10 Film Animasi Ini Selain Lucu, Tersirat Akan Perjuangan yang Sesungguhnya. Mana yang Jadi Favoritmu?

0

Saat kamu lagi penat dengan kehidupan, menonton film dapat kamu jadikan pilihan untuk menyegarkan pikiran. Pilihan film yang bisa kamu tonton ada banyak, salah satunya adalah film animasi. Banyak film animasi yang ternyata nggak hanya untuk anak-anak saja. Orang dewasa juga bisa menonton film-film animasi tersebut karena terdapat moral value yang bisa kamu ambil dari sana.

Mulai dari film animasi jadul seperti Lion King, hingga film terbaru seperti Moana, semua tersirat akan pesan perjuangan yang sesungguhnya. Kamu udah nonton film yang mana?

1. Memperjuangkan apa yang seharusnya jadi milikmu ternyata nggak mudah. Kisah Simba dalam film Lion King ini akan mengingatkanmu akan hal itu

Simba di tengah padang savanna via www.pinterest.com

Film yang dirilis pada tahun 1994 ini mengambil latar di padang savanah. Mengisahkan tentang Simba, anak si penguasa savanah Musafa yang mati karena dijebak Scar. Simba kecil yang awalnya juga dijebak bersama sang ayah pada akhirnya bisa menyelamatkan diri dari kawanan banteng liar. Perjuangan Simba memang nggak mudah, tapi dengan keyakinan dan bantuan teman-temannya, apa yang menjadi miliknya bisa ia dapatkan kembali.

2. Lewat film Finding Nemo, kamu akan tahu bagaimana usaha yang dilakukan seorang ayah untuk anaknya

Perjalanan mencari nemo via www.justwatch.com

Kalau kasih ibu sepanjang masa, perjuangan seorang ayah untuk anak juga nggak kalah besarnya. Lihat saja bagaimana usaha Marlin untuk menemukan Nemo yang hilang saat diambil penyelam? Segala cara dilakukan Marlin untuk bisa bertemu lagi dengan Nemo. Dia bahkan melawan rasa takutnya saat bertemu dengan para hiu.

3. Ratatouille, film tentang seekor tikus yang ingin menjadi chef ini akan mengajarkanmu tentang perjuangan dalam meraih mimpi

Remy, tikus kecil yang ingin jadi chef via www.flickeringmyth.com

Seekor tikus bermimpi untuk jadi seorang chef? Terdengar nggak masuk akal ‘kan? Namun yang namanya mimpi, segala hal yang nggak masuk akal bisa dilalui. Perjuangan Remy pun nggak mudah untuk bisa menjadi seorang chef yang diakui. Mulai dari larangan ayahnya untuk masuk ke dapur, harus bersembunyi di rambut Linguini sampai diusir oleh pihak restoran. Semuanya dilalui Remy tanpa terkecuali. Dia mengajarkanmu untuk gigih atas apa yang kamu inginkan.

4. Kisah seorang kakek yang berusaha mewujudkan impian sang mendiang istri dalam film Up ini akan mengajarkanmu betapa kerasnya perjuangan untuk dia yang dicinta

Carl, Russel and rumah kenangan dengan Ellie via www.rogerebert.com

Saat orang yang kamu cinta telah tiada, rasa sedih jelas terasa. Bersedih boleh, tapi jangan sampai berlarut-larut. Seperti apa yang dilakukan oleh Carl saat Ellie telah pergi. Dia memang bersedih namun dia mengalihkan kesedihannya untuk mewujudkan mimpi Ellie untuk pergi ke Paradise Falls. Perjuangan Carl nggak mudah untuk bisa mencapai ke sana. Selain usianya yang nggak lagi muda, Carl juga harus membawa rumahnya kemana-mana selama perjalanan.

5. Menjadi diri sendiri juga perlu perjuangan. Sama seperti Melinda di film Brave yang mengingatkanmu akan hal itu

Merida, menjadi diri sendiri via www.pinterest.com

Merida nggak seperti putri kerajaan yang lain. Dia bahkan nggak suka melakukan kebiasaan yang biasanya dilakukan para putri. Dia ingin menjadi diri sendiri yang bebas namun selalu ditentang oleh kedua orangtuanya. Akhirnya perjuangan dia lakukan demi mendapatkan kebebasan dan menjadi diri sendiri. Meskipun berat dan sempat mengubah keluarganya menjadi beruang, pada akhirnya dia berhasil juga untuk mendapatkan kebebasan untuk menjadi diri sendiri itu.

6. Lain lagi dengan Elsa dan Anna di film Frozen. Mereka menunjukkan bahwa berjuang bersama itu lebih membuatmu kuat daripada sendirian

Elsa dan Anna via www.designbolts.com

Sedari kecil, Elsa seperti terkena kutukan. Segala sesuatu yang ia sentuh bisa berubah menjadi es. Dia bahkan pernah membahayakan sang Adik, Anna, dengan kemampuannya itu. Elsa dewasa pun semakin dikucilkan dan mengasingkan diri jauh dari istana, meninggalkan Anna. Namun, sebagai seorang adik, Anna nggak mau Elsa sendirian. Mereka pun akhirnya berjuang bersama untuk menyudahi kutukan yang ada pada Elsa.

7. Ternyata nggak kemampuan mumpuni yang bisa menyelesaikan masalah. Tapi kerjasama juga menjadi kunci utama, seperti Hiro dan Baymax pada film Big Hero 6

Baymax dan Hiro via www.wired.com

Hiro mempunyai kemampuan di atas rata-rata dibanding teman-teman sebayanya. Dia bahkan mampu menciptakan robot sendiri mengikuti Tadashi, kakaknya. Namun, saat sang kakak telah tiada, Hiro menghadapi sebuah masalah bersama Baymax. Meskipun kemampuannya mumpuni dalam bidangnya, namun ada satu yang dia butuhkan untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Pada akhirnya Hiro dan Baymax berhasil mengatasi masalah tersebut karena adanya kerjasama antara orang-orang di sekitar mereka.

8. Mengatur emosi juga butuh teknik dan perjuangan. Seperti yang dilakukan Joy dan kawan-kawan di film Inside Out

DI dalam kepalamu ada kayak gini nih via www.pinterest.com

Film yang rilis pada tahun 2015 ini menceritakan bagaimana emosi manusia bekerja. Di dalam otak manusia, terdapat pengaturan emosi seperti Joy, Sadness, Disgust, dan Anger. Masing-masing dari mereka harus berjuang untuk mengatur emosi Riley, seorang gadis cilik agar emosinya stabil di kehidupan sehari-hari. Film ini nggak hanya keren secara animasi, tapi pesan tersirat agar mengatur emosi secara seimbang juga kental di dalamnya.

9. Saat kamu diremehkan, tunjukkan saja kemampuanmu ke mereka. Sama seperti Judy di film Zootopia

Judy, di tengah-tengah yang lainnya via www.screenrant.com

Judy, seekor kelinci yang mempunyai cita-cita menjadi seorang anggota kepolisian ini mendapat perlakuan yang nggak adil dari teman-temannya. Mereka meremehkan impian Judy karena mereka dirinya nggak cocok untuk bekerja pada bidang yang dipenuhi hewan-hewan berbadan besar tersebut. Namun, pelan-pelan tapi pasti, Judy berhasil membuktikan bahwa dirinya juga mempunyai kemampuan untuk bisa menjadi polisi. Film yang tayang pada tahun 2016 ini juga mengajarkan akan jangan patah semangat saat yang lain meremehkan kemampuanmu.

10. Perjuangan tanpa kesabaran akan berujung sia-sia. Coba lihat bagaimana Moana mengalami kegagalan sampai akhirnya dia berhasil karena buah dari kesabaran

Moana da Demigod Maui via www.conantcrier.com

Kalau nggak sabar, mungkin Moana nggak akan bertemu dengan Maui karena menyerah duluan saat akan berlayar. Karena hal itu, Moana mati-matian berjuang untuk menyelamatkan banyak orang. Dari film yang dirilis tahun lalu ini, kamu bisa mendapatkan pelajaran berharga, bahwa perjuangan tanpa kesabaran hanya sia-sia. Karena sejatinya sebuah perjuangan itu berada pada bagaimana kamu menjalani prosesnya.

Deretan film animasi di atas memang kaya akan arti dari sebuah perjuangan. Semua kisah yang ada pada film nggak ada yang hidupnya instan dan enak. Begitu pula jika kita balik pada kehidupan nyata. Rasanya mustahil kalau manusia ingin berhasil tanpa usaha.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

loading...

Comment dong...