12 Perbandingan Millennial dan Baby Boomers. Renungkan dan Tentukan Itu Mitos Atau Memang Benar

loading...

22 Februari 2017

Sebagian besar orang yang hidup di zaman ini menyebut dirinya sebagai ‘generasi millennial’. Istilah yang semakin sering kita dengar ketika membandingan perilaku antara generasi tua dan muda yang berbeda drastis. Tapi sebenarnya salah kaprah juga sih kalau menyamakan millennial dengan generasi muda. Jadi kelompok millennial adalah orang yang lahir diantara tahun 1981-1997 atau ada juga yang mengklasifikasikan sampai kelahiran tahun 2000. Kelompok ini mengalami pergantian millennium yang terjadi pada tahun 2000.

Sedangkan generasi tua yang seringkali disebut-sebut berbeda bagai bumi dan langit, dengan millenial adalah ‘baby boomers‘ atau generasai ‘Papa dan Mama’ yang lahir diantara 1945-1976. Millennial terkenal sebagai generasi yang berpikiran terbuka, mudah beradaptasi, melek teknologi tetepi kurang fokus dan mudah bosan. Sedangkan baby boomers identik dengan etos kerja yang tinggi, mandiri, dan mampu menjadi pemimpin yang baik, namun kurang bisa beradaptasi dengan perubahan. Ya sebagaimana hampir semua orang merasakan perbedaan generasi dengan orangtuanya masing-masing sih. Kadang-kadang lucu juga sih memikirkan betapa bedanya satu generasi ke generasi lain, tapi ya apa daya karena kita memang hidup di era yang berbeda.

1. Generasi Ayah dan Bunda kita terkenal dengan loyalitasnya. Anak muda sering bertanya-tanya kok bisa orang tua kerja di tempat yang sama puluhan tahun lamanya

soal loyalitas jelas berbeda

Memandang prospek karier dengan cara yang berbeda

2. Soal pekerjaan, baby boomers hanya perlu meeting 2x seminggu untuk mengendalikan keadaan. Sementara untuk millennial, group kantor aktif terus sampai 24 jam

Milenial: sampai malam masih ngurusin kerjaan

Dengan kemajuan teknologi, koordinasi masalah kantor pun caranya berbeda

3. Perkara konflik kantor juga dihadapi dengan cara yang berbeda. Kalau baby boomers konsultasi langsung ke pihak yang bersangkutan, biasanya millennial curhat dulu di media sosial

komplainnya beda

Curhatnya pakai media yang berbeda

4. Baby boomers mengawali hari dengan baca koran. Millennial bangun tidur langsung update Instagram

Rutinitas pagi yang berbeda

Rutinitas pagi yang berbeda

5. Meski dikenal malas, millennial adalah generasi yang kreatif dan tak segan berinisiatif. Sementara baby boomers masih diliputi konsep ‘nggak enakan’

Baby boomers masih terbelenggu konsep 'nggak enak'

Baby boomers masih terbelenggu konsep ‘nggak enak’ via thecooperreview.com

6. Sementara emoticon dan ekspresi mulai dari ‘haha’ hingga ‘wkwk’ jadi signature kaum muda, generasi baby boomers masih setia dengan gaya bahasa formal yang benar menurut EYD

bener nggak nih?

Bener nggak nih? via thecooperreview.com

7. Sementara baby boomers masih kesulitan beradaptasi dengan pakai alat komuniasi, HP dan paket data adalah harga mati bagi millennial

Yang satu masih belajar, yang satu sudah kecanduan

Yang satu masih belajar, yang satu sudah kecanduan

8. Bagi baby boomers yang tergila-gila hierarki, usia adalah penentu segalanya. Sementara untuk millennial yang penuh pembaharuan, hierarki adalah musuh bersama

Hierarki vs anti-hierarki

Hierarki vs anti-hierarki

9. Dibalik kesannya yang individual, millennial jauh lebih progresif dan terbuka soal isu sosial. Sementara baby boomers yang konvesional sering sulit menerima perbedaan

Kaum milenial berpikiran lebih terbuka

Karena paparan globalisasi informasi, millennial lebih terbuka

10. Bagi generasi pendahulu, makanan sebatas urusan perut kenyang. Di zaman kita, makanan adalah soal eksistensi dan gengsi

Milenial: cekrek dulu baru makan

Millennial: cekrek dulu baru makan

11. Baby boomers masih percaya kehidupan yang manual. Sementara prinsip millennial, kalau ada yang mudah kenapa harus nyari yang susah?

Buat anak milenial, semuanya bisa dipesan antar

Buat anak millennial, semuanya bisa dipesan antar

12. Punya pekerjaan dan pasangan cukup jadi alasan ke pelaminan. Soal ini baby boomers dan millennial jelas ketara bedanya

Di usia yang sama, preferensinya berbeda

Di usia yang sama, preferensinya berbeda

Dalam rangka menolak sterotype generasi millennial, banyak yang mengatakan bahwa sebenarnya millennial dan baby boomers itu hanyalah mitos semata. Buktinya banyak juga baby boomers yang melek teknologi, sebanyak anak milenial yang kerja keras sampai lembur-lembur di akhir pekan. Yah meskipun banyak yang berpendapat perbedaan itu mitos semata, tapi lucu juga ya membandingkan kebiasaan millennial dengan generasi sebelumnya. Nah menurutmu bagaimana guys?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Comment dong...