2004. Memang liriknya yang mengena di hati dan lagunya yang romantis enak banget buat didengerin. Apakah lagu ini juga sering dibawakan waktu acara Pensi di sekolahmu dulu?

Udah puas nostalgia sama lagu dalam negeri? Musik luar negeri ini juga sempat banget kita gandrungi loh.

12. MMMBop ba dupa dop MMMBop

Tiga hal yang pasti kamu inget dari lagu Hanson bersaudara ini: liriknya yang sederhana gitu-gitu doang, kamu pingin bisa main sepatu roda gara-gara liat video klipnya dan yang terakhir adalah si Taylor Hanson (vokalis dan keyboard) yang cantik mampus (baca : ganteng). Taruhan deh, dulu pasti kalian bingung kan sebenernya vokalisnya ini cewek apa cowok? Sama! Senyumnya yang manis, rambutnya yang lurus tergerai, dan bibirnya yang merah merona emang membuat penampilannya lebih cenderung kaya cewek cantik tomboy. Udah tau gedenya kaya apa belom?

Nih!

Ps : selamat ya buat kamu para cowok yang dulu sempet heboh naksir dia

13. Oops!.. I did it again, Mbak Britney

Oops!I did it again
I played with your heart, got lost in the game
Oh baby, baby

Lagu dari Britney Spears di tahun 2000 ini memang layak kamu putar lagi. Lewat video klipnya, kamu juga masih bisa melihat badan Britney yang masih langsing.hehe.. Bahkan mungkin menurutmu dulu video klip ini adalah yang paling kereeen.

Gak heran, karena memang itu adalah jaman keemasannya Britney, di saat kariernya masih cemerlang dan dia belum neko-neko. Koreografi dan musik dari video klip ini juga bikin kamu joget-joget sendiri niruin tarian Britney sambil nyanyiin lagunya, iya gak?

14. Everybody YeahRock your body Yeah!

Everybody Yeah
Rock your body Yeah
Everybody Rock your body right
Backstreets back, alright Alright

Dua kata buat video klip Backstreet boys yang satu ini : KEREN BANGET! Dari mulai konsep cerita, alurnya, pemilihan karakter dan kostum, belum lagi koreografi dan musiknya yang super kece. Kamu yang dulu waktu masih kecil nonton video ini pasti ngeri-ngeri sedap gimana gitu karena konsep video klipnya yang horror. Tapi di pertengahan video kamu pasti langsung berdiri di depan TV dan mulai iseng-iseng niruin tarian yang ada di scene video. Berhasil niruin setiap gerakan di video klip ini rasanya kaya dapet nilai 9 di rapor, bangganya setengah mati.

15. Westlife, Flying Without Wings

The little things that only I know
Those are the things that make you mine
And its like flying without wings
Cause youre my special thing
Im flying without wings

Siapa sih yang di masa SD atau SMP gak ngefans sama Westlife? Pilih Brian, Mark, Shane, Nicky, atau Kian? Apakah kamarmu dipenuhi poster karton mereka? Pasti pada berebut kan ngefans sama personel yang mana atau gak mau kalah sama personel fans yang lain? Bahkan bukan gak mungkin kejadiannya bakal begini..

*lagi akur nonton VCD Westlife bareng*

Kamu : Ih, Brian ganteng yakamu ngefans sama siapa, mbak?

Kakak : Mark lah..ih Brian tu jelek tau..gendut begitu.

Kamu : APA??!!

*kemudian jambak-jambakan, gak jadi nonton video klipnya*

16. Baby BYE BYE BYE BYE BYE!

Kamu pasti bakal terpesona dengan cara Chris, Joey, Justin, JC, dan Lance ngedance kaya boneka di video klip ini. Justin juga tetep ganteng walaupun rambutnya masih kriwil-kiriwil kayak mie. Atau bahkan mungkin dulu kamu pernah menganggap adegan kejar-kejaran di atap kereta itu super duper keren setara dengan adegan Wolverine yang juga lagi kejar-kejaran sama penjahat di atas kereta?

Saat dulu masih belum fasih berbahasa Inggris, lagu ini juga dengan PD kita nyanyikan walau cuma jelas BYE BYE BYE BYE-nya aja :))

17. I Write Sins Not Tragedy, Panic! At The Disco

Id chime in with aHavent you people ever heard of closing a goddamn door?!
No, its much better to face these kinds of things
With a sense of poise and rationality.

Vokalisnya ganteng, lagunya asik, konsep video klipnya juga keren, sirkus-sirkus gimana gitu. Gak ada alasan kamu gak suka sama band Panic! at the disco yang pernah boom di tahun 2005 dengan singlenya yang berjudul I Write Sins Not Tragedies.

18. So long and goodnight. Helena, My Chemical Romance

Whats the worst thing I could say?
Things are better if I stay
So long and goodnight
So long and goodnight

Waktu jaman SMP atau SMA pernah gak sih ngefans berat sama band satu ini? Penampilan para personilnya yang agak ngemo juga mungkin pernah jadi panutanmu untuk berdandan ala emo. Fufufu~ masa-masaa ituuuuu. *kemudian malu sendiri*

19. But in the eeeend it doesnt even matter

I tried so hard and got so far
But in the end it doesnt even matter
I had to fall to lose it all
But in the end it doesnt even matter

Kamu pasti dulu ngerasa keren banget nyanyiin lagu In the End dari Linkin Park. Bahkan niat banget ngapalin bagian rap nya biar keliatan keren waktu nyanyi bareng temen-temen. Sampai-sampai kamu sering bawa walkman atau discman kemana-mana sambil bawa cover kasetnya biar bisa tetep ngapalin sambil jalan. Kalo gak apal bagian rap nya gak papa, kamu masih bisa ngapalin bagiannya Chester. Yang penting keliatan keren walaupun gak ngerti artinya. Heuheu~

Band yang berasal dari California ini pertama kali dibentuk tahun 1996 dan pertama kali booming tahun 2000 dengan albumnya yang bertajuk Hybrid Theory. 2 tahun kemudian albumnya Meteora juga meledak dengan single berjudul Numb. Tapi secara keseluruhan semua lagu yang ada di album mereka emang keren-keren dan wajib hukumnya buat apal semua liriknya.

20. Avril Lavigne, Complicated

Why do you have to go and make things so complicated?
I see the way youreacting like youre somebody else gets me frustrated
lifes like this, you and you fall, and you crawl and you break,
and you take what you get and you turn it into
honesty ya promise me Im never gonna find you fake it

Buat para cewek, apakah dulu kalian pernah mengalami masa-masa tomboy dan menjadikan avril lavigne sebagai figur yang bisa ditiru? Tiba-tiba kalian sering make eye liner punya mama biar keliatan gahar pus ditambah tank top putih polos, dasi item, gak lupa juga converse item. Udah ngerasa keren mampus! Yah walaupun Avril yang sekarang lebih feminim tapi its okay lah, lagu-lagu lawasnya tetep masih di hati.

21. Bring me to life.

(Wake me up) Wake me up inside
(I cant wake up) Wake me up inside
(Save me) call my name and save me from the dark
(Wake me up) bid my blood to run
(I cant wake up) before I come undone
(Save me) save me from the nothing Ive become

Jalur musik atau soundtrack dari Daredevil ini emang dulu sempat booming banget dan diputer dimana-mana. Bahkan berkali-kali kamu ulang lagunya gak bikin jenuh dan kamu masih tetep nyanyiin lagu ini terus. Kamu juga niat banget nyanyiin bagian rapnya walaupun ngerapnya hampir barengan sama bagian Reff. Gak capek itu nyanyinya? Jangan lupa napas ya.

22. Dont wanna be an American idiot! *jeng-jeng-jeng-jeng-jeng* *ceritanya niruin gitar*

Welcome to a new kind of tension.
All across the alien nation
Where everything isnt meant to be okay.

Siapa sih yang gak ngerti Green Day? Band rock asal America yang mulanya digawangi oleh 3 personil ini punya hits American Idiot yang meledak di tahun 2004. Video klipnya juga keren abis karena pas mereka main musik tiba-tiba diguyur sama ombak cat hijau dari bagian samping belakang. Tapi yang gak habis pikir itu kenapa mas Billie Joe mesti buang gitarnya pas di akhir video, kan mahal itu. KENAPA MZ? KENAPA?

23. Babang Adam dengan, This love has taken its toll on me. She said goodbye too many times befooore

Sebelum Maroon 5 setenar sekarang, dulu mereka sempat naik daun juga di tahun 2002 dengan beberapa singlenya, tapi yang paling hits adalah This Love.

Yah walaupun mas Adam Levine belom seHOT sekarang, karena badannya masih kerempeng dan tattoonya masih sedikit tapi cewek-cewek udah lengket aja. Apalagi musik mereka juga udah menyabet beberapa penghargaan bergengsi. Kamu suka nyanyiin lagu ini juga? Ato nyanyinya cuma bagian reff doang ditambah wo o o wo o o wo o o?

24. Good Charlote, I just wanna live. lagu penanda kebebasan ini cuy!

I just wanna live
Dont really care about the things that they say
Dont really care about what happens to me
Just wanna live

Single dari Good Charlotte ini emang sempat booming di tahun 2005. Walaupun band rock, tapi video klipnya keliatan lucu dan gak ada sangar-sangarnya karena semua personilnya keliatan imut pake kostum makanan warna-warni dengan muka tetep datar.

Lagu ini sempat jadi soundtrack masa-masa rebel nan iseng kita. Setiap melakukan sesuatu yang nyeleneh dan melanggar aturan, lagu Good Charlote ini jadi soundtrack yang bisa menciptakan legitimasi.

25. Kiss me beneath the milky twilight, lead me out on the moonlit floor~

Tembang lawas dari Sixpence None the Richer ini emang gak ada matinya. Bahkan beberapa tahun silam, lagu ini pernah dipakai jadi backsound iklan permen di Indonesia lho. Pernah menjadi hits juga di tahun 1998 karena lagu ini adalah soundtrack film komedi romantis Shes All That.  Ada yang masih suka nonton video klipnya di youtube? Kalian nonton karena sekalian dengerin atau sekalian mau ngeliatin mas Freddie Prinze Jr. yang ganteng?

26. The Cors, Radio So I listen to the radio

So I listen to the radio (listen to the radio)
All the songs we used to know (listen to the radio)
So I listen to the radio (listen to the radio)
Remember where we used to go

Selain Hanson, band keluarga The Corrs juga populer. Banyak lagu mereka yang menjadi hits, ada Radio, What can i do, Only when i sleep, dan masih banyak lagi. Suara khas si penyanyi dan lagu yang terkesan unik karena ada lantunan biola bikin kamu gak bisa move on dari band lawas satu ini.

Dan pastinya, kelompok musik ini selalu mengingatkanmu akan kejayaan masa-masa MTV. Waktu televisi kita belum dipenuhi acara musik pagi yang penuh lalalala yeyeye. 

Jadi, gimana? Sudah sukses menjelajah masa lalu dan merasakan kembali memori waktu kita masih culun? Tambahkan di kolom komentar ya, kalo lagumu belom termasuk di list Hipwee.

Semoga Bermanfaat
Powered by Blogger.