Ads Top

14 Hal Baik yang Akan Kamu Dapatkan jika Menikmati Masa Jomblo

14 Hal Baik yang Akan Kamu Dapatkan jika Menikmati Masa Jomblo
Menjalin hubungan yang dilandasi kasih sayang tulus adalah salah satu hal yang membuat hidup ini pantas dijalani. Memiliki bahu yang menjadi rumahmu, teman bicara saat kesepian, pun partner untuk merayakan keheningan: dia membuat dirimu merasa tamam. Utuh, sempurna, tak kurang suatu apa.

Karena itulah putus cinta kerap diiringi dengan rasa sepi. Banyak orang tak berani menyudahi hubungan karena takut merasa sendiri. Padahal, mempertahankan cinta yang tak tentu masa depannya sama artinya dengan menabung luka.

Bukankah sudah saatnya mengakui bahwa tak punya pacar tak selalu semenyeramkan berjalan di gang sepi saat malam hari?

1. Lepas dari kewajiban menyenangkan hati pacar, kamu akan lebih tahu apa yang sungguh-sungguh kamu mau

You dont have to be part of a couple to be happy, you know.
Phyllis Reynolds Naylor, Alice Alone

Status single perlu kamu syukuri, sebab itu berarti kamu bisa lebih mengerti dirimu sendiri. Kamu juga bisa makin mencintai dirimu serta memahami apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup. Jika sewaktu punya pasangan kamu pura-pura menyukai sesuatu atau mengubah cara berpakaianmu demi menyenangkan pacarmu, kamu tidak perlu melakukannya ketika kamu berstatus lajang. Kamu bisa selalu jujur dan merasa nyaman terhadap dirimu sendiri. Perlahan kamu akan menyadari dan mengetahui apa yang sebenarnya kamu suka atau kamu gak suka. Bahkan, hal ini akan menjadi kunci kebahagiaanmu kelak.

2. Selepas putus, kamu akan terpacu menjadi diri yang baru. Mengubah penampilanmu, mengasah talentamu

Setelah mengenal diri sendiri, kamu jadi mengetahui potensi terpendam yang sebenarnya kamu miliki. Hal ini membuatmu bisa mengembangkan bakat serta talentamu. Kemudian, kamu bisa melebarkan sayap untuk mengikuti berbagai pelatihan atau kegiatan yang sesuai dengan potensi dan bakatmu. Bahkan, cara ini juga membuatmu jadi makin punya banyak relasi serta kian kaya ilmu dan pengalaman.

3. Tanpa dia yang mengatur-atur dirimu, menjadi single akan mengantarmu pada petualangan-petualangan seru

Jika sewaktu punya pasangan kamu harus ijin terlebih dahulu dengan pasangan sebelum melakukan aktivitas tertentu, saat berstatus single kamu bisa bebas melakukan hal-hal yang kamu suka tanpa ijin dari siapapun. Ingin mencoba hal yang sedikit menguji nyali dan penuh adrenalin? Bisa banget kamu lakukan! Aktivitas macam ini juga mampu mempertebal pengalaman serta membuatmu bisa menikmati hal-hal yang selama ini cuma tertulis di wish list. Inilah saatnya membuat mimpimu menjadi nyata dan menjadikan masa mudamu tak terbuang sia-sia!

4. Tak mustahil pula, kegemaran baru akan menjadi rumah yang nyaman bagimu

Selain menikmati hal-hal yang ada di wishing listmu, kamu juga bisa menemukan hal lain yang menarik minatmu dan menjadikannya hobi baru. Jika dulu kamu tidak pernah punya waktu luang untuk bergabung dengan kelas yoga, maka setelah single dan punya banyak waktu kamu bisa mulai mengikuti kelas yoga setelah jam pulang kantor. Kamu juga bisa memaksimalkan kamera digitalmu untuk menekuni hobi fotografi. Atau kamu bisa mendayagunakan waktu luang untuk melakukan sesuatu hal yang berguna bagi lingkungan, bergabung dengan klub pecinta satwa dan ikut gathering-nya setiap weekend misalnya.

5. Tak punya pacar untuk didekap atau dipeluk erat? Inilah saatmu keluar dari kamar dan menggerakkan badan!

Menemukan dan mengisi waktu luangmu dengan berbagai aktivitas dan hobi baru membuatmu menjadi pribadi yang aktif dan dinamis. Secara psikologis kamu terhindar dari masalah asmara yang menguras energi, membuat sakit hati dan juga menyebabkan stres. Hal ini tentunya berdampak langsung kepada kesehatan fisikmu. Kamu tidak harus telpon-telponan dengan pacar hingga larut malam atau kecapekan mengantarnya kesana kemari. Kamu pun bisa mendapatkan waktu tidur yang lebih panjang dan stabil. Kemudian kamu akan jauh merasa lebih segar dan aktif saat menjalani hari-harimu keesokan harinya.

6. Dengan berkurangnya satu hal penting dari hidupmu, kamu pun terpaksa fokus ke hal penting lain: sekolah atau pekerjaan

Status lajang juga membuatmu fokus terhadap karir dan cita-cita. Jika saat memiliki pasangan fokusmu terbagi menjadi dua, kamu gak perlu lagi mengalami hal itu saat menyandang status jomblo. Kamu bisa sepenuhnya memusatkan perhatian kepada kemajuan karir dan studimu. Tidak akan ada yang merasa keberatan jika kamu menghabiskan waktu demi mengejar apa yang kamu cita-citakan. Kamu ikut beragam kursus bahasa yang menyita waktumu juga gak masalah, apalagi bekerja lembur di kantor demi mendapatkan promosi.

7. Kamu pun akan paham bahwa berdiri di atas kaki sendiri adalah hadiah terbaik yang bisa kamu berikan pada diri

 Single means you are brave enough to face the glorious unknown of the unaccompanied journey.
Mandy Hale, The Single Woman: Life, Love, and a Dash of Sass

Sewaktu punya pacar selalu diantar jemput, pergi kemana-mana berdua, bahkan makan juga barengan terus. Tetapi saat kamu berlabel jomblo, kamu dipaksa untuk melakukan semuanya sendirian. Kamu dituntut untuk mandiri dan menyelesaikan segala masalahmu seorang diri. Hal ini bisa memberikan efek yang positif karena kamu bisa menjadi pribadi yang kuat, tangguh, tidak manja, dan tidak bergantung pada orang lain. Bahkan, hal ini bisa membuatmu menjadi jomblo yang berkualitas!

8. Kamu pun jadi punya lebih banyak waktu untuk menggali sisi kreatifmu

Selain mandiri, kamu juga bisa lebih kreatif. Disaat kamu diharuskan menyelesaikan segala permasalahanmu seorang diri tanpa bantuan siapapun, mau gak mau kamu harus mencari cara dan memutar otak supaya masalahmu bisa terselesaikan. Tanpa kamu sadari, hal ini membuatmu lebih inovatif dan ulet dalam mencari solusi di tiap permasalahan hidup yang kamu hadapi. Banyak waktu luang yang kamu peroleh juga bisa membuatmu produktif untuk menciptakan ide-ide demi mengisi waktu senggangmu, salah satunya dengan membuat kerajinan tangan.

9. Kamu juga mengerti: memanjakan diri juga sama nikmatnya dengan dimanja dia yang kamu sayang

Saat mempunyai pasangan, kamu diwajibkan meluangkan waktu bersamanya. Bahkan, kamu juga harus mengorbankan waktu bagi dirimu sendiri demi kelancaran hubungan kalian. Hal ini tidak perlu repot-repot kamu lakukan saat kamu berlabel jomblo. Kamu bisa menghabiskan hampir seluruh waktu untuk dirimu sendiri. Kamu bisa mengisi waktu me time dengan menonton film favorit, berkebun, bermain game, dan mengerjakan proyek lamamu yang mulai terbengkalai.

10. Teman dan keluargamu pun akan mendapatkan kembali dirimu yang sempat tak terjangkau

 When youre single, your weekend days are wide-open vistas that extend in every direction; in a relationship, theyre like the sky over Manhattan: punctured, hemmed in, compressed.
Adelle Waldman, The Love Affairs of Nathaniel P.

Selain kamu bisa memaksimalkan waktu luang untuk diri sendiri, kamu juga dapat menghabiskannya bersama teman dan keluarga. Jika sebelumnya kamu harus membagi waktu antara keluarga, teman, serta pasangan, maka setelah status lajang tersemat padamu, kamu punya cukup banyak waktu hanya untuk teman dan keluarga. Bahkan, waktu weekend bisa sepuasnya kamu habiskan bersama mereka. Kamu juga bisa mulai menghubungi sahabat-sahabat lama yang sudah putus hubungan untuk acara minum teh bersama.

11. Uangmu yang  kamu habiskan untuk menyenangkannya, kini bisa kamu pakai untuk membahagiakan diri sendiri

Selain dari segi kehidupan sosial, kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari segi ekonomi. Sudah tidak punya pasangan berarti tidak menjalani rutinitas kencan dan memberikan hadiah untuk pasangan. Kamu pun bisa menghemat pengeluaran bulanan. Bahkan kamu juga bisa menyisihkan sebagian besar uang untuk ditabung. Selain itu tidak ada salahnya jika kamu mengalokasikan uang untuk investasi masa depan, membeli barang sesuai hobimu, pergi berlibur, atau untuk berdonasi. Siapa bilang jomblo itu gak enak?

12. Hidupmu pun bisa lebih bebas dari betapa tak pentingnya drama

Single is an opportunity to live life on your own terms and not apologize.
Mandy Hale, The Single Woman: Life, Love, and a Dash of Sass

Satu lagi hal yang tidak akan kamu alami ketika kamu menyandang status lajang. Kamu akan terhindar dari drama gak penting yang biasanya terjadi antar pasangan. Bersyukurlah karena kamu tidak harus menguras tenaga untuk marah, bertengkar, atau menangis. Apalagi kamu bisa terhindar dari rasa sakit hati dan stress. Kamu pun tidak perlu ribet atau pusing memikirkan bagaimana perasaan pasangan, karena sekali lagi, saat kamu menyandang status single kamu hanya perlu memikirkan kenyamanan diri sendiri.

13. Dekat dengan siapa saja? Tak masalah!

Status lajang juga membebaskanmu untuk menjalin hubungan dengan siapa saja. Kamu tidak terikat dengan komitmen dan hal ini membuatmu bisa menjalani kencan dengan siapapun.

14. Kamu pun akan lebih punya waktu untuk mengeksplor tempat tinggalmu

Theres a simplicity and a sense of adventure to being alone, and I sometimes envy you for having it, as you explore Paris. Even when youre getting your heart broken, you can still wake up and not know whats going to happen next.
Jessica Pan, Graduates in Wonderland: The International Misadventures of Two (Almost) Adults

Jika pada saat memiliki pasangan kamu biasanya punya tempat favorit yang itu-itu aja untuk makan dan nongkrong, sekaranglah saatnya kamu mengeksplor kekayaan kotamu. Mungkin kamu bisa mencoba-coba untuk mencari tempat makan baru yang belum pernah kamu datangi sebelumnya, atau mengeksplor keindahan kota di malam hari. Mau melakukan aktivitas ini sendiri atau bersama dengan teman-temanmu? Gak ada bedanya, karena sama-sama asyik!

Justru dengan sendirian, kamu bisa menemukan hal-hal terbaik ini dalam hidupmu. Semoga kamu tak perlu takut lagi

Semoga Bermanfaat
Powered by Blogger.