Ads Top

13 Cara Untuk Membantumu Move On dari Mantan dan Siap Memasuki Masa Depan

13 Cara Untuk Membantumu Move On dari Mantan dan Siap Memasuki Masa Depan
Pergantian tahun tinggal menghitung hari, tapi kamu masih patah hati? Hentikan hal itu sekarang juga! Move on memang susah-susah gampang. Butuh tekad yang bulat supaya kamu bisa kuat untuk move on dari mantan. Tapi, ada beberapa cara yang bisa membantumu pensiun memikirkan mantan pacar. Momen pergantian tahun yang sebentar lagi datang pun bisa memberimu semangat baru untuk meninggalkan masa lalumu.

Jadi, hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan supaya usahamu untuk move on menjadi lancar?

1. Cara paling mudah menunjukkan komitmenmu untuk lepas dari masa lalu adalah mengubah penampilan.

Cara paling mudah untuk menunjukkan bahwa kamu berusaha lepas dari masa lalumu adalah mengubah penampilanmu. Jika selama bersama dia kamu selalu memelihara rambut panjang, potong rambutmu menjadi pendek. Jika selama bersamanya kamu sering memakai kemeja flanel favoritnya, ganti gaya penampilanmu dengan memakai lebih banyak kaos dan jeans. Biarkan penampilanmu yang lama menjadi penanda fase yang sudah berakhir. Sekarang, kamu siap menjemput dirimu yang baru. And youll look good in the way

2. Hapus semua foto mantan di gadget dan media sosialmu. Singkirkan juga foto dirinya yang dulu sempat terpajang rapi di meja.

Melepas mantan dari pikiran bisa sedikit mudah kamu lalui jika kamu menghilangkan semua kenangan kalian bersama. Kamu bisa mulai menyingkirkan fotonya dari album atau dari pigura yang dulu sempat menghias meja kerja. Selain menyingkirkan foto kenangan dalam bentuk fisik, kamu juga bisa menghapus semua foto bersama mantan dari gadgetmu. Bersihkan semua kartu memorimu dari foto-foto kenangan kalian.

Kamu juga bisa mendelete semua fotonya yang masih tersisip di akun media sosial milikmu. Menyapu bersih wajahnya dari pandanganmu bisa sedikit mengikis memori akan dirinya yang sudah lama mengerak di kepala. Dengan begini, kamu jadi akan semakin mudah untuk melupakannya karena tidak ada foto wajahnya yang menatapmu di sela-sela aktivitasmu.

3. Saatnya menyimpan kenanganmu di otak ke dalam kotak. Tutup rapat-rapat dan jangan bongkar lagi.

Selain foto dirinya dan foto kebersamaan kalian, kamu bisa juga menyingkirkan segala benda kenangan kalian bersama. Taruh semua benda pemberiannya mulai dari boneka, t-shirt, hingga benda-benda kecil sekalipun termasuk tiket bioskop ke dalam kotak kardus. Menyingkirkan ragam benda kenangan bisa membantumu untuk tidak mengingat kembali kenangan bersama mantan. Selain tempatmu menjadi lebih bersih dan lega, kamu juga jadi tidak gampang teringat akan mantan dengan benda-benda kenangan yang tersebar di penjuru ruangan.

4. Karena emosimu bisa terpacu hanya dengan mendengar lagu, ubah playlist-mu dan singkirkan lagu favorit kalian berdua.

Lagu dan film bisa menjadi momok menyebalkan yang selalu saja berhasil mengembalikan memorimu bersama mantan. Untuk sementara kamu bisa menghindari mendengarkan lagu-lagu yang bisa mengingatkanmu akan mantan. Hindari juga menonton film yang dulu sempat menjadi favorit kalian atau film yang sering kamu tonton bersamanya. Hal ini akan membantumu untuk tidak melulu menengok ke masa lalu melalui ragam film dan lagu.

Bahkan, kamu bisa mengubah playlistmu dengan ragam lagu pilihan yang riang dan ceria. Lagu-lagu gembira ini bisa turut mengubah moodmu menjadi lebih positif dan ceria dalam menghadapi hari. Selain mengubah playlist lagu, kamu bisa juga menonton ragam film yang jauh dari hal-hal romantisme pacaran. Pilih film dengan genre komedi yang bisa membuatmu tertawa terbahak-bahak, atau film-film yang diadaptasi dari kisah nyata, supaya kamu bisa membuka mata bahwa masih banyak hal di dunia ini yang jauh lebih penting dari sekedar cinta.

5. Hindari dulu tempat-tempat yang dulu sering kalian kunjungi bersama. Ayo, ini kesempatanmu untuk mengeksplorasi kota dan menemukan tempat-tempat baru! :)

Tempat-tempat tertentu yang menyimpan berjuta kenangan antara kamu dan mantan juga perlu dihindari untuk beberapa waktu. Hal ini bisa membantumu untuk tidak membiarkan memori di masa lalu kembali singgah dan membuat hati ngilu. Jika dulu kamu sering bertemu dan menghabiskan waktu bersamanya di taman dekat rumah, mungkin kamu bisa mulai mengubah rute perjalananmu supaya tidak melewati tempat tersebut selama beberapa waktu dulu.

Begitupun dengan tempat makan favorit yang dulu sering kamu datangi bersama si mantan. Kamu bisa mencoba untuk makan siang atau makan malam di tempat lain yang belum pernah kamu jajal sebelumnya. Selain menghindari memori tentangnya yang akan kembali datang menyergap, kamu bisa sekaligus berwisata kuliner dan mengeksplor kekayaan kuliner di kota tempatmu tinggalmu.

6. Obat dari luka bukanlah waktu. Obat dari luka adalah nggak punya waktu (untuk bersedih). Jadi, sibukkan diri dengan hobi dan pekerjaanmu.

Menyibukkan diri bisa menjadi aktivitas positif dan bermanfaat untuk membunuh kenangan akan mantan. Kamu bisa berkutat dengan pekerjaan yang dulu sempat tertunda. Fokuskan tenaga dan pikiranmu hanya kepada pekerjaan dan kariermu semata. Hal ini justru bisa menuntunmu untuk mendapatkan karier yang cemerlang di masa depan. Kamu pun juga bisa mengatur ulang serta menetapkan kembali target hidupmu.

Selain kesibukan pekerjaan yang bisa menyita pikiran dan tenagamu. Kamu bisa mendayagunakan seluruh waktumu hanya untuk melakukan hobi. Kegemaranmu ini bisa membuatmu tetap ceria dan bahagia. Kamu dapat mulai menekuni hobi lamamu atau melakukan proyek lawas yang sempat tertunda. Dengan melakukan hal yang kamu sukai bisa menjadikanmu makin positif dan bahagia, sehingga sosok mantan pun lama-lama akan tergeser oleh skala prioritas di kepala.

7. Batasi atau akhiri segala komunikasi dengan mantan. Selama kamu masih memendam perasaan, jadi teman itu cuma mitos.

Selain menyingkirkan segala kenangan yang selama ini ada di sekitarmu, kamu juga bisa secara langsung memutuskan hubungan dengan mantan. Batasi hubunganmu dengan dia, tidak usah menghubunginya melalui sms, telepon, atau media social lagi. Jika dia yang menghubungimu duluan, ingat bahwa kamu tidak punya kewajiban untuk mengangkat atau membalasnya.

Jika dia ingin mengajak keluar bersama dengan alasan demi menjaga jalinan pertemanan, tolak dengan halus. Supaya dia tahu juga bahwa kamu punya sikap dan ingin dihargai. Ingat lagi bahwa kalian sekarang sudah tidak terikat jalinan. Jangan biarkan alasan pertemanan menjelma menjadi sebuah jebakan untuk susah move on darinya. Jika memang ingin kembali berteman, lakukanlah setelah hatimu benar-benar pulih dan siap dengan tak lupa menyepakati sendiri batasan yang sudah kamu buat dalam hati.

8. Batasi komunikasimu dengan teman-temannya juga. Kamu bukannya punya masalah dengan mereka, kamu hanya memang sedang berusaha untuk jadi baik-baik saja.

Selain benar-benar memutuskan hubungan dengan mantan, kamu juga perlu membatasi hubunganmu dengan orang-orang terdekatnya. Untuk sementara waktu menghindar dari teman-teman mantan tidak ada salahnya, demi menjaga hatimu yang masih terbilang rapuh. Secara tidak langsung, teman-temannya bisa membuatmu kembali mengingat si mantan. Hal ini tidak membantumu sama sekali selama proses move on dari dia.

9. Rasa sakit yang paling dalam adalah yang dipendam dalam diam. Jadi, ringankan beban hatimu sendiri dengan mencurahkan perasaan ke sahabat.

Selain melakukan segala macam kesibukan dan menyingkirkan benda kenangan, kamu juga bisa mencurahkan seluruh perasaanmu kepada orang terdekat. Tumpahkan seluruh perasaanmu kepada orang yang kamu percaya dan bisa menjaga rahasia. Ungkapkan seluruh kegalauanmu, rasa kecewa, dan rasa sakitmu kepada mereka. Jika perlu keluarkan seluruh emosi sampai tandas tak berbekas. Tidak ada salahnya menangis jika memang harus menangis, atau marah jika memang harus marah. Setelah seluruh uneg-uneg dan bebanmu keluar, hatimu akan menjadi lebih ringan.

10. Sibukkan pikiranmu di saat jam-jam rawan dengan membaca buku, atau mendengarkan musik yang membuat hati riang.

Hal yang paling sulit dilakukan saat move on adalah ketika kamu sedang sendirian tanpa ada kegiatan. Perasaan sedih dan pikiran akan mantan biasanya akan kembali berdatangan. Biasanya hal ini terjadi di saat kamu sedang akan pergi tidur atau sesudah bangun tidur. Di saat pikiranmu sedang terbang atau bertualang entah kemana, biasanya sosok mantan atau kenangan yang pernah kamu lalui bersamanya akan kembali datang.

Kamu bisa menyiasatinya dengan cara sederhana. Bacalah buku sesaat sebelum kamu pergi tidur hingga kamu benar-benar mengantuk. Plot seru dari buku yang kamu baca akan menerbangkanmu ke alam imajinasi yang bebas dari si dia. Selain membaca buku, mendengarkan lagu yang ceria bisa menjadi suntikan semangat dan mengusir jauh kenangan akan dirinya yang sering mampir di kepala. Olahraga yang agak menguras keringat juga bisa kamu coba karena akan membuatmu langsung jatuh tertidur sesaat setelah merebahkan diri di atas tempat tidur.

11. Sering-seringlah berkumpul bersama keluarga dan teman. Mereka akan membuatmu merasa dikuatkan

Menghabiskan waktu luangmu dengan berkumpul bersama dengan orang terdekat bisa selalu memberikan semangat. Alih-alih merasa sedih, kamu justru akan merasa makin kuat. Kamu juga akan selalu merasa nyaman mengekspresikan kegundahan di hatimu selama ini. Tidak ada pacar yang menghangatkan, kamu justru akan merasa bersyukur karena masih memiliki mereka yang selalu menguatkan. Kamu juga selalu bisa menyadari bahwa keberadaan merekalah yang terpenting dalam hidupmu. Karena mereka selalu ada di saat jatuh bangun perjuanganmu.

12. Lakukan hal-hal yang selama ini belum pernah kamu lakukan karena larangan mantan. Kamu akan sadar bahwa kamu punya kebebasan, dan apa di dunia ini yang lebih berharga dari kebebasan?

Kamu bisa memetik pelajaran positif dari kandasnya hubungan dengan orang yang sekarang sudah kamu sebut mantan. Kamu bisa menjajal dan melakoni berbagai kegiatan yang dulu belum sempat kamu coba karena terhalang oleh larangan mantan. Tanpa sadar, hati kecilmu akan bersyukur karena kamu sudah terbebas dari keberadaan mantan yang mencengkeram kebebasan. Kamu dapat mencoba berbagai hal yang kamu impikan dan idamkan selama ini tanpa ada rasa khawatir atau was-was. Nikmati kebebasanmu dan dengan begitu kamu akan bersyukur betapa nikmatnya hidup tanpa ada pacarmu yang dulu selalu mengekang.

13. Tak perlu menyesal. Ingatlah, orang yang tertakdirkan bagimu sudah menunggu di masa depan.

Untuk lebih membulatkan tekadmu, selalu ingat bahwa bukan dialah yang terbaik. Bila perlu ingat juga momen terburuk bersama dia dan sikap-sikapnya yang selama ini sudah merugikanmu. Bukan bertujuan untuk mendendam, hanya supaya mempermudahmu untuk segera melupakan jika ada niatan untuk balikan. Yakinilah juga bahwa di luar sana jodohmu sedang menunggu. Jangan melulu menengok ke belakang dan merasa sedih. Tatap ke depan dan yakinlah bahwa ada orang yang tepat bagimu akan segera datang.

13. Pergi liburan, tutup akhir tahun dengan meninggalkan kenangan di belakang!

Ajak teman-temanmu untuk berlibur bersama demi merayakan momen pergantian tahun. Liburan panjang bersama teman-temanmu bisa jadi ajang paling pas untuk melupakan segala sakit hati yang sudah kamu rasakan selama ini. Buatlah resolusi untuk tahun baru dengan tidak menyertakan memori akan mantan di dalamnya. Bungkus dan buang jauh-jauh kenangan dan segala hal yang berkaitan dengan mantan. Biarkan momen pergantian tahun menjadikan penanda bahwa kamu siap untuk membuka lembaran baru dan memperbaharui diri dengan tanpa membawa serta sakit hati di masa lalu dan berjanji pada diri sendiri bahwa kamu tidak akan pernah menengoknya lagi.

Jadi sudah siapkah mengepak hati dan bertualang mencari cinta baru? Selamat menyongsong pergantian tahun dengan harapan, lembaran, dan cinta baru ya!

Semoga Bermanfaat
Powered by Blogger.