10 Bandara dengan Landasan Pacu Paling Berbahaya di Dunia. Serem Banget Kalau Mendarat Di Sana!

loading...

21 Februari 2017

Buat kamu yang suka naik pesawat, pasti waktu paling deg-degan adalah ketika pesawat akan landing. Karena fase kritis penerbangan memang saat take off dan saat landing. Mau bandaranya sebagus apapun, momen mendarat tetaplah menakutkan. Banyak terjadi kecelakaan pesawat ketika fase landing. Makanya jelang mendarat, pasti rasanya agak deg-degan, meskipun kamu sering naik pesawat.

Nah, biar kamu makin deg-degan lagi ketika landing, cobain deh 10 bandara dengan landasan pacu paling berbahaya di dunia ini. Dari yang pendek banget sampai landasannya dikepung bukit. Wah, kaya film-film action nih. Yuk simak sama-sama…

1. Berani mendarat di Bandara Juancho E. Yrausquin, Kepulauan Saba? Bandara ini punya landasan terpendek di dunia. Kurang ngeri apa coba?

bandara di pulau saba

bandara di pulau saba via www.hipwee.com

Bandara ini berada di Kepulauan Saba, Karibia. Dijuluki bandara paling menantang di dunia karena punya landasan pacu super pendek, cuma 400 meter! Gokil sih ini. Makanya cuma pesawat-pesawat kecil yang berani mendarat di sini.

2. Bandara Tenzing Hillary di Lukla berada di kepungan pegunungan Himalaya. Ketinggiannya saja 2900 meter atau setinggi Gunung Merapi!

pemandangannya oke sih

pemandangannya oke sih via nepaldomesticflights.com

Salah satu bandara paling ekstrim di dunia nih. Terletak di Nepal, bandara ini dibangun untuk transportasi para pendaki di pegunungan Himalaya, khususnya Mount Everest. Kabut dan hujan senantiasa mewarnai bandara ini. Sudah dikepung pegunungan, kabut dan hujan pula. Serem.

3. Landasan pendek dan curam, plus tanpa petunjuk dan rambu-rambu yang digunakan pilot untuk mendarat, sebuah kombinasi yang sempurna kenapa Bandara Courchevel di Prancis masuk daftar bandara paling berbahaya di dunia!

bandara courchevel

bandara courchevel via www.dailymail.co.uk

Landasan pacu di Bandara Courchevel ini cuma 525 meter saja, ditambah dengan kecuraman 18,5 %. Bahkan sama sekali tidak ada petunjuk atau rambu untuk pilot mendarat. Memang sih bandara ini cuma buat wisatawan yang berkunjung ke resort-resort di pegunungan bersalju ini.

4. Bandara Antartika tidak punya landasan pacu dari aspal, landasan pacunya ya lapisan es. Salah-salah ngerem bisa bikin retak esnya lho. Oh iya ada juga pinguin yang mampir…

Pinguin mampir

Pinguin mampir via www.qianyan001.com

Memang sih bandara ini tidak digunakan untuk komersial, melainkan sebagai penelitian United States Antarctic Program, sebuah lembaga riset Amerika. Kalau beruntung, ada pinguin yang datang lho. Lucu ya…

5. Kamu pernah mendengar negara Bhutan? Salah satu negara di kaki Himalaya ini punya bandara ekstrem bernama Paro Airport. Cuma ada 8 pilot yang bisa mendaratkan pesawat di sini. Gokil nggak sih…

paro airport

paro airport via bisnis.liputan6.com

Paro Airport berada di kepungan pegunungan tinggi di Himalaya. Berada di ketinggian lebih dari 2.000 mdpl, bandara ini termasuk berbahaya karena sulitnya medan pendaratan. Hanya 8 pilot tersertifikasi yang bisa mendaratkan pesawat di sini. Ngeri…

6. Pernah nggak membayangkan ada jalan raya di tengah landasan pacu bandara. Ini nyata kok, di Gibraltar…

ada jalan di tengah bandara

ada jalan di tengah bandara via www.mobgenic.com

Aneh tapi nyata sih. Ada jalan raya yang membentang di tengah-tengah bandara. Entah apa alasannya, yang jelas bandara ini termasuk berbahaya di dunia. Kalau pesawat mau lewat, jalannya ditutup dulu. Wah mirip palang pintu kereta api ya…

7. Masih di Karibia, Juliana Airport ini ekstrim banget karena bandaranya berada di dekat pantai. Nah, pas kamu lagi bersantai di pantai jangan kaget ada pesawat besar berada tepat di atas kepalamu!

horor banget

horor banget via www.dw.com

Bandara ini cuma bisa disebut dalam satu kata, GILA! Saking dekatnya dengan pantai, pesawat yang akan landing terbang begitu rendah, cuma di atas kepala para wisatawan yang sedang menikmati pantai. Ekstrem sih ini…

8. Bandara Madeira di Portugal ini memang sangat ekstrem karena berada di pantai yang curam. Ketika mendarat, pesawat seakan menabrak gunung!

ekstrim

ekstrim via www.dw.com

Di saat terakhir pilot baru memutar arah untuk masuk ke landasan. Karena pernah terjadi kecelakaan parah, akhirnya landasan pacu diperpanjang dengan tiang pancang di atas lautan. Serem.

9. Bandara St Barra di Skotlandia sangat unik karena menjadi satu-satunya bandara dengan landasan pacunya adalah… pasir pantai. Waduh, ini seriusan?

gila banget

gila banget via www.kitasatu.com

Bandara ini merupakan bandara dengan landasan pasir satu-satunya di dunia. Menggunakan Pantai Traigh Mor sebagai landasan, juga mengandalkan lampu mobil sebagai penanda. Wah ogah lah mendarat di pantai. Serem banget….

10. Terakhir, Toncontin Airport di Honduras jadi daftar terakhir bandara paling berbahaya di dunia. Harus melewati pegunungan sebelum mendarat…

honduras

honduras via bisnis.liputan6.com

Bandara ini berada di titik yang cukup berbahaya. Pilot harus melewati pegunungan baru bisa mendaratkan pesawatnya di bandara ini. Bandara ini berada di perbukitan dengan ketinggian 1.004 mdpl. Saat hendak mendarat, pesawat harus berbelok 45 derajat untuk benar-benar mencapai lokasi pendaratan di landasan pacu bandara ini.

Nah, menurut kamu dari 10 bandara ini, mana yang paling serem, Gaes?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

loading…



Source : www.hipwee.com

Comment dong...